Cara Cek Tagihan Listrik yang Sudah Dibayar dengan Mudah
05Aug

Cara Cek Tagihan Listrik yang Sudah Dibayar dengan Mudah

Cek tagihan listrik yang sudah bayar bisa dilakukan secara online, karena segala sesuatunya di zaman modern ini bisa dilakukan dengan cara yang praktis dan mudah. Kehadiran listrik memang menjadi kebutuhan yang sangat penting dan harus dipenuhi dengan baik, karena perlengkapan modern di zaman sekarang ini selalu membutuhkan aliran listrik.

Kebutuhan listrik menjadi tanggung jawab pihak pemerintah untuk bisa mengadakan penyediaan listrik dengan sebaik mungkin. Sedangkan untuk masyarakat selaku konsumen mempunyai kewajiban untuk memberikan imbalan dengan melakukan pembayaran tagihan listrik. Sementara untuk setiap konsumen tentunya mempunyai kebutuhan listrik yang tidak sama.

Cara Mengecek Tagihan Listrik
Untuk melakukan cek tagihan listrik sudah bayar atau belum ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, baik itu secara online maupun secara offline. Untuk melakukan pengecekan secara online, silahkan cari tahu pada penjelasan berikut:

  1. Melakukan pengecekan via telepon
    Cara yang paling mudah untuk melakukan pengecekan tagihan listrik secara online yaitu dengan melalui telepon. Cukup dengan menghubungi pihak customer service dari PLN saja, maka Anda pun bisa menanyakan pengecekan tagihan listrik. Untuk nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu 123 dan cantumkan kode sesuai pada area penggunanya.Jika Anda sudah menghubungi pihak customer service, maka para konsumen nantinya akan diarahkan oleh suara operator supaya bisa mengetahui berapa besar tagihan listrik yang dibebankannya. Sebelum melakukan pengecekan tagihan listrik melalui via telepon maka Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa pulsa Anda mencukupi supaya tidak terputus ditengah jalan. Sedangkan untuk panggilan via telepon ini memberlakukan tarif normal.
  2. Pengecekan tagihan melalui SMS
    Selain melalui telepon, Anda juga bisa melakukan pengecekan tagihan melalui SMS. Cara yang bisa dilakukan juga cukup mudah seperti melakukan panggilan telepon. Pengecekan pada cara yang kedua ini dilakukan secara continu, yang mana pihak konsumen akan berlangganan untuk setiap bulannya dan terkait akan mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik yang harus dibayarkan.Untuk pengecekan tagihan ini dilakukan dengan cara mengetikkan format REG (spasi) nomor ID Anda. Jika ingin berlangganan dengan PLN supaya mendapatkan informasi tagihan secara rutin Anda dapat mengetikan SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) nomor ID konsumen sebanyak 12 digit. Apabila ingin berhenti berlangganan, bisa menuliskan format dengan mengetik OFF saja, kemudian mengirimkannya melalui SMS.
  3. Melalui website resmi
    Selain melalui pengecekan telepon dan SMS, Anda pun juga bisa melalui website resmi yang dimiliki oleh PLN, Karena untuk website tersebut disediakan untuk memberikan pelayanan kepada para konsumen supaya lebih memudahkan dalam mendapatkan berbagai informasi, termasuk mengetahui tagihan listrik. Untuk website PLN tersebut akan terintegrasi pada data dan nantinya akan ditampilkan pada website resmi PLN.Untuk website resmi dari PLN tersebut bisa Anda kunjungi secara langsung melalui www.pln.co.id Sebaiknya Anda langsung mengunjungi website resmi tersebut karena nanti Anda selaku konsumen akan diarahkan untuk melakukan pemilihan navigasi dengan melakukan pengecekan tagihan yang ada di sebelah kanan kiri. Jika sudah, nantinya Anda akan diarahkan untuk melakukan pengisian pada kode captcha yang sudah disediakan untuk verifikasi.Jika sekiranya kode captcha yang Anda masukkan sudah benar, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal mengklik bagian tombol cek tagihan saja, maka konsumen pun bisa mengetahui berapa jumlah biaya serta status pembayarannya. Untuk cara ini pun juga bisa dilakukan untuk melakukan cek tagihan listrik pasca bayar bulan lalu.
  4. Melalui iOS
    Untuk melakukan cek tagihan listrik sudah terbayar atau belum juga bisa dilakukan melalui iOS. Para pengguna tidak perlu membutuhkan laptop maupun komputer untuk bisa mengetahui tagihan listriknya. Cara ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, karena Anda hanya cukup menggunakan aplikasi seperti tagihan, PLN mobile dan aplikasi cek tagihan listrik PLN.Untuk aplikasi tersebut bisa didownload melalui Play Store dan di dalam aplikasi itu sendiri terdapat banyak sekali informasi yang bisa didapatkan, karena Anda tidak hanya mengetahui tagihan yang harus dibayarkan saja, akan tetapi ada banyak sekali informasi penting yang bisa didapatkan.Misalnya saja seputar info status listrik, riwayat pemakai listrik pada kwh, lokasi pembayaran dari banking, proses permohonan, cek tagihan listrik bulan yang sudah lewat, transaksi token listrik maupun informasi penting yang lainnya.
  5. Melalui android
    Meskipun Anda bukan pengguna iOS, tidak perlu khawatir karena melakukan pengecekan tagihan listrik juga bisa dilakukan via Android. Sementara untuk fasilitas dan fitur yang tersedia di dalamnya pun juga tidak kalah lengkapnya dibandingkan dengan IOS. Sehingga para pengguna Android tidak perlu merasa risau pada saat ingin melakukan pengecekan listrik melalui Android.Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk pengecekan yaitu hanya PLN mobile for Android. Untuk mendapatkannya bisa dilakukan melalui pengunduhan Google Play Store kemudian menginstalnya, karena didalam aplikasi ini terdapat banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dan Anda dapat mengaksesnya pada bagian tab menu.Untuk melakukan pengecekannya Anda hanya tinggal masuk ke bagian menu informasi tagihan dan juga token listrik. Setelah itu silahkan masukkan ID pelanggan atau nomor meteran. Secara otomatis akan muncul status tagihan yang harus dibayarkan atau memunculkan informasi status apakah pembayaran sudah lunas atau belum. Cara cek tagihan listrik yang sudah lewat juga bisa dilakukan melalui Android.
  6. Melalui Email PLN
    Cara lain untuk melakukan pengecekan tagihan listrik secara online yaitu dengan melalui email PLN. Dengan melalui email PLN inilah maka para konsumen akan mendapatkan pemberitahuan yang berhubungan mengenai tagihan listrik dan akan diberikan berupa e-billing. Namun untuk sebelumnya pihak dari pengguna listrik diharuskan untuk melakukan pendaftaran ke e billing PLN terlebih dahulu dengan cara melalui akun sosial media dari PLN secara resmi baik itu melalui Facebook atau Twitter.Dengan melalui email PLN inilah maka para konsumen tidak perlu datang secara langsung ke PLN untuk menanyakan tagihan listrik yang harus dibayarkan. Karena beberapa cara online yang ada di atas lebih memudahkan diri Anda supaya bisa mengakses informasi yang Anda butuhkan seputar tagihan listrik.

Apabila Anda sudah mengetahui cara cek tagihan listrik yang sudah lunas maka Anda tidak perlu melakukan pembayaran lagi. Akan tetapi untuk pembayaran selanjutnya Anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis supaya proses pelunasan bisa berjalan lebih mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melalui agen Grabkios. Grabkios ini siap memberikan pelayanan berupa pembayaran tagihan listrik ataupun pembelian token pulsa listrik.

Ada banyak sekali fasilitas yang ditawarkan oleh agen Grabkios ini. terlebih lagi bagi Anda yang berada dalam kondisi mendadak akan kebutuhan listrik, maka cukup dengan melakukan pembayaran secara tunai sesuai pada nominal yang ditampilkan pada kebutuhan listrik, maka Anda bisa langsung menggunakan gratis untuk menjadi salah satu tempat pembelian yang siap melakukan pembayaran kebutuhan listrik secara online.

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!