Cara Cek Tagihan Listrik yang Sudah Dibayar dengan Mudah
05Aug

Cara Cek Tagihan Listrik yang Sudah Dibayar dengan Mudah

Seperti yang diketahui bahwa listrik menjadi kebutuhan sangat penting di era milenial ini. Kebutuhan listrik tersebut tidak hanya mencakup industri atau instansi besar saja. Akan tetapi hampir setiap rumah yang ada di dunia ini membutuhkan listrik baik sebagai daya untuk menghidupkan alat elektronik maupun sebagai penerang. 

Pentingnya akan fungsi dari listrik tersebut membuat kebutuhan ini menjadi tanggung jawab pemerintahan dalam mengadakan penyediaannya. Sementara itu, masyarakat sebagai konsumen tentu harus memberikan imbalan akan hal tersebut dengan membayar tagihannya. 

Dalam hal ini, setiap konsumen tentu memiliki kebutuhan listrik yang berbeda-beda. Untuk dapat mengetahui jumlah pembayaran tagihan, terdapat beberapa cara yang dapat dipilih oleh masyarakat yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

Kenali Jenis Instalasi Rumah Terlebih Dahulu

Sebelum mengetahui cara untuk mengecek tagihan listrik, ada baiknya untuk mengetahui jenis instalasinya terlebih dahulu. Dalam hal ini, terdapat dua jenis pemasangan listrik yang lebih lanjut dijelaskan pada paragraf dibawah ini. 

  • Listrik Prabayar 

Merupakan cara mengkonsumsi listrik dengan menggunakan sistem yang sama seperti token atau pulsa elektrik pada handphone. Pada jenis ini, apabila pengguna mendapati nominal pulsa sudah menipis maka akan ditandai dengan bunyi alarm tertentu. Alarm tersebut berfungsi sebagai pengingat bahwa konsumen diharuskan untuk mengisi kembali token atau pulsa listrik. 

  • Listrik Pascabayar 

Merupakan cara untuk bisa mengkonsumsi listrik dengan sistem pembayaran setelah penggunaan selama satu bulan. Dengan kata lain, konsumen dapat menggunakan listrik terlebih dahulu kemudian baru membayar sesuai dengan jumlah yang telah digunakan. 

Cara kedua dari konsumsi listrik inilah yang mengharuskan penggunanya untuk mengecek tagihan setiap bulannya. Adapun pengecekan tagihan dapat dilakukan melalui dua cara yaitu secara offline dan juga online. 

Cara Cek Tagihan Listrik Secara Offline

Apabila pengguna merasa kesulitan dalam mengecek tagihan listrik dengan cara yang lebih modern. Maka dapat dilakukan dengan cara offline yang dibagi terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Cek Tagihan via Telepon 

Merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan hanya menghubungi customer service PLN saja. Nomor yang harus dihubungi dalam hal ini yaitu call center 123 dengan mencantumkan kode area penggunanya. Sebagai salah satu contoh yaitu daerah Jakarta memiliki kode area 021 maka nomor yang harus dihubungi adalah (021)-123. 

Setelah itu konsumen akan di arahkan oleh suara operator untuk dapat mengetahui biaya tagihannya. Pada cara ini, konsumen harus memastikan bahwa pulsanya mencukupi untuk dapat melakukan panggilan dengan tarif normal. 

  • Cara Cek Tagihan via SMS 

Selain melalui telepon, tagihan listrik juga dapat diketahui melalui cara yang lebih mudah dan murah yaitu melalui SMS. Pada layanan khusus dari PLN ini, terdapat dua cara yang dapat dipilih yaitu pada kurun waktu satu bulan saja dan secara berkala. 

Cara kedua yang disebut juga dengan continue dimana konsumen akan berlangganan setiap bulan terkait peroleh informasi tagihan listriknya. Cara yang dilakukan dalam hal ini yaitu dengan mengetikan format SMS ke nomor 8123. Untuk tagihan listrik per bulan, formatnya adalah REK (spasi) No. ID konsumen. 

Sementara itu, untuk langganan informasi tagihan formatnya adalah PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit No. ID konsumen. Sedangkan jika konsumen ingin berhenti berlangganan maka format yang dimasukkan adalah tinggal mengganti kata ON menjadi OFF saja. 

Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

Apabila pengguna ingin menggunakan cara yang lebih modern yaitu dengan jaringan internet atau secara online maka hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut ini. 

  • Cek Tagihan Melalui Website Resmi 

Layanan lain yang disediakan oleh PLN untuk konsumennya adalah berupa website resmi. Salah satu fasilitas dalam website tersebut adalah terintegrasinya data yang ditampilkan dengan data yang ada di PLN.Website yang dapat dikunjungi untuk mengetahui tagihan listrik dari konsumen adalah www.cekbill.com. 

Setelah berhasil membukanya, maka konsumen diharuskan untuk memilih navigasi Cek Tagihan yang terletak disebelah kiri laman. Selanjutnya konsumen diarahkan untuk mengisi kode captcha yang telah disediakan sebagai bentuk verifikasi. Jika dirasa sudah benar maka tinggal mengklik Cek Tagihan saja sudah dapat diketahui besar biaya beserta status pembayarannya. 

  • Cek Tagihan Melalui iOS 

Tanpa perlu menyalakan komputer atau laptop tagihan listrik juga dapat diketahui melalui smartphone dalam genggaman. Hal tersebut dapat dilakukan dengan adanya aplikasi pada ponsel berbasis iOS atau pengguna smartphone Apple. 

Adapun aplikasi yang dapat dipilih dalam hal ini yaitu Tagihan, Info Cek Tagihan Listrik PLN, dan PLN Mobile. Dari ketiga aplikasi tersebut yang merupakan aplikasi resmi sekaligus sering digunakan adalah PLN Mobile.

Aplikasi tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek tagihan saja akan tetapi juga memberikan informasi penting lainnya. Seperti riwayat pemakaian listrik dalam kwh, info status listrik, progress permohonan, lokasi pembayaran melalui banking, transaksi token listrik, dan lain sebagainya. 

Adapun cara untuk melakukan pengecekan tagihan adalah dengan memilih menu informasi pada bagian tab menu yang telah disediakan. Selanjutnya memilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik, dilanjutkan dengan langsung memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan. Jika sudah maka tinggal mengklik Cari dan tunggu beberapa saat maka akan muncul besar nominal beserta status tagihan listriknya.

  • Cek Tagihan Melalui Android 

Bagi pengguna Android tidak perlu khawatir dalam melakukan pengecekan tagihan serta untuk menikmati layanan PLN lainnya. Layanan yang telah disediakan untuk pengguna smartphone iOS juga disediakan oleh pengguna Android. Bahkan dapat dikatakan bahwa fasilitas yang disediakan di Android lebih lengkap dibandingkan dengan iOS. 

Adapun aplikasi yang dapat digunakan dalam hal ini adalah PLN Mobile for Android. Setelah berhasil mengunduh melakukan Play Store dan menginstallnya maka hal yang dilakukan adalah memilih Informasi pada tab menu. 

Setelah itu mengklik menu Informasi Tagihan dan Token Listrik dan memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan. Seperti cara melalui aplikasi iOS, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik Cari kemudian akan muncul besar dan status tagihan yang dibayarkan. 

  • Cek Tagihan Melalui Langganan Email PLN 

Cara melakukan pengecekan tagihan secara online yang terakhir adalah melalui email resmi dari PLN. Dalam hal ini, konsumen akan mendapatkan pemberitahuan terkait tagihan melalui email resmi PLN berupa e-billing. Akan tetapi, sebelumnya pengguna listrik harus mendaftar diri ke e-billing PLN melalui akun sosial media resmi dari PLN baik twitter maupun facebook. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik untuk masyarakat. Setelah mengetahui nominal tagihan maka hal yang harus dilakukan oleh konsumen adalah tentu  melunasi pembayarannya. Dalam hal ini, pelunasan dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui agen GrabKios. Anda dapat mencari agen GrabKios terdekat disekitar rumah untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. 

Tidak hanya itu, GrabKios juga menyediakan fasilitas pembelian token atau pulsa listrik untuk kebutuhan mendadak akan listrik Anda. Cukup dengan langsung membayar tunai sesuai nominal yang ditampilkan, kebutuhan listrik Anda sudah dapat terpenuhi dengan mudah dan cepat. Jadi, jangan ragu lagi untuk memilih GrabKios sebagai tempat untuk melakukan pembayaran kebutuhan listrik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *