28Nov

Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Sudah Mati dengan Prabayar

Cara mengisi pulsa listrik yang sudah mati dengan prabayar pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Sementara ada beberapa faktor yang menimbulkan listrik token menjadi mati. Bagi masyarakat awam yang tidak mengetahui mengenai soal listrik token tentunya akan merasa bingung dan khawatir ketika pulsa listriknya sudah mati.

 

Namun Anda tidak perlu khawatir jika memang token listrik prabayar Anda sudah mati, karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghidupkannya. Sebab itu kunci yang harus Anda perhatikan yaitu jangan merasa panik dan jangan sampai Anda mengambil langkah yang membahayakan. Untuk melakukan pengecekan listrik pada token yang mati, Anda membutuhkan trik tertentu sehingga harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan.

 

Cara Mengisi Pulsa Listrik Pada Meteran yang Sudah Mati 

Perlu diketahui dengan baik bahwa untuk sistem kerja dari token listrik prabayar memang lebih mudah untuk dipahami, asalkan token tersebut sudah terisi pulsa. Dengan hal ini, maka secara otomatis listrik akan terus menyala. Akan tetapi apabila pulsa token habis tentunya hal ini menjadikan listrik menjadi mati, bahkan hal ini pun juga berpengaruh pada meteran listrik yang akan ikut mati pula.

 

Jika memang pada kenyataannya Anda lupa tidak mengisi pulsa token listrik, sehingga harus kehabisan dan menjadikan meteran mati, jangan merasa khawatir terlebih dahulu. Karena pada biasanya meteran akan memberikan peringatan secara khusus apabila KWH mendekati habis maupun ketika KWH tinggal sedikit. Selain itu untuk alarm yang terdapat pada listrik prabayar pun juga akan berbunyi sebagai notifikasi atau pemberitahuan bahwa token listrik harus segera diisi.

 

Berikut ini beberapa langkah untuk mengisi pulsa listrik pada meteran prabayar yang sudah mati, yaitu:

  • Langkah yang harus dilakukan yaitu Anda dapat melakukan pembelian token listrik terlebih dahulu. Disarankan untuk membeli nominal yang paling rendah terlebih dahulu yaitu Rp20.000.
  • Apabila Anda sudah melakukan pembeliannya maka akan mendapatkan token yang berjumlah 20 digit. Untuk jumlah 20 digit tersebut, Anda dapat memasukkannya ke bagian token listrik secara berhati-hati agar Anda tidak salah memencet nomor token tersebut.
  • Jika 20 digit nomor tersebut sudah Anda masukan dengan benar maka secara otomatis listrik akan hidup dan menyala.
  • Apabila listrik belum menyala juga, ada kemungkinan Anda salah dalam memasukkan ke 20 digit nomor token tersebut.
  • Jika Anda sudah memasukkan nomor lebih dari dua kali dan listrik tidak nyala juga, sebaiknya Anda berhenti untuk memasukkan nomor. Karena hal ini dapat menimbulkan hal yang fatal yaitu dapat terblokir. Untuk itu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi pihak PLN .


Tanda Meteran Listrik Token Mati dan Rusak

Ternyata, untuk meteran listrik yang mati bukan hanya disebabkan karena kehabisan pulsa token saja. Akan tetapi hal ini bisa menandakan bahwa meteran listrik Anda mengalami kerusakan. Untuk kerusakan tersebut bisa ditimbulkan dan disebabkan karena beberapa faktor. Apabila Anda belum mengetahui bagaimana tanda dari meteran listrik token mati atau rusak, bisa mengikuti penjelasan berikut: 

  1. MCB Kwh Rusak
    Biasanya meteran listrik token mati disebabkan karena bagian MCB KWH nya sudah mengalami kerusakan. Untuk MCB inilah yang memang tidak mampu bertahan dengan lama karena MTB ini mempunyai usia pemakaian. Apabila penyebab dari token listrik yang mati akibat MCB KWH rusak, maka Anda harus segera menggantinya. Untuk proses penggantian tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena harus menghubungi petugas dari PLN resmi lebih dulu supaya meminta izin per penggantian MCB KWH baru
  2. Cek MCB Kwh Meter
    Jika posisi dari KWH meter menyala, namun untuk kondisi MCB mati maka Anda dapat menyalakan MTB kembali. Akan tetapi apabila Anda sudah menyalakan kemudian MCB mati kembali maka hal ini berkemungkinan bahwa beban listrik yang ada di rumah terlalu tinggi sehingga Anda harus mengurangi pemakaian listrik yang ada di rumah
  3. Lihat bagian layar Kwh Meter
    Kerusakan yang terjadi pada meteran listrik juga bisa dilakukan pengecekan dengan cara melihat bagian lampu indikator atau layar yang terdapat pada KWH meter token. Apabila listrik PLN sedang mati maka untuk seluruh lampu indikator beserta layarnya juga akan ikut mati. Namun, apabila lampu indikator menyala dan layar mati, maka hal ini berkemungkinan beban terlalu berlebihan atau bisa saja terkena petir. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghubungi pihak PLN.

 

Cara Mudah Menghidupkan Token Listrik yang Sudah Mati

Apabila Anda sudah mengetahui penyebab dari token listrik yang mati atau mengalami kerusakan, maka untuk langkah selanjutnya Anda dapat mengetahui tata cara dalam menghidupkan token listrik yang sudah mati. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan, khususnya bagi orang yang awam namun setidaknya informasi berikut ini dapat membantu Anda supaya lebih mengenal dunia kelistrikan.

 

Berikut ini langkah mudah yang bisa Anda ikuti:

  1. Diamkan meteran terlebih dahulu
    Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mendiamkan meteran terlebih dahulu dalam waktu yang tidak terlalu lama, yaitu hanya beberapa detik saja. Pada biasanya listrik rumah akan tiba-tiba mati, hal ini dikarenakan dari posisi saklar MCB yang berada pada posisi OFF. Dengan hal inilah maka Anda dapat mencobanya dengan mendiamkannya terlebih dahulu pada meteran di beberapa detik jika sudah maka Anda dapat memindahkan posisi MCB pada posisi on.
  2. MCB Kembali OFF
    Apabila Anda sudah memindahkan dari posisi MCB ke posisi on akan tetap kembali pada posisi off maka Anda dapat melepaskan seluruh beban listrik yang ada di rumah atau mematikan beberapa perangkat elektronik yang tersambung pada saklar. Jika sudah maka Anda dapat memindahkan MCB pada posisi on. Gunakan token listrik rahasia supaya Anda bisa mengetahui jumlah meteran listrik token yang ada di rumah apakah kelebihan beban ataupun tidak.
  3. Pulsa Listrik Habis
    Jika token listrik mati disebabkan karena pulsa listrik Anda habis, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengisian pulsa. Sehingga Anda harus melakukan pembelian pulsa listrik. Untuk bisa menyalakan meteran listrik prabayar ketika Anda sudah melakukan pembelian, maka untuk kode token harus segera dimasukkan pada token listrik. Jangan sampai Anda mengalami kegagalan ketika memasukkan kode token tersebut.

Seseorang bisa saja lupa untuk mengisi token listrik karena harus menabung terlebih dahulu untuk bisa membeli pulsa listrik prabayar. Namun, cara ini bisa saja membuat diri Anda lupa untuk tidak mengisi token listrik, sehingga membuat meteran listrik menjadi mati.

 

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda mencari tempat pembelian token listrik yang murah. Salah satunya yaitu seperti GrabKios. Ada banyak promo harga token listrik yang murah supaya membantu Anda ketika melakukan pembelian token listrik prabayar.

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!