17Feb

5 kunci sukses dalam memulai usaha

Di era yang serba digital ini, kita menyaksikan banyak sekali “orang-orang biasa” yang berhasil menjadi pengusaha kaya hanya dalam waktu beberapa tahun saja. Perkembangan teknologi dan informasi tak bisa dipungkiri menjadi salah satu faktor yang mempercepat proses tersebut. Tapi apakah cukup dengan memanfaatkan teknologi untuk bisa sukses seperti mereka?

 

Nah, kali ini kita akan membahas tentang pola pikir dan strategi untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha. Oke, setidaknya ada 5 hal penting yang harus kamu pahami.

 

 

  • Sukses membutuhkan keberanian dan keteguhan

 

Memutuskan untuk memulai usaha membutuhkan banyak keberanian. Apalagi jika kamu sebelumnya hidup dari penghasilan tetap seperti gaji bulanan. Dalam menjalankan usaha, pendapatan tidak dapat dipastikan. Saat merintis usaha kamu pasti akan menemui banyak rintangan. Menjadi berani berarti memiliki tujuan yang kamu yakini, yaitu kebebasan finansial jangka panjang. Kuatkan keyakinan itu saat rintangan datang dan tetap teguh dalam menjalaninya, maka hasil baik pasti akan terlihat.

 

 

  • Jangan takut gagal

 

Banyak orang yang akhirnya gagal dalam usaha bahkan sebelum memulainya. Penyebabnya karena terlalu banyak khawatir dan akhirnya menjadi alasan-alasan untuk membatalkan niat usaha. Sebenarnya itu hal wajar karena kamu akan memulai sesuatu yang baru dan beresiko. Mulai saja dulu dan jangan takut gagal, karena itu adalah bagian dari proses menuju kesuksesan. Pada setiap resiko terdapat peluang. Tetap fokus pada peluang dan buat perencanaan yang matang agar resiko bisa di minimalisir.

 

 

  • Cari pembimbing yang tepat

 

Mencari nasihat dari orang yang tepat menjadi sangat penting ketika kamu menghadapi kendala dalam usaha. Bergabunglah dengan komunitas sesama pengusaha agar kamu bisa mendapatkan saran dan masukkan dari orang yang sudah berpengalaman. Kamupun akan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang pernah mereka buat sebelumnya.

 

 

  • Seimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan

 

Banyak pengusaha yang jatuh ke dalam masalah keuangan karena tidak pandai mengatur arus kas (cash flow). Saat usaha mulai maju, banyak dari kita yang merasa sudah sukses lalu mengubah gaya hidup menjadi lebih konsumtif. Akibatnya pengeluaran semakin besar dan tak mampu mengimbangi pendapatan. Jaga selalu arus kas agar tetap stabil dengan melakukan pengeluaran pada hal-hal yang perlu saja.

Mencampur adukkan antara kas pribadi dan kas usaha juga sebaiknya jangan dilakukan, karena  akan menyulitkan kamu dalam mengolah modal untuk mengembangkan usaha kedepan.

 

 

  • Manajemen kontrol

 

Kunci terakhir agar usahamu bisa maju dan tetap stabil dalam jangka panjang adalah kontrol. Buatlah sebuah sistem manajemen usaha / SOP (Standard Operation Procedure) yang memungkinkan kamu untuk mengendalikan dan memantau usaha secara keseluruhan. Jalankan SOP itu dan tinjau (review) secara berkala agar lebih efisien. Dengan SOP yang baik kamu akan mampu membesarkan skala usaha dan meraih lebih banyak keuntungan.

 

 

Menjalankan bisnis itu memang gak mudah, terbukti dengan sedikitnya jumlah pelaku wirausaha di Indonesia yang cuma 3.1% dari total penduduk. Tapi kalau dilihat dari sisi lain, peluang untuk sukses lebih besar jika kamu menjalaninya dengan benar. Jadi, tetap semangat menjadi pengusaha dan jangan takut untuk memulai.

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!