Pulsa 1 Chip All Operator Bandung Murah
23Sep

Bisnis Reseller Handphone Tanpa Modal yang Bisa Dilakukan oleh Siapapun

Bisnis reseller handphone apabila dibahas mungkin langsung menghadirkan bayangan tentang usaha konter yang butuh modal besar. Faktanya memang demikian, tapi mungkin nominalnya yang tidak sebesar itu. Seorang reseller yang menjualkan produk smartphone memang perlu menyetok barang, dan biasanya nominal yang diminta oleh suatu brand ada di kisaran puluhan juta rupiah. Nah, dalam bisnis ini ada spot lain yang juga cukup menjajikan bagi mereka yang tidak punya modal sebesar itu.

Sekilas tentang Bisnis Reseller Handphone

Salah satu bidang bisnis yang semakin pesat berkembang belakangan ini seiring semakin berkembangnya platform e-commerce adalah dropship dan reseller. Kedua bidang ini sama-sama menjualkan barang milik orang lain. Bedanya, dropshipper tidak perlu memiliki stok barang sementara reseller harus memiliki persediaan barang. 

Lalu bisakah dikatakan bahwa Kamu yang hanya punya modal minim tidak bisa menjadi seorang reseller? Jawabnya, ya bisa saja. Kamu cukup menemukan platform penjualan-ulang (reseller) yang mendukung. Selebihnya, Kamu perlu memiliki pengetahuan seputar smartphone, handphone, koneksi internet, familiar dengan media sosial dan berbagai fiturnya, usaha jualan HP sudah bisa dijalankan.

Jadi bisa disimpulkan, usaha jualan handphone yang bakal Kamu jalankan mirip dengan sistem dropshipper. Tokomu tidak memiliki stok handphone, tetapi pesanan handphone ke tokomu harus Kamu teruskan ke supplier. Setelah konsumenmu membayar, giliranmu membayar ke rekening supplier. Berikutnya pihak supplier tersebut akan mengirimkan handphone pesanan konsumen menggunakan alamat tokomu.

Keuntungan yang bisa Kamu dapatkan biasanya dihitung dari selisih harga jual dengan harga grosir. Nominalnya sendiri bisa sangat bervariasi tergantung dari harga handphone yang diorder oleh konsumenmu. Biasanya keuntungan yang bisa didapat per transaksinya berkisar mulai Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Menarik sekali bukan?

Cara Jualan Handphone Tanpa Modal

Tahun 2019 lalu, untuk bisa berjualan handphone dari salah satu vendor bisa membutuhkan modal hingga Rp 20 jutaan. Dimana nominal tersebut digunakan untuk menutup biaya untuk deposit stok, showcase, gaji promotor, dan lain sebagainya. Namun dengan memilih opsi sebagai reseller di atas, Kamu tidak perlu membayangkan nominal uang puluhan juta rupiah sebagai modal. 

Seperti halnya reseller untuk produk lain, pada intinya bisnis reseller smartphone ini adalah “Kamu menjualkan barang milik orang lain”. Kamu tidak perlu memiliki stok handphone terlebih dahulu untuk bisa berjualan. Atau dengan kata lain, Kamu tidak keluar modal untuk deposit stok handphone yang akan dijual ke konsumen.

Adapun pengeluaran yang perlu dianggarkan nantinya adalah lebih kepada bagaimana caramu untuk mempromosikan handphone tersebut. Nah, promosi sendiri bisa dikategorikan ke promosi offline dan promosi online. Dalam artikel ini, kita bahas tentang promosi online yang memiliki daya jangkau yang lebih luas. Ada beberapa media yang bisa Kamu manfaatkan untuk mempromosikan handphone kepada konsumen sehingga mereka tak ragu melakukan pembelian melalui jalur yang Kamu sediakan.

Promosi melalui Web dan Blog

Cara promosi online pertama yang juga bisa dikatakan sebagai cara yang paling banyak diterapkan adalah melalui situs web. Meskipun blog juga bisa digunakan untuk memperkenalkan suatu produk, biasanya para internet merketer cenderung memilih platform website yang dinilai lebih menjanjikan. Media ini sendiri juga tersedia dalam pilihan premium dan gratisan.

Website premium dengan hosting berbayar dinilai lebih baik di mata penggiat website. Meski begitu, situs dengan hosting yang masih menumpang sekalipun juga tetap memiliki peluang untuk bersaing. Tentu saja konten berkualitas dan memuaskan pembaca akan meningkatkan peluang website tersebut untuk bisa mempengaruhi para pembacanya untuk membeli handphone ataupun sekedar subscribe dulu. 

Kamu juga bisa menggunakan jasa SEO ataupun penulis konten untuk mengisi situs. Tetapi Kamu juga bisa mengisi kontennya sendiri jika memang ingin menghemat biaya. Begitu pula dengan desain situs yang harus dibuat semenarik mungkin. Kamu juga bisa memilih pilihan tema gratis yang bisa diterapkan ke situs. 

