Cara Cek Tagihan Listrik yang Sudah Dibayar dengan Mudah
05Aug

Cara Menghitung Tagihan Listrik 1300 Watt untuk Rencanakan Pengeluaran Rumah Tangga

Listrik merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga. Walaupun listrik sudah banyak penggunanya, akan tetapi kebanyakan dari mereka masih belum mengetahui bagaimana caranya untuk menghitung tagihan listrik rumah tangganya. Tagihan listrik ini sebenarnya bisa dihitung. Perhitungan tagihan listrik tersebut dipakai untuk bisa mengetahui berapa biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk pengeluaran rumah tangga.

Perhitungan listrik tersebut bisa dilakukan untuk yang di rumahnya punya daya listrik sebesar 450 watt, 900 watt sampai dengan 1300 watt. Caranya untuk menghitung tagihan listrik berdaya 1300 watt contohnya yakni dengan menghitung tagihan listrik di bulan yang sebelumnya. Misalnya saat bulan lalu daya listrik 1300 watt menghabiskan biaya 90 ribu. Maka cara menghitungnya yakni biaya bulan lalu akan dibagi dengan total pemakaiannya. Misalnya jumlah dari total pemakaian listrik sebesar 100 kwh, maka dapat dihitung 90 ribu dibagi 100 kwh. Jadi hasilnya yaitu 900 rupiah per kwhnya.

Perhitungan dari rata-rata biaya listrik yang harus dikeluarkan juga bisa menggunakan cara tersebut. Selain itu juga bisa biaya listrik rata-rata sampai ke pemakaian satu tahun lamanya. Cara untuk menghitungnya juga sangat mudah, yakni hanya dengan mengakumulasikan biaya pengeluaran selama setahun penggunaan. Cara pun juga sama dengan cara sebelumnya, yakni membaginya dengan total daya pemakaian.

Cara Menghitung Tagihan Listrik 1300 Watt

Cara menghitung tagihan listrik untuk daya 1300 watt yang pertama yakni dengan menghitung seluruh total daya yang dipakai dalam satu tahun ini. Contohnya penggunaan daya listrik selama 1 tahun berkisar 1300 kwh, maka bisa dihitung rata-rata pemakaian daya listrik per bulannya yakni 1300 kwh dibagi 12 bulan. 

Selanjutnya akan didapatkan hasil rata-rata pemakaian daya listrik per bulannya yakni 108,33 kwh. Langkah selanjutnya yakni menghitung perkiraan biaya tagihan listrik untuk setiap bulannya. maka perhitungannya yakni rata-rata daya listrik yang digunakan per bulan dikalikan rata-rata daya listrik per KWHnya.

Maka bisa dihitung Rp 900 x 108,33 kwh. bisa diperkirakan bahwa biaya tagihan listrik setiap bulannya yang harus dibayar sebesar Rp 97.500. sedangkan cara untuk menghitung pemakaian listrik berdaya 1300 watt di rumah tangga yakni yang bisa mencapai 936 kwh setiap bulannya. Untuk perhitungan rata-rata biaya bulanan bisa juga dipakai untuk mengestimasi pembayaran bulan-bulan yang berikutnya. Nah, perhitungan biaya tagihan listrik tersebut bisa Anda lakukan untuk menghitung listrik prabayar dan juga listrik pascabayar. Sedangkan pembayaran listriknya bisa Anda lakukan melalui situs online GrabKios.

Manfaat dari perhitungan rata-rata daya listrik yang dipakai yakni selain untuk bisa mengetahui perkiraan biaya tagihan listrik itu sendiri juga terdapat beberapa fungsi yang lainnya. Cara perhitungan tersebut juga bisa Anda pakai sebagai bahan untuk acuan penghematan pemakaian listrik. Penghitungan listrik dalam rumah tangga tersebut juga bisa Anda pakai untuk melakukan perhitungan daya listrik industri.

Dari perhitungan daya listrik dalam industri ini juga bisa untuk memperhitungkan laba kotor dan laba bersih yang dihasilkan industri tersebut. Sedangkan untuk melakukan pembayaran yang mudah yakni dengan menggunakan aplikasi GrabKios.

