Jenis Inspirasi Bisnis Yang Menjanjikan Cocok Bagi Pemula
11Jul

Cara Jualan Pulsa Sendiri, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Cara jualan pulsa sendiri yang dilakukan orang saat ini memang semakin beragam. Umumnya, orang yang menggeluti bidang jual pulsa akan membuka konter lengkap dengan berbagai produk lain yang relevan. Namun ada yang berjualan pulsa tanpa membuka konter, misalnya cukup dengan promosi dari mulut ke mulut, jualan di media sosial hingga di blog dan website. Ya, pulsa dan paket data memang sudah menjadi kebutuhan yang semakin nyata. Tak heran jika penjualnya pun semakin banyak dan beragam caranya.

Sekilas tentang Usaha Jual Pulsa dan Potensinya

Di masa yang sudah serba digital saat ini, semakin banyak orang yang mengandalkan handphone untuk melakukan berbagai hal mulai dari komunikasi, pekerjaan hingga hiburan. Berbagai aktifitas orang bersama handphone tersebut, biasanya akan menggunakan pulsa dan paket data. Maka dari itu, kebutuhan ini seakan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk digarap.

Selain sekedar menjual pulsa dan paket data berbagai operator, pengusaha di bidang ini juga menyediakan layanan lain seperti PPOB dan aksesoris. Bisnis ini mungkin dianggap sebagai usaha recehan dengan penghasilan yang hanya berapa ribu rupiah saja per transaksinya. Namun saat bisnis pulsa ini ditekuni, omzet jutaan rupiah pun bisa dicapai hanya dalam waktu beberapa bulan saja. 

Tidak ada kata terlambat seandainya Kamu juga ingin ikut berjualan pulsa. Meskipun cara mendapatkan pulsa sudah semakin banyak tersedia, nyatanya orang masih saja membutuhkan penjual pulsa terpercaya di sekitarnya. Jadi peluangmu untuk sukses berjualan pulsa masih terbuka selama Kamu jeli membaca peluang dan rajin berkreasi agar usahamu dikenal orang. 

Bisnis ini juga termasuk salah satu usaha yang menarik karena sifatnya yang fleksibel. Begitu pula dengan nominal deposit yang harus disediakan, bisa disesuaikan dengan kemampuan. Siapapun bisa memiliki deposit pulsa serta menjual pulsanya kapan saja dimana saja. Banyak pemula yang menemukan cara jualan pulsa sendiri tanpa modal hingga kemudian berhasil membuka konter pulsanya sendiri.

Cara dan Tips Memulai Bisnis Pulsa yang Ramah Pemula 

Mungkin salah satu pertanyaan yang akan muncul saat Kamu berminat ikut berbisnis ini adalah bagaimana cara jual pulsa server sendiri. Ya, akan lebih baik bila pemula mencari informasi tentang  bisnis pulsa all operator agar bisnis bisa bertahan dan akhirnya sukses. Bisa dikatakan tahap ini akan menentukan kelancaran usaha di kemudian hari. Dengan begitu, jualan pulsa tidak mudah tutup saat menemui masalah dan hambatan.

Perlu diketahui pula bahwa meskipun usaha berjualan pulsa ini termasuk sebagai bisnis yang fleksibel, ia tetap harus dijalani dengan serius dan konsisten. Tanpa keseriusan mengelola bisnis, bukan tidak mungkin saldo yang seharusnya digunakan untuk deposit justru menguap. Dan tanpa konsistensi, deposit yang harusnya semakin bertambah bisa semakin berkurang hingga akhirnya habis.

Nah, ada beberapa cara berikut tips yang bisa Kamu terapkan untuk bisa berdagang pulsa. Pelajari terlebih dahulu agar Kamu memiliki gambaran tentang bagaimana mengawali usaha ini 

Menentukan Server 

Server adalah penyedia deposit saldo dan yang melakukan proses pengisian pulsa ke nomor pelangganmu. Saldo pulsa sendiri sebenarnya juga bisa didapat langsung dari operator dengan menghubungi kantor distributor resminya. Namun untuk memberikan layanan yang lebih lengkap sekaligus, server biasanya dipilih sebagai pintu utama stok pulsa.

Biasanya, server pulsa yang dipilih adalah yang menawarkan harga paling murah. Memang benar, faktor harga bisa dijadikan sebagai pertimbangan utama, namun tetap ingat pula bahwa harga bukan satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan. Harga yang terlalu murah justru bisa berujung pada penipuan yang pastinya tidak kamu inginkan.

Selain harga yang masuk akal, Kamu juga perlu mempertimbangkan kecepatan, keandalan, responsif dengan banyak jalur yang bisa dihubungi dan memiliki layanan yang lengkap. Selain bisa Kamu temukan di internet, server pulsa lokal juga bisa ditemukan di daerah sekitarmu. Lakukan penelusuran dan bandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing server.

Daftar ke Server Pulsa  

Setelah menemukan server pulsa yang paling sesuai dengan kriteria pencarianmu, daftarkan dirimu ke layanan server pulsa tersebut. Lengkapi data dan formulir kontrak dan perjanjian setelah kamu baca dengan seksama.  

Deposit Pulsa

Saat melakukan pendaftaran tersebut, Kamu juga akan melakukan deposit saldo sejumlah dana yang telah kamu sepakati dengan pihak server. Misalnya saat Kamu ingin memiliki saldo pulsa sebesar 500.000 untuk dijual ke konsumen, maka deposit yang harus Kamu bayarkan adalah senilai Rp 500.000. Saat ada yang membeli pulsamu sejumlah 50.000, maka jumlah saldo depositmu akan berkurang sesuai nominal yang telah ditentukan server tersebut.

Menentukan Harga Jual Pulsa

Harga jual pulsa yang akan Kamu bebankan ke konsumen bisa berbeda-beda antara satu kota dengan kota lainnya. Meskipun selisih nominal tidak seberapa, nyatanya nilai ini juga bisa mempengaruhi penjualan. Kamu bisa melakukan survey ke konter-konter lain di sekitar lokasimu. Pastinya, usahakan untuk tidak memasang harga yang lebih tinggi dari mereka. Setidaknya setarakan harganya, tetapi berikan pelayanan yang lebih baik atau lebih lengkap sebagai peningkat daya saing. 

Promosi 

Akan sulit bagi usahamu untuk laku jika tidak ada yang mengetahui keberadaan dan kelebihannya. Maka dari itu, lakukan promosi agar bisnis pulsa yang sedang kamu rintis itu dikenal oleh banyak orang. Semakin dikenal dan diingat orang, maka semakin besar pula peluang pulsamu laku. Awalnya, promosi bisa Kamu lakukan dari mulut ke mulut mulai dari orang-orang terdekat dulu. Media sosial seperti Facebook dan Instagram juga bisa diandalkan sebagai sarana promosi gratis. Selanjutnya, promosi offline menggunakan selebaran, stiker hingga spanduk juga bisa dipertimbangkan saat usahamu semakin besar. 

Kerjakan  

Setelah berbagai langkah dan tips tersebut Kamu coba, kerjakan bisnis ini secara konsisten. Dalam pelaksanaannya, setiap bisnis harus dikerjakan secara konsisten, termasuk bisnis pulsa ini. Tanpa ketekunan, besar kemungkinan Kamu berhenti di tengah jalan karena merasa bosan dengan pendapatan yang hanya segitu-segitu saja. Maka dari itu, kamu juga harus secara konsisten berinovasi menemukan peluang. Misalnya dengan menawarkan layanan lain seperti token listrik, voucher game dan sebagainya.

Bisa disimpulkan bahwa salah satu hal yang paling penting dalam deretan cara jual pulsa di hp sendiri di atas adalah menemukan server pulsa yang terpercaya. Mengingat layanan ini semakin banyak tersedia di internet dan di kota-kota besar, memilih penyedia yang tepat kadang bisa membuat pemula frustasi dan mengurungkan niatnya.

Nah sebagai alternatif solusi masalah server ini, Kamu bisa mempertimbangkan GrabKios. Dengan menjadi agen pulsa GrabKios, Kamu tinggal fokus mempromosikan usaha pulsamu saja. Soal kualitas layanan, GrabKios menawarkan performa unggulan yang selalu bisa diandalkan.  Dengan begitu, Kamu bisa berjualan pulsa dengan lebih tenang.

Menjadi agen pulsa di server GrabKios, Kamu juga akan dipandu mulai dari proses pendaftaran sampai proses penjualan. Sehingga, meskipun Kamu seorang pemula sekalipun tidak perlu khawatir menjalankan bisnis ini. Semua transaksi bisa dilakukan dari satu aplikasi yang artinya juga hanya membutuhkan satu handphone saja.  

Kini handphone Kamu bisa menghasilkan pulsanya sendiri sekaligus bisa membantu orang lain. Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan potensi penghasilan yang menarik dengan pekerjaan fleksibel. Tunggu apa lagi?