Mungkin satu hal yang menjadi kunci dari promosi di media ini adalah konten yang benar-benar memuaskan pembaca. Pastikan mereka mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, plus beberapa informasi lain yang mungkin berguna bagi mereka terkait handphone yang akan dibeli. Jadi selain membahas spesifikasi lengkap handphone disertai kelebihan dan kekurangannya, Kamu bisa menambahkan tips untuk mengatasi kekurangan yang disebutkan tersebut, misalnya.

Promosi melalui YouTube

Pastinya Kamu juga sudah mengenal YouTube sebagai platform berbagi video para pengguna Gmail. Kelebihan dari platform ini adalah forum broadcaster video terpopuler dan terbesar yang kemudian menjadikannya sebagai media promosi online yang efektif. Sudah banyak brand dan produk yang sukses diperkenalkan melalui media ini.

Meskipun platform ini gratis bagi para pemilik akun Gmail, namun untuk bisa memberikan konten video promosi terbaik, diperlukan perlengkapan yang memadai. Gear ini misalnya mic, PC untuk render video, kamera dan sebagainya. Apakah Kamu berencana mengulas sebuah handphone hanya menggunakan handphone pula? Bisa memang, tapi juga jangan terlalu berharap. 

Tak jauh berbeda dengan media website, konten video untuk YouTube yang Kamu buat sebaiknya juga bukan sekedar yang begitu-begitu saja. Tawarkan sesuatu yang lebih, sesuatu yang memang ingin diketahui secara pasti oleh para pemirsa. Tekankan pula bahwa mereka sebaiknya membeli lewat link yang Kamu bagikan di deskripsi video YouTube agar mendapatkan barang terbaik.

Promosi melalui Facebook

Facebook lebih identik dengan pengguna yang sudah berumur, artinya kemungkinan besar akun yang terpapar oleh promosi yang Kamu buat adalah orang yang sudah berkeluarga, punya anak, pekerjaan dan penghasilan. Bisa pula dikatakan bahwa pemirsa unggahanmu nantinya adalah pembeli potensial. 

Melakukan promosi di media sosial yang satu ini, Kamu bisa membuat fanspage yang di dalamnya mengulas tentang spesifikasi handphone yang akan dijual. Buat artikel yang runtut, lengkap disertai gambar maupun klip yang menjelaskan tentang handphone yang bisa mereka dapatkan dari link yang Kamu sertakan di dalam postingan. 

Promosi melalui Instagram

Sama seperti Facebook, Instagram juga menjadi salah satu media sosial terpopuler saat ini. bedanya, pengguna platform ini kebbanyakan adalah anak-anak muda kekinian. Tentunya, konten yang akan diunggah juga harus disesuaikan dengan karakteristik penggunanya pula. Instagram adalah paltform berbagi foto dan video yang awalnya sering digunakan usaha pakaian anak. 

Biasanya internet marketer menggunakan media sosial karena cenderung lebih cepat menyebar  (shareable tinggi). Misalnya, postingan di IG dibuat menarik dan mengundang rasa penasaran para followers yang kemudian mengantar mereka ke situs hingga akhirnya melakukan klik beli dari situs tersebut. Selain itu, ada pula istilah endorse yang pastinya akan membutuhkan biaya yang lebih untuk membayar si public figure dengan followers yang luar biasa banyak.  

Promosi melalui Twitter

Platform microblogging ini juga menjadi salah satu sosial media yang sering digunakan untuk bisnis. Biasanya promosi di twitter akan lebih terbantu dengan cara meningkatkan jumlah followers, nge-twit secara teratur hingga menyewa buzzer. Selain itu Kamu juga bisa mempromosikan situs web ulasan handphone sehingga pembelian bisa dilakukan lebih mudah. Kamu harus bisa memanfaatkan 160 karakter di Twitter secara optimal agar promosi bisa efektif.

Setelah Kamu memiliki gambaran tentang bagaimana cara menjual handphone, masalah lainnya yang mungkin muncul adalah bagaimana mendapatkan supplier handphone yang mendukung sistem seperti penjualan seperti ini? Nah, selain bisnis reseller handphone, kamu juga bisa berbisnis jualan pulsa dan paket data dengan bantuan aplikasi GrabKios.

GrabKios sendiri adalah aplikasi serba bisa yang dibuat untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di aplikasi handphone ini, Kamu bisa mencari dan menemukan supplier yang tepat untuk bermacam usahamu. Ya, aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh usaha sekelas warung, toko maupun grosiran dengan harga yang tetap kompetitif. 

Untuk bisnis jualan handphone, Kamu bisa menemukan supplier di GrabKios yang melayani sistem reseller sehingga Kamu tidak harus menyediakan modal besar untuk deposit stok awal terlebih dahulu. Artinya Kamu bisa lebih fokus untuk mempromosikan handphone dengan cara yang efektif dan efisien. 

Akhirnya, saat semakin banyak orang yang terbantu dan puas atas apa yang sudah Kamu bagikan, mereka akan lebih percaya padamu. Hasilnya mereka tidak akan ragu untuk membeli handphone lewat rekomendasi yang Kamu bagikan. Jualan handphone tanpa modal pun bukan sekedar angan lagi bersama GrabKios.