26Feb

Cara Cepat Jadi Jutawan di Usia Muda (Simak Yuk!)

Banyak yang bilang kalau seseorang baru bisa jadi jutawan di usia mapan. Eits! Kata siapa? Anak muda kayak kita-kita juga bisa keles mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Bahkan, memikirkan masa depan finansial perlu diperhatikan sejak dini.

Nah, salah satu cara agar bisa jadi jutawan di usia muda ialah dengan berinvestasi. Investasi memang masih asing di kalangan anak muda, tapi bisa banget untuk dicoba. Makanya nih, kita mau sharing tentang investasi apa aja yang cocok buat anak muda biar kita bisa jadi jutawan. Yuk simak caranya di bawah ini:

 

1. Mulai berani ambil risiko dan agresif berinvestasi

Masa muda ialah waktu untuk lebih berani dalam mencoba, mengambil risiko, dan agresif berinvestasi. Soalnya, kamu belum punya tanggungan keluarga dan tanggung jawab lainnya. So, kamu bisa mengalokasikan dana lebih untuk berinvestasi. Semakin tinggi risiko investasinya, semakin tinggi pula keuntungan yang bisa kamu dapat lho. Kamu bisa memulai berinvestasi agar kamu bisa punya pegangan untuk hari tua nanti. Apalagi, nilai investasi makin lama makin naik. Menguntungkan banget kan?

 

2. Nyobain investasi saham? Siapa takut!

Berinvestasi lewat saham gak serta-merta menjadikan kita ‘pemilik’ dari perusahaan yang kita beli sahamnya ya gaes. Berinvestasi saham mendatangkan 2 jenis keuntungan: capital gaindan dividen. Kamu juga berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham loh. Yuk kita bahas dulu apa sih capital gain dan dividen.

Capital gain adalah keuntungan yang didapat pemegang saham ketika melepas sahamnya ke pasar. Sedangkan dividen ialah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan kepada para pemegang saham setelah mencapai jangka waktu tertentu. Dividen bisa berupa uang atau saham untuk meningkatkan kepemilikan saham seseorang di perusahaan tersebut.

Saham merupakan investasi yang tergolong tinggi risikonya. Besarnya keuntungan yang diberikan juga sebanding dengan risikonya. Risiko yang dihadapi ialah capital loss dan ancaman likuidasi yang bisa terjadi kapan aja.

 

3. Membeli obligasi juga bisa dicoba

Obligasi bisa disebut juga dengan surat perjanjian hutang yang dikeluarkan oleh pihak pertama (yang mengeluarkan obligasi) kepada pihak kedua (pemegang obligasi) untuk memanfaatkan dana pihak kedua dan mengembalikannya beserta bunga pada jangka waktu yang ditentukan.

Jadi, kalau kamu membeli obligasi, maka kamu meminjamkan danamu pada pihak yang mengeluarkan obligasi. Obligasi bisa dikeluarkan oleh perusahaan, pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah. Kalau Indonesia nih, obligasi dibagi menjadi 3: obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan obligasi ritel.

Risiko obligasi juga gak sebesar saham. Sehingga, keuntungan yang dihasilkan tidak dapat melonjak tinggi. Tapi, obligasi layak dicoba untuk kamu yang punya modal cukup besar dan ‘main aman’ dalam investasi.

 

4. Reksadana bisa jadi alternatif buat investasi yang minim modal

Kamu belum punya banyak modal untuk investasi? Reksadana bisa jadi solusi! Reksadana adalah investasi yang bertujuan menghimpun dana dari pemilik modal, lalu disalurkan ke berbagai instrumen investasi di pasar modal. Reksadana cocok banget buat kamu yang masih pemula dan belum bisa menghitung risiko investasi sendiri.

Soalnya nih, dalam skema reksadana akan ada Manajer Investasi (MI) yang mengatur kemana aja uangmu akan disalurkan. MI akan bertugas membaca sentimen pasar, menghitung risiko investasi, dan mengatur strategi investasi agar keuntungannya jadi makin gede.

Nah, makanya nih yang paling penting kalau kamu mau nyobain reksadana, pastikan kamu memilih MI yang terpercaya. Sebab MI yang akan jadi penentu apakah investasimu akan berhasil. Banyak kok bank-bank komersial yang menawarkan layanan reksadana. Tinggal pilih deh mana yang kamu mau dan bisa dipercaya.

 

5. Jadi forex trader juga bisa lho

Forex atau foreign exchange (nilai tukar mata uang asing) adalah salah satu sarana investasi. Investasi Forex dilakukan dengan cara bermain di pasar modal dengan menukarkan uangmu dengan mata yang asing yang memiliki margin keuntungan tertinggi.

Investasi Forex bisa dipelajari dengan mudah loh! Tinggal googling aja “Belajar Forex”, banyak website yang menawarkan jasa belajar Forex. Gak jarang juga banyak website gratis yang bisa kamu temukan untuk mempelajari jenis investasi yang satu ini.

Investasi Forex ini memang penuh dengan risiko lho. Karena banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi investasi ini seperti kondisi sosial dan politik. Maka dari itu, kamu harus pandai melihat valuta asing yang nilainya relatif stabil.

 

6. Mau investasi yang lebih stabil? Investasi emas pilihannya

Emas merupakan instrumen investasi yang nilainya cenderung stabil. Kamu juga bisa membeli emas dengan mudah dan cepat. Investasi emas yang tengah menjamur di Indonesia sekarang adalah investasi emas batangan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas. Pertama, kamu bisa membeli emas lalu menggadaikan emas tersebut. Kemudian, kamu gunakan uang gadainya untuk membeli emas lagi. Kedua, kamu juga bisa “menyimpan” emas yang nilai tukarnya relatif lebih stabil sebagai uang simpanan kamu di masa depan.

Seperti yang dibahas sebelumnya, investasi emas merupakan investasi yang lebih stabil dan memiliki risiko kecil. Sehingga, investasi emas memiliki kerugian yang kecil, namun juga keuntungannya relatif kecil. Jadi, investasi ini cocok banget bagi kamu yang masih pemula.

 

7. Investasi seumur hidup: pendidikan

Ingin berinvestasi tapi belum ada modal dan uang? Hehe gak usah khawatir! Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap berinvestasi agar masa depanmu lebih cerah. Cara lain itu ialah: pendidikan.

Pendidikan merupakan investasi seumur hidup. Karena pendidikan dapat mengubah pola pikir dan mengasah keterampilanmu. Jangan pelit untuk mengeluarkan uang demi mengambil kelas bahasa asing, ikut kursus menulis, dan sebagainya. Dengan menambah kelas yang diambil, maka pengetahuan dan keterampilan kamu semakin banyak. Memang, pendidikan bukanlah cara yang instan untuk menjadi jutawan tapi kamu juga bisa memanfaatkan keterampilanmu dengan membuka usaha dan mewujudkan impianmu menjadi jutawan.

 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar investasi dan menjadi jutawan ya! Semakin cepat kamu memulai untuk berinvestasi, maka semakin besar pula keuntungan yang kamu raih.

Atau kamu udah mencoba berbagai investasi tadi? Yuk ceritakan pengalaman dan tips ‘n trik berinvestasi di kolom komentar!

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!