Bisnis Makanan Murah secara Waralaba
23Jul

Isi Warung Sembako Lengkap dengan Berbagai Kebutuhan Pokok

Siapa yang tidak mengenal dengan toko sembako? Toko atau warung sembako ini dulunya sangat ramai dikunjungi oleh para pelanggan, tentu saja untuk membeli makanan-makanan pokok. Sembako adalah sembilan bahan pokok, yang terdiri atas beras, sayur dan buah, gula, ayam dan ikan, daging, minyak goreng, telur, susu, minyak tanah atau gas, dan garam.

Seiring berjalannya waktu, peminat warung sembako mulai berkurang akibat munculnya franchise seperti Alfamart, Indomaret, Transmart dan swalayan berjenis sama lainnya di Indonesia. Mereka menawarkan hal-hal yang tidak dapat diberikan oleh warung sembako, seperti misalnya kenyamanan ekstra dalam berbelanja, sistem keranjang troli dan lainnya.

Namun jangan pesimis dulu, meskipun peminatnya berkurang, tapi tetap saja pelanggan dari warung sembako ini membludak. Alasan utamanya adalah terletak pada masalah harga. Memang toko swalayan ala franchise menawarkan kenyamanan dan beragam fasilitas, namun harga mereka bisa dibilang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan warung sembako.

Apabila Anda berencana untuk membuka warung sembako, Anda tidak perlu takut rugi karena sembako akan selalu tetap dicari oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun tentu saja, Anda harus mempersiapkan segalanya terlebih dahulu.

Daftar Barang yang Wajib Ada di Warung Sembako

Hal paling dasar yang harus Anda rencanakan adalah mencatat apa saja barang yang harus Anda jual. Warung sembako memiliki karakteristik, yaitu tentu saja dengan menjual sembako. Namun Anda tidak harus menjual sembako saja, melainkan produk-produk lain yang sekiranya ada kaitannya dengan sembako.

Nah, barang-barang apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum membuka warung sembako? Berikut ini kami akan menuliskan daftar barang warung sembako yang bisa Anda jadikan referensi untuk warung Anda.

  • Beras

Beras adalah kebutuhan paling pokok sebagian besar masyarakat Indonesia yang masuk dalam daftar barang warung sembako. Berbagai macam variasi olahan nasi untuk makanan sehari-hari. Nasi dapat disandingkan dengan berbagai macam lauk-pauk dan sayuran. 

  • Jagung

Jagung adalah salah satu alternatif makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Kebutuhan jagung nasional mencapai 1,5 juta ton per bulan. Jagung dapat juga berfungsi sebagai makanan camilan di beberapa daerah di Indonesia.

  • Sayur-sayuran

Sayuran berbentuk daun dan kacang-kacangan sangat melimpah dan lebih banyak dijumpai dibandingkan sayur jenis lain. Sayur-sayuran daun dan kacang-kacangan diantaranya kangkung, sawi, bayam, buncis, kacang panjang, kacang kapri, lamtoro, kecipir, dan masih banyak lainnya.

  • Gula pasir

Gula pasir adalah daftar barang warung sembako yang diperlukan bagi segala jenis masakan dan minuman. Gula pasir selalu ada di tiap dapur keluarga sebagai campuran segala jenis makanan dan minuman.

  • Bumbu dapur

Bumbu dapur dapat dimasukkan sebagai jualan paling laku di antara kebutuhan sembako lainnya. Peran bumbu dapur sangatlah penting bagi masyarakat seperti cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kemiri, pala dan masih banyak lainnya.

  • Sayur-sayuran berjenis buah

Sayuran berjenis buah termasuk sayuran yang keberadaannya melimpah seperti sayuran berbentuk daun, misalnya mentimun, tomat, wortel, jengkol, petai, dan melinjo. Kebutuhan akan sayuran berbentuk buah sangat tinggi mengingat sayuran ini juga pendamping masakan bagi sayuran daun atau kacang-kacangan.

  • Sayur-sayuran berbentuk umbi-umbian

Sayur-sayuran dari umbi-umbian dikenal sebagai jenis tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sayuran berbentuk umbian mempunyai dua fungsi sebagai pemberi asupan air dan karbohidrat bagi tubuh, contohnya adalah kentang.

  • Tepung

Tepung merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus ada di sebuah dapur. Ada banyak jenis tepung yang biasa diperjualbelikan diantaranya tepung terigu, tepung gandung, tepung beras, tepung tapioka dan masih banyak lainnya.

  • Daging ayam

Daging ayam merupakan makanan pemberi asupan protein hewani. Daging ayam sangat umum dibeli dan dikonsumsi sebagai wujud lauk-pauk pelengkap nasi.

  • Daging sapi

Pilihan kedua masyarakat jika ingin mengkonsumsi daging selain ayam adalah daging sapi. Kandungan proteinnya lebih tinggi daripada daging ayam. Meskipun jenis masakan dengan berbahan daging sapi lebih terbatas daripada daging ayam, daging sapi tetap menjadi pilihan pertama daripada daging kambing.

  • Daging ikan

Daging ikan adalah salah satu daging favorit masyarakat untuk jenis makanan laut. Kandungan proteinnya tinggi dan rendah lemak menjadi pilihan masyarakat untuk mengkonsumsi daging ikan untuk pengganti daging merah seperti daging sapi.

  • Buah-buahan

Buah dianjurkan rutin untuk dikonsumsi karena buah berfungsi meningkatkan energi dan sumber vitamin dan mineral. Banyak orang menyandingkan buah sebagai penyempurna 4 sehat lima sempurna sehingga buah layak untuk masuk dalam daftar barang warung sembako. Contohnya seperti buah jeruk, apel, dan anggur.

  • Minyak goreng

Jangan lupa cantumkan minyak goreng di daftar barang warung sembako karena hampir sebagian besar masakan Indonesia diolah dengan minyak goreng. Tidak cuma lauk pauk yang digoreng, bahkan mengolah sayurpun dibutuhkan minyak goreng untuk menumis bumbu.

  • Margarin

Margarin menjadi pilihan masyarakat mengolah makanan sebagai pengganti minyak goreng. Alasannya sangat sederhana yaitu menjaga pola hidup sehat sehingga margarin wajib tersedia di dapur. Kandungan kalori dan lemak jenuh lebih rendah di margarin daripada minyak goreng sehingga banyak diminati masyarakat.

  • Elpiji

Di kota-kota besar, sebagian besar masyarakatnya beralih memasak menggunakan bahan bakar elpiji daripada minyak tanah. Bayangkan hampir tiap hari masyarakat memasak menggunakan bahan bakar elpiji untuk memasak air, sayuran, gorengan.

  • Garam beryodium

Masakan akan terasa hambar jika tanpa garam. Dan memasak hampir dilakukan tiap hari sehingga garam haruslah masuk dalam daftar barang warung sembako. Garam juga digunakan sebagai bumbu dalam pembuatan kue dan roti agar terasa gurih.

Jual Sembako Anda melalui GrabKios

Itulah tadi daftar barang-barang yang sekiranya harus ada di warung sembako Anda nantinya. Anda perlu mempersiapkan baik-baik dan surveilah berbagai macam merk yang memiliki kualitas bagus namun dengan harga yang tetap terjangkau.

Cara lain untuk memasarkan jualan sembako Anda adalah dengan mendaftarkan diri di GrabKios. GrabKios adalah sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk berjualan produk dan jasa di sana, dan mempertemukan Anda dengan jutaan pelanggan GrabKios di seluruh Indonesia. Bisa dibayangkan berapa banyaknya orang yang akan mengunjungi toko Anda!

GrabKios bekerja sama dengan banyak sekali produsen-produsen yang memiliki barang berkualitas