26Feb

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di UKM! Ceki-ceki Yuk!

Semuanya pasti udah tau kalau bisnis UKM di zaman now ini mulai menjanjikan! Malahan banyak juga kok mantan karyawan yang banting stir jadi pengusaha UKM. Gak cuma buka usaha UKM aja, gak sedikit juga lho yang bilang kalau salah satu investasi yang menguntungkan adalah dengan menanamkan modal pada sektor riil seperti UKM. Jadi gak ada salahnya kan untuk mencoba investasi di bisnis UKM? Tapi, ada 4 hal nih yang harus banget kamu perhatikan sebelum berinvestasi di UKM. Yuk simak pembahasannya!

 

1. Lihat tingkat keuntungan bisnis UKM yang akan diinvestasi

Semua investor pasti pengen dapetin keuntungan yang besar dari setiap dana yang diinvestasikan. Kalau kamu menyalurkan dana di bisnis UKM, ada baiknya kamu gak begitu banyak berharap untuk mendulang keuntungan yang banyak. Tapi, besar kecilnya keuntungan memang tergantung dari jenis produk UKM tersebut. Jika produk yang dijual harganya murah dan tingkat keuntungannya sedikit, maka sebagai investor, kamu juga gak bisa memaksakan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Berinvestasi di bisnis UKM diperlukan kejelian untuk melihat bagaimana peluang bisnis UKM tersebut. Kita harus tau dulu berapa tingkat keuntungan yang biasanya didapatkan oleh pegiat UKM tersebut. Nah, besar kecilnya keuntungan juga dipengaruhi oleh jenis bisnis yang dijalankan, manajemen, strategi marketing, dan sebagainya.

 

2. Pasar dan pertumbuhan dari bisnis UKM juga perlu diperhatikan ya

Pasar UKM kalau kita lihat memang gak besar seperti perusahaan atau korporasi, karena pasar UKM memang lebih menyasar pada kelas menengah ke bawah. Makanya, harga penjualan tidak bisa dengan nominal yang besar. Soalnya, daya beli masyarakat menengah ke bawah juga tidak begitu besar dan memiliki gaya hidup yang sederhana. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan pula siapa sasaran pasar bisnis UKM yang dijalankan.

Gak cuma melihat pangsa pasar ya gengs, kamu juga harus lihat bagaimana pertumbuhan pasar tersebut. Gak masalah kok kalau kita berinvestasi pada bisnis yang menyasar kelas menengah ke bawah, asalkan pertumbuhan pasarnya semakin banyak. Maksud dari pertumbuhan pasar ini ialah jumlah pembeli yang terus meningkat. Sehingga, keuntungan yang didapat pun bisa berlipat-lipat. Sekali lagi, kejelian amat dibutuhkan untuk melihat kondisi pasar dan pertumbuhannya sebelum berinvestasi ya!

 

3. Strategi marketing yang dipakai berpengaruh juga terhadap keuntungan

Bisnis UKM bisa jauh lebih menguntungkan dengan manajemen yang bagus dan strategi marketing yang ciamik! Apalagi, dalam bisnis UKM strategi menjadi kunci agar bisnis UKM bisa maju dan berkembang. Sebagai calon investor, kita wajib banget melihat bagaimana strategi marketing yang dijalankan. Kalau strategi marketingnya bagus, otomatis penjualan akan meningkat dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Salah satu strategi marketing adalah inovasi. Bisnis UKM yang baik ialah yang mampu untuk membuat terobosan dan inovasi dalam bisnis mereka. Jika pebisnis UKM tidak berani mengambil resiko, gak bisa ngeluarin ide, bahkan sampai takut kehilangan pelanggan dan merasa puas dengan kondisi yang mereka miliki, maka bisa dipastikan inovasi dalam bisnis tersebut akan mampet. Nah kalau udah begini, cepat atau lambat bisnis tersebut bisa bangkrut. Makanya kamu juga harus meneliti bagaimana strategi komunikasi dan inovasi yang dijalankan dalam bisnis UKM yang akan kamu berikan dana investasi.

 

4. Karakter pebisnis UKM sedikit banyak berpengaruh terhadap masa depan bisnisnya

Selain ketiga faktor di atas, ada faktor lain yang gak kalah penting dan bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk berinvestasi. Hal lain yang perlu diperhatikan tersebut ialah karakter pemilik bisnis UKM. Kamu harus bisa menilai apakah mereka mudah diajak bekerja sama dan maju ke depan, senang dengan tantangan atau justru terlalu bermain aman. Karakter pebisnis menjadi faktor penting karena dari tangannya lah bisnis tersebut akan dijalankan, apakah bisnis tersebut akan berumur panjang atau tidak. Pastinya, kamu ingin berinvestasi pada bisnis yang berkelanjutan dan tidak mudah bangkrut kan?

 

Bagaimana? Sudah jelas belum pembahasannya? Atau kamu semua udah ada yang berinvestasi di UKM? Boleh dong bagi-bagi tips dan trik berinvestasinya di kolom komentar!

Sampai bertemu di berbagai pembahasan menarik lainnya ya!

 

Sumber:

koinworks.com/blog/3-faktor-yang-harus-dipertimbangkan-sebelum-berinvestasi-pada-ukm/

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!