Menghemat Biaya Listrik di Rumah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa penggunaan listrik semakin banyak sedangkan ketersediaannya terbatas. Maka dari itu, untuk menekan bengkaknya tagihan biaya listrik tentunya harus menerapkan pola hidup yang hemat. Apalagi biasanya tanpa sadar kita banyak  menggunakan listrik dengan berlebihan. Tentunya hal tersebut akan membuat tagihan biaya listrik Anda semakin membengkak.

Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut Anda harus menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk menghemat listrik.

  • Cabut Kabel Jika Tidak Digunakan

Tips pertama yaitu tidak membiarkan peralatan listrik terpasang di saklar saat Anda tidak memakainya. Misalnya seperti TV, charger HP, setrika dan barang-barang elektronik yang lainnya. Jika Anda merasa tidak membutuhkan listrik, maka sebisa mungkin  cabut semua kabel-kabel yang terpasang pada saklar atau stop kontak walaupun keadaannya sudah mati.

Meskipun keadaan listrik sudah mati, akan tetapi listrik akan tetap mengalir pada kabel yang tidak dicabut tersebut. Dengan demikian tentunya Anda hanya membuang-buang listrik dan tagihan biaya listrik pun akan semakin membengkak tanpa Anda sadari. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan buruk tersebut mulai sekarang dan jalani hidup hemat.

  • Gunakan Listrik Pulsa

Penggunaan listrik pulsa telah diyakini bisa membantu Anda di dalam penghematan pemakaian daya listrik di rumah. Hal tersebut dikarenakan listrik pulsa bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan rencana Anda dalam satu bulan ini. Tentunya hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam pengontrolan pemakaian listrik yang berlebihan sehingga akan membuat Anda lebih bijak dalam mengontrol pemakaian daya listrik.

Saat pulsa listrik Anda sudah habis, maka akan secara otomatis seluruh aliran listrik di rumah Anda terputus dan mati. Dengan demikian supaya listrik bisa hidup lagi maka Anda harus membeli token listrik kembali. Sistem tersebut sama halnya dengan fungsi pulsa yang ada di smartphone, sehingga Anda pun bisa menghitung serta meninjau kebutuhan apa saja yang bisa Anda minimalisir pengeluarannya dalam pemakaian daya listrik berlebihan.

  • Hemat Pemakaian Lampu

Dalam pemakaian lampu sebaiknya Anda siasati kebutuhan akan penerangan di rumah Anda dipakai saat benar-benar dibutuhkan saja. Saat siang hari Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan sebagai penerangan di rumah Anda. Sedangkan penggunaan lampu bisa Anda gunakan untuk di malam hari. Selain itu, lampu yang dipakai pun sebaiknya lampu yang hemat energi listrik.

Mulailah untuk disiplin mematikan lampu  dan hanya memakai lampu sebanyak 2 lampu saat jam 5 sore sampai dengan jam 8 malam. Dengan cara tersebut juga akan membuat Anda menjadi lebih bisa mengontrol dan mengendalikan pemakaian listrik sehingga akan meminimalisir biaya tagihan listrik.

  • Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Saat Anda mulai istirahat tidur di malam hari, maka sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan tidur dengan berbagai macam alat-alat elektronik yang masih menyala. Mulai dari smartphone, kipas angin sampai dengan TV. Tentunya saat Anda tidur di malam hari tidak membutuhkan alat-alat elektronik tersebut, sehingga jika alat-alat elektronik yang masih hidup seperti TV akan memberikan efek berupa membengkaknya tagihan listrik di rumah.

Selain menekan biaya tagihan listrik di rumah, mematikan alat-alat elektronik saat tidur akan membuat Anda istirahat lebih nyenyak. Selain itu, jika Anda membiarkan gadget Anda masih dalam keadaan di charger, maka Anda akan banyak rugi karena selain tagihan listrik banyak, maka gadget Anda juga bisa mengalami kerusakan. Mulai dari baterai yang lama kelamaan akan menggelembung bahkan bisa sampai bocor.

Nah, dengan melakukan penghitungan biaya tagihan listrik tentunya Anda bisa mengontrol pemakaian listrik di rumah tangga. Nah, untuk melakukan pembayaran tagihan listrik dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri yakni Anda bisa menggunakan aplikasi GrabKios. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang banyak gunanya. Selain bisa untuk membayar tagihan listrik, Anda juga bisa membayar tagihan BPJS kesehatan, PDAM dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *