3 Tujuan Komunikasi Bisnis secara Umum
16Jun

3 Tujuan Komunikasi Bisnis secara Umum

Anda pasti sudah tahu komunikasi bisnis bukan? Ya, merupakan pertukaran sebuah gagasan dengan tujuan yang ditentukan. Dalam komunikasi bisnis, tujuan utamanya adalah bertukar informasi terkait apa yang ingin diketahui sebuah perusahaan atau organisasi. Biasanya melibatkan dua perwakilan atau lebih yang berperan sebagai komunikator dan seorang komunikan. Pesan yang biasa disajikan dalam komunikasi bisnis di antaranya bisa dalam bentuk sebuah instruksi, gagasan, informasi dan opini, tergantung dengan situasi dan kondisi. Dalam penyampaiannya, komunikasi bisnis menggunakan sinyal atau sebuah simbol yang dapat dipahami oleh penerima pesan. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan tujuan komunikasi bisnis. Berikut ulasan singkat mengenai 3 tujuan komunikasi bisnis yang perlu Anda ketahui.

  1. Memberikan sebuah informasi dalam hal bisnis kepada pihak yang lainnya. Misalnya sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan baru untuk memegang sekretaris di kantor cabangnya. Perusahaan itu membuat sebuah iklan lowongan pekerjaan di berbagai media. Nah, media yang dipilih adalah alat komunikasi bisnis yang berguna untuk membagikan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan kepada publik.
  2. Komunikasi bisnis juga memiliki tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pihak lain agar dapat dicerna atau dipahami dengan benar. Biasanya dilakukan dalam hal yang berhubungan dengan negosiasi dalam dunia bisnis.
  3. Tujuan lainnya adalah untuk melakukan sebuah kerjasama antar pebisnis. Dengan kerjasama, perusahaan akan mudah berkembang. Seiring dengan kemajuan teknologi, kerjasama dengan perusahaan asing semakin mudah dilakukan karena adanya media-media komunikasi seperti telepon genggam, email dan masih banyak lagi. Untuk mencapai tujuan komunikasi bisnis yang efektif dengan perusahaan asing, adanya teknologi menjadi sebuah kewajiban dalam melakukan kolaborasi bisnis dengan mudah.

Tujuan diatas sudah mencakup pengertian komunikasi bisnis. Pengertian komunikasi bisnis juga dikemukakan oleh para ahli. Komunikasi bisnis menurut para ahli, di antaranya Bapak Djoko Purwanto yang mengatakan bahwa komunikasi bisnis itu adalah sebuah komunikasi di dunia bisnis yang mencakup bentuk-bentuk komunikasi verbal ataupun nonverbal dengan maksud untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Sedangkan menurut seorang profesional lainnya yaitu Curtis, mengatakan bahwa komunikasi bisnis adalah sebuah komunikasi yang terjadi dalam organisasi bisnis dengan tujuan untuk memecahkan masalah dan menentukan sebuah keputusan. Curtis juga mengatakan bahwa bagi yang menduduki posisi paling tinggi dalam dunia bisnis, maka ia akan semakin bergantung kepada keahlian-keahlian orang lain untuk memecahkan masalah dan memutuskan sebuah keputusan untuk mencapai kesuksesan.

Bisa kita simpulkan bahwa komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi, gagasan yang dinilai memiliki tujuan untuk keperluan bisnis. Tujuan utama komunikasi bisnis ada 3, yaitu memberikan informasi, melakukan persuasi atau membujuk pihak lain dan melakukan kerjasama antara pebisnis yang tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak. Biasanya dilakukan oleh beberapa perwakilan perusahaan atau organisasi untuk melakukan komunikasi bisnis di depan banyak orang untuk bertukar informasi, atau juga menggunakan sebuah media komunikasi yang digunakan untuk melakukan kerja sama dengan pengusaha asing ataupun dalam negeri.

Nah, berbicara tentang pengusaha, ternyata tidak hanya dalam dunia kantoran lho. Seiring bertambahnya kecerdasan manusia, perusahaan online kini telah tersedia. GrabKios adalah perusahaan berbasis digital yang bisa Anda gunakan untuk membuka peluang usaha. Tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal untuk membangun sebuah bangunan besar, hanya dengan modal gadget Anda sudah bisa download aplikasi GrabKios. Sederhana bukan? Yuk daftar GrabKios sekarang juga!

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!