23Jul

Grabbike Cibubur Bisa Mendaftar Langsung Setiap Hari

Di jaman yang modern seperti saat ini, semakin hari kebutuhan memang semakin bertambah. Bahkan, gaji seorang karyawan kantor tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang mencari kerja sampingan untuk memenuhi kebutuhannya. Dari sekian banyak pekerjaan sampingan yang ada, grabbike menjadi pilihan yang terbaik. Menjadi pengemudi transportasi online memang sangat mudah dilakukan dan kini banyak diminati oleh banyak orang.

Jika anda tertarik untuk menjadi pengemudi grabbike, ada beberapa persyaratan yang harus anda lengkapi. Selain itu, Anda juga harus mengetahui proses pendaftaran yang akan dilakukan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai kedua hal tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Persyaratan Umum dan Dokumen Menjadi Grabbike

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menjadi pengemudi grab memang sangat mudah namun bukan berarti tanpa membutuhkan persiapan apapun. Untuk mendaftar sebagai pengemudi grab ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan mulai dari persyaratan umum hingga dokumen yang harus dilengkapi. Jika persyaratan umum dan dokumen ini sudah dilengkapi proses pendaftaran akan semakin mudah. Berikut ini adalah persyaratan persyaratan yang harus dilengkapi :

  • Warga negara indonesia
  • Minimal berusia 22 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani dengan dibuktikan surat keterangan sehat
  • Memiliki gmail
  • Memiliki kendaraan bermotor yang sesuai dengan ketentuan dari grup
  • Hafal area tempat beroperasi
  • Mengikuti proses seleksi dan pelatihan hingga selesai
  • Kartu tanda penduduk yang masih berlaku baik berupa ktp asli dan fotokopi
  • Memiliki keterangan domisili untuk pemilik ktp luar kota atau tidak sesuai dengan area yang beroperasi
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Memiliki riwayat kesehatan yang baik dengan dibuktikan surat keterangan kesehatan dari dokter namun persyaratan ini hanya berlaku untuk calon pengemudi yang sudah berusia 50 tahun lebih
  • Memiliki skck

Persyaratan kendaraan

Persyaratan umum mengenai kendaraan ini yaitu motor memiliki mesin yang masih berfungsi dengan baik dan bisa memberikan kenyamanan untuk setiap penumpangnya. Persyaratan kendaraan ini memang sangat penting jika dibandingkan dengan persyaratan dokumen lainnya. Pasalnya, kendaraan inilah yang nantinya akan membonceng penumpang, sehingga keselamatan dan kenyamanan penumpang adalah yang nomor satu.

Namun jika anda ingin mendaftar sebagai pengemudi grabcar, kendaraan yang harus digunakan persyaratannya lebih ketat lagi. Karena mobil tersebut maksimal berusia 5 tahun dan diutamakan berjenis MPV dan family car.

Cara Mendaftar Grabbike Offline

Untuk mendaftar sebagai pengemudi grab, Anda bisa melakukannya secara offline. Caranya sangat mudah yaitu dengan mendatangi langsung ke kantor cabang grab untuk mendapatkan formulir pendaftaran. Langsung baik jadi si formulir pendaftaran dan serahkan kembali ke kantor cabang grab. Untuk pendaftar pengemudi grabbike, bisa juga mendapatkan formulir dari situs resmi grab. Setelah itu, formulir tersebut bisa diserahkan kembali ke kantor cabang grab beserta persyaratan dokumen lainnya.

 

Proses Pendaftaran

Setelah mengetahui apa saja persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi, anda juga perlu mengetahui bagaimana proses pendaftaran yang akan dilakukan. Dengan mengetahui proses pendaftaran jauh-jauh hari, anda bisa menyiapkan berbagai hal. Agar tidak terlalu mengantri, alangkah baiknya jika anda datang lebih pagi. Langsung saja berikut ini proses pendataran:

  • Registrasi

Proses pendaftaran yang pertama yaitu registrasi. Bagi anda yang mendaftar secara online, pendaftaran ini tidak perlu lagi dilakukan. Namun, agar tidak terjadi kesalahpahaman alangkah baiknya jika anda tetap menghadap ke bagian pendaftaran untuk melengkapi formulir pendaftaran berupa data diri dan kelengkapan dokumen lainnya.

Jika proses pendaftaran ini sudah dilakukan, selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengumpulkan formulir yang telah diisi dan semua persyaratan yang telah ditentukan. Selain itu, ada juga proses sesi foto untuk profil yang akan digunakan ketika mengemudi nantinya. Pada proses pendaftaran ini juga akan dilakukan pendaftaran nomor dan email yang akan digunakan untuk akun anda.

  • Cek fisik kendaraan

Setelah melakukan pendaftaran dan mengisi formulir, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu cek fisik kendaraan yang akan digunakan. Agar proses cek fisik kendaraan ini bisa semakin mudah, pastikan motor yang anda gunakan dalam keadaan sehat tidak ada kendala apapun. Baik itu starter, lampu rem dan lain sebagainya.

Layaknya kendaraan juga dilihat dari body motor tersebut. Yang jelas body motor yang bisa digunakan untuk pengemudi grab itu masih standar pengeluaran pabrik. Dengan kata lain tidak dimodifikasi atau diganti.

  • Tes safety riding

Pada proses pendaftaran yang ketiga yaitu tes safety riding. Pada proses pendaftaran ini, harus dilakukan dengan berboncengan. Maka dari itu sebelum datang ke tempat pendaftaran alangkah baiknya anda membawa satu teman. Agar proses pendaftaran semakin lancar, pastikan semua perlengkapan yang telah ditentukan sudah terpenuhi. Mulai dari helm, jaket dan sarung tangan. Jika salah satu persyaratan tersebut tidak terpenuhi, maka safety riding tidak akan bisa dilakukan. Dalam melakukan tes safety riding ini, terdapat dua kesempatan. Jika kedua-duanya gagal, maka anda tidak lolos dan uang top up  yang anda bayar dianggap hangus. 

Safety riding ini sebenarnya tidak terlalu sulit, karena proses yang dilakukan tidak jauh berbeda dalam pembuatan SIM. Bagi yang  sudah memiliki SIM, tentu saja hal ini tidak akan menjadi masalah. Pendaftaran di daerah cibubur ini memiliki wilayah luas, sehingga sebelum melakukan tes, Anda bisa latihan terlebih dahulu.

  • Aktifasi

Proses yang selanjutnya yaitu aktivasi aplikasi grab. Agar proses aktivasi ini bisa berjalan lebih cepat dan lancar, alangkah baiknya sebelum nya anda sudah menginstal aplikasi grab driver di smartphone. Proses aktivasi ini hanya membutuhkan beberapa menit saja, sehingga tidak terlalu lama. Namun yang menjadi lama adalah antrian yang panjang.

  • Training

Setelah proses aktivasi selesai, anda akan menuju ke bagian training atau pelatihan. Pada proses ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara menggunakan aplikasi grab driver dan beberapa hal penting lainnya seperti apa saja yang tidak boleh dilakukan dan apa saja yang boleh dilakukan.

Agar nantinya ketika sudah mulai bekerja tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ketika training harap diperhatikan dengan benar. Selain itu, pada akhir training ini juga akan dilakukan tes sesuai dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya.

  • Pembagian atribut jaket dan helm

Setelah semua proses telah dilalui dan anda berhasil lolos, anda akan berada di tahap akhir yaitu pembagian atribut jaket dan helm. Atribut ini tentu saja tidak gratis. Anda harus membayar dengan cara dicicil setiap bulannya.

Itulah ulasan mengenai persyaratan menjadi grabbike, cara mendaftar hingga proses pendaftaran. Agar lebih mudah lagi mendaftar grabbike, Anda bisa menggunakan aplikasi GrabKios. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan menarik seperti pulsa listrik, pembayaran tagihan, belanja online dan lain sebagainya. Maka dari itu, bergabung dengan GrabKios sekarang juga.

Artikel Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *