15Feb

Inilah Informasi Cara Transfer Uang Dalam Jumlah Besar

Cara transfer uang dalam jumlah besar bisa dilakukan dengan berbagai cara, karena di zaman digital ini segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Untuk melakukan transfer uang tidak harus melalui ATM, karena masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Terlebih lagi jika Anda ingin mentransfer dalam jumlah uang yang besar, maka Anda harus lebih berhati-hati.

Melakukan transfer juga bisa dilakukan melalui minimarket yang ada di sekitar, sehingga Anda tidak perlu datang ke bank atau bahkan pergi ke ATM untuk melakukan transfer. Selain itu Anda pun juga bisa melakukan transfer uang ke luar negeri dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi Anda harus memperhatikan bagaimana tata cara mentransfer uang yang baik dan benar, terutama dalam jumlah yang besar.

Cara Transfer Uang
Melakukan transfer uang ada dua cara yang bisa dilakukan. Selain menggunakan ATM, kedua cara berikut dianggap jauh lebih mudah dan efektif, karena Anda tidak harus pergi ke ATM dan mengantri atau bahkan Anda berada dalam wilayah yang jauh dari ATM. Berikut ini 2 cara transfer uang yang bisa Anda lakukan:

  1. LLG (Lalu Lintas Giro) atau Kliring
    Tata cara melakukan transfer uang melalui kliring ini bisa dilakukan dengan transfer antar bank. Sementara untuk proses transfer ini bisa dilakukan dengan cara melalui internet banking, mobile banking, bahkan sampai dengan teller bank. Kliring ini menjadi mekanisme dalam pembayaran, yang mana untuk Kliling ini mewajibkan bank supaya melakukan proses cleaning terlebih dahulu.Lebih tepatnya lagi metode kliring ini akan melakukan tindakan pemeriksaan pada jumlah saldo rekening yang nantinya akan ditransfer, apakah sudah cukup ataupun tidak. Untuk prosedur dari transfer kliring dari pengiriman dana hingga ke rekening penerima akan memakan waktu kurang lebihnya selama 2 sampai 3 hari ini jam kerja.Untuk proses pengiriman ini memang akan memakan banyak waktu, hal ini dikarenakan untuk bank pihak pengirim juga harus melakukan pengiriman di Bank Indonesia terlebih dahulu, setelah uang sampai ke Bank Indonesia, maka pihak BI akan mengirimkan ke bank penerima. Dengan hal ini maka uang yang Anda kirimkan tersebut tidak akan langsung dikirim. Akan tetapi akan melewati mekanisme dari bank to bank.

    Proses yang lama tersebut disebabkan karena untuk proses kliring ini akan dilakukan sesuai jadwal dari masing-masing bank. Dengan melakukan transfer kliring inilah yang dianggap kurang tepat, karena prosesnya yang tidak fleksibel. Jika Anda terburu-buru ingin melakukan transfer karena uangnya segera dipakai, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan metode kliring, karena metode ini membutuhkan kesabaran.

    Meskipun dianggap kurang fleksibel, akan tetapi untuk metode kliring ini memiliki kelebihan, yaitu jumlah biaya transfer yang jauh lebih murah, yaitu hanya Rp 5000 saja. Sementara untuk proses transfer bisa dilakukan sampai dengan Rp 99.999.999 per hari.

  2. RTGS Atau Real Time Gross Settlement
    Pada saat menggunakan transfer RTGS, maka untuk proses transfer akan bisa dikirimkan secara langsung pada bagian rekening tujuan. Akan tetapi untuk uang tersebut tidak akan terkirim pada saat itu juga, karena akan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 jam. Hal ini dikarenakan metode RTGS ini harus melalui tahap proses pengecekan.Sebaiknya Anda memperhatikan dari segi jam pengiriman, karena hal ini juga berpengaruh terhadap uang yang akan Anda transfer tersebut. Sebaiknya Anda tidak melakukan transfer menjelang bank tutup misalnya pada jam 15.00, karena jam tersebut akan tutup, sehingga untuk uang yang ditransfer akan sampai di hari berikutnya.Akan tetapi jika Anda beruntung, uang yang Anda transfer tersebut dapat saja sampai ke rekening tujuan lebih awal atau lebih cepat. Ada beberapa momen dimana pengiriman rekening akan sampai selang dari 1 hari kerja, yaitu pada setiap tanggal 30 dan tanggal 31. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut bank melakukan tutup buku.

Cara transfer uang dalam jumlah besar mandiri melalui RTGS ini bisa dijadikan sebagai solusi. Bagi Anda yang ingin melakukan transfer bisnis pada jumlah yang lebih besar, misalnya saja melakukan pengiriman di atas Rp 100 juta. Melalui metode transfer ini maka Anda pun tidak perlu ribet melakukan tarik tunai supaya bisa melakukan transfer uang pada rekening lain. Namun sayangnya untuk RTGS ini mempunyai biaya transfer yang lebih mahal, yaitu kisaran Rp25.000 sampai dengan Rp30.000 setiap kali transaksi.

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri dalam Jumlah Besar

Selain menggunakan 2 metode di atas, masih ada cara lain yang bisa dilakukan pada saat Anda melakukan transfer uang ke luar negeri dalam jumlah yang lebih besar. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan transfernya, silahkan simak penjelasan berikut:

  1. Transfer Kawat
    Proses transfer kawat ini dimulai dengan cara melalui petugas bank terlebih dahulu, kemudian melakukan pengisian formulir sesuai yang diperlukan untuk memenuhi syarat pengiriman uang. Melalui cara ini, maka untuk proses transfer bisa dilakukan secara langsung. Transfer kawat ditetapkan biaya administrasi yang wajib dibayarkan dan untuk proses ini pun juga sangat aman karena terdapat perlindungan, sehingga tidak akan terjadi kesalahan mengenai biaya administrasi.
  2. Transfer Bank to Bank
    Untuk transfer bank to bank ini memang banyak orang yang menggunakan, yaitu dengan mengambil uang secara langsung melalui rekening, kemudian mengirimkannya ke bagian rekening bank penerima. Metode transfer ini bisa diatur secara online yaitu dengan melalui telepon atau bisa juga melalui pihak penerima supaya bisa langsung mengunjungi bank.Proses transaksi ini membutuhkan biaya administrasi yang berbeda-beda karena tergantung setiap masing-masing bank. Sementara biaya administrasi tersebut tergantung pada nomor rekening intuisi maupun perutean pada kedua bank pengirim maupun penerima.

    Untuk nasabah yang melakukan pengiriman uang pada jumlah yang lebih sedikit maka beberapa pihak bank memberikan penawaran menggunakan program remittance secara khusus. Bagi Anda yang ingin menggunakan metode transfer ini sebaiknya memperhatikan dari segi nilai tukar mata uang, karena meskipun gratis, intuisi bisa menghasilkan uang pada biaya transaksi yang telah disebarkan.

  3. Kartu Debit Prabayar
    Menggunakan kartu debit prabayar juga bisa dilakukan bagi Anda yang ingin melakukan transfer uang ke luar negeri dalam jumlah yang cukup banyak. Melalui metode ini maka pihak pengirim tidak perlu menggunakan kartu debit prabayar pada dana tunai, karena penerima dana bisa langsung menarik kembali menggunakan kartu debit prabayar yang dimilikinya.Untuk kartu debit prabayar itu sendiri bisa digunakan dalam melakukan pembelian. Akan tetapi secara umum terdapat biaya aktivasi dan biaya bulanan. Dengan melalui kartu debit prabayar ini, maka proses transfer uang bisa berjalan dengan mudah, cepat dan yang pasti untuk keamanan tetap terjaga dengan baik.

Melakukan transfer secara online sekarang ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat praktis dan simple. Terlebih lagi dengan kehadiran Grabkios, selaku aplikasi yang telah ada sejak pada tahun 2014. Bagi siapapun yang menggunakan aplikasi Grabkios ini, maka segala kemudahan dan keuntungan bisa didapatkan, karena Grabkios kerap memberikan promo-promo menarik dan komisi kepada para mitra yang menggunakan Grabkios.