02Mar

Dorong Kesetaraan di Hari Disabilitas Internasional

Buat yang belum tahu, tanggal 3 Desember adalah tanggal yang ditetapkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada tahun 1992 sebagai Hari Disabilitas Internasional, lho!

Dengan ditetapkannya Hari Disabilitas Internasional, artinya kita semua harus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan penilaian negatif terhadap penyandang disabilitas, dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel.

Dalam artikel yang dibuat Tempo, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono mengatakan pemerintah mengangkat tema Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember. Untuk mewujudkan tema itu, Anung menjabarkan berbagai upaya yang sedang dilakukan.

Salah satunya adalah penyusunan dan peluncuran Peta Jalan Sistem Layanan Kesehatan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas 2020-2024. Tujuannya, mewujudkan sistem dan layanan kesehatan yang mudah diakses, menyeluruh, terjangkau, berkualitas, menghargai martabat, serta memberdayakan penyandang disabilitas. Selain itu, Kementerian Kesehatan Indonesia akan meningkatkan akses bagi penyandang disabilitas dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu.

Karena tak ada manusia yang sempurna, setiap kelebihan pasti ada kekurangan dan setiap kekurangan pasti ada kelebihan. Selamat Hari Disabilitas Internasional! Tetap semangat dan jangan jadikan keterbatasan sebagai halangan ya!