07Aug

Cara Menghitung Kurs Mata Uang Asing ke Rupiah

Berbagai negara di dunia ini tentu memiliki aturan yang menjadi ciri khas tersendiri tidak terkecuali terkait mata uangnya. Ketika seseorang mengunjungi negara lain, uang dari negara asalnya akan tidak berlaku dan harus ditukarkan dengan mata uang yang sesuai. Pada saat proses pertukaran mata uang tersebut akan dijumpai suatu istilah yang mungkin terdengar asing dikalangan masyarakat awam. 

Istilah yang dimaksud dalam hal ini adalah kurs jual dan kurs beli. Kebanyakan orang mungkin akan menggunakan mesin pencarian di internet untuk dapat mengetahui perbedaan harga mata uang dalam negeri dengan mata uang asing. Misalkan jasa diperoleh nilai dari informasi dengan cara tersebut yaitu 1 USD = 13.999 IDR. 

Perlu diketahui bahwa nilai yang tertera pada cara tersebut tidaklah selalu demikian. Dalam hal ini, terdapat tiga kurs yang berlaku dan memberikan nilai yang berbeda-beda. Jika telah disebutkan dua kurs sebelumnya yaitu kurs jual dan kurs beli maka kurs yang terakhir adalah kurs tengah. Agar dapat memahami hal ini lebih dalam lagi, berikut merupakan informasi seputar kurs mata uang asing ke rupiah yang perlu diketahui. 

Pengertian Kurs Mata Uang Asing

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, sudah jelas bahwa kurs memiliki kaitan erat dengan tukar menukar uang asing. Pelaksanaan dari aktivitas tersebut dilakukan di tempat penukaran uang atau disebut juga dengan money changer. 

Dalam hal ini, pengertian dari kurs jual dan kurs beli didasarkan melalui sudut pandang pihak bank sebagai money changer, bukan dari sudut pandang seseorang yang menukarkan mata uang. 

Adapun penyebutan dari kurs nilai tukar mata asing sendiri berasal dari bahasa asing. Lebih lanjut pengertian dari kurs jual adalah kurs yang digunakan jika money changer ingin menjual uang asing atau dengan kata lain nilai rupiah di konversikan ke nilai mata uang asing. Dengan kata lain, kurs jual adalah harga jual dari valas (sebutan lain dari mata uang) yang ditentukan oleh money changer. 

Sementara itu, pengertian dari kurs beli adalah kurs yang digunakan apabila seseorang ingin menukar uang asing dengan rupiah. Berdasarkan pengertian tersebut, kurs beli berarti nilai mata uang asing yang diubah menjadi nilai rupiah. Dalam hal ini, kurs beli digunakan apabila money changer membeli uang asing dari seseorang yang membutuhkan mata uang rupiah. 

Cara Perhitungan Kurs Mata Uang Asing

Sebagai suatu bentuk dari pertukaran nilai mata uang, maka penentuan kurs mata uang asing dilakukan berdasarkan perhitungan tertentu. Dalam hal ini, masing-masing kurs memiliki cara perhitungan yang berbeda yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Ilustrasi Perhitungan Kurs Jual 

Agar perhitungan dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dipahami maka dapat menggunakan suatu permisalan. Dalam hal ini, misalkan terdapat seseorang bernama A memiliki rencana untuk melakukan liburan ke negara B. 

Selain itu, negara B juga merupakan salah satu dari negara Uni Eropa sehingga mata uang yang digunakan adalah euro. Untuk dapat melancarkan liburannya, maka si A pergi ke bank untuk menukarkan rupiah dengan mata uang euro. 

Kemudian dimisalkan juga pada saat itu, nilai kurs jual dari mata uang euro adalah sebesar 1 EUR = 14.000 IDR. Sedangkan untuk nilai kurs beli yang berlaku saat itu adalah 1 EUR = 14.500 IDR. 

Dalam kasus ini, tujuan dari si A adalah untuk menukar uang rupiah menjadi mata uang euro maka nilai yang menjadi acuan adalah kurs jual saja. Dengan demikian, apabila si A ingin menukar uang sejumlah 60 juta, maka perhitungannya menjadi 60.000.000/14.000. Sehingga hasil yang diperoleh si A untuk mata uang berupa euro dari pertukaran tersebut adalah €4285,7. 

  • Ilustrasi Perhitungan Kurs Beli 

Melanjutkan dari permisalan sebelumnya, setelah menikmati liburannya di negara B, si A tentu harus kembali ke tanah air. Dalam hal ini, mata uang berupa euro yang ditukarnya dulu ternyata menyisakan €200. Mata uang tersebut masih bernilai namun tentu tidak dapat digunakan di dalam negeri. 

Agar dapat digunakan kembali, si A harus menukar uang berupa euro tersebut menjadi rupiah kembali melalui money changer. Berdasarkan kasus tersebut maka perhitungan pertukaran uang harus didasarkan pada nilai kurs beli yang berlaku saat itu. 

Jika kurs beli euro mengalami sedikit perubahan maka perhitungan yang digunakan juga akan menyesuaikan nilai dari perubahan tersebut. Misalkan saja perubahan dari nilai kurs beli saat itu adalah 1 EUR = 14.450 IDR maka perhitungannya menjadi €200 x 14.450 IDR. Sehingga nominal uang rupiah yang diperoleh dari hal tersebut adalah sebesar 2 juta 890 ribu rupiah. 

  • Pengertian dari Kurs Tengah

Selain kurs jual dan kurs beli juga terdapat istilah lainnya dalam hal ini yaitu kurs tengah. Pengertian kurs tengah adalah besar kurs yang merupakan nilai rata-rata dari kurs beli dan kurs jual. 

Perhitungan tersebut dilakukan karena sering ditemukan bahwa kurs jual bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan kurs beli. Berdasarkan hal tersebut pedagang valas mengambil keuntungan yang berasal dari nilai selisih pertukaran mata uang. 

Apabila ditemukan nilai dari kurs mata uang yang tidak mencantumkan detail dari nilai kurs jual dan kurs beli maka dapat dipastikan bahwa nilai kurs yang ditampilkan tersebut adalah kurs tengah. Nilai kurs tengah itulah yang sering ditampilkan pada surat kabar atau internet dan lebih sering dijumpai oleh masyarakat. 

Aturan Transaksi Menggunakan Uang Asing di Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa transaksi yang dilakukan di dalam negeri diwajibkan untuk menggunakan mata uang rupiah. Hal tersebut juga sudah dimasukkan dalam peraturan pemerintah yaitu pada Peraturan Bank Indonesia Bab II Pasal 2 No. 17/3/PBI/2015. 

Berdasarkan peraturan tersebut, perdagangan dalam bentuk apapun tidak boleh menolak penggunaan mata uang rupiah. Akan tetapi, terdapat pengecualian dimana transaksi dapat menggunakan uang asing apabila terjadi beberapa hal seperti berikut ini. 

  1. Terjadi transaksi yang berkaitan dengan ekspor dan impor atau melakukan pembayaran hutang ke luar negeri. 
  2. Konsumsi Warga Negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri atau kegiatan ekspor yang berhubungan dengan kredit valas. 
  3. Kegiatan pasar uang antar bank (PUAB) yang dilakukan dalam bentuk valas serta pelaksanaan transaksi pembiayaan dari kreditur internasional. 
  4. Melakukan transaksi valas ke luar negeri, obligasi valas, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Itulah beberapa informasi terkait kurs mata uang asing ke rupiah yang harus diketahui. Nah, jika ingin melakukan pertukaran uang asing dan mewujudkan impian untuk liburan ke luar negeri. GrabKios dapat menjadi solusi untuk Anda dalam mengumpulkan rupiah yang nantinya akan ditukar dengan mata uang asing. 

Merupakan perusahaan digital terpercaya yang mampu menjadi penghubung antara Anda dengan penjual, GrabKios dapat menjadi ladang keuntungan cukup besar. Melalui GrabKios, Anda dapat menjual apa saja mulai dari sembako, produk elektronik, pulsa, tiket transportasi umum, hingga token listrik, serta berbagai macam produk lainnya. 

Lebih lanjut, untuk dapat bergabung dengan GrabKios Anda dapat langsung mendownload serta menginstal aplikasinya sekarang juga. Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya dan dapatkan keuntungan Anda mulai dari saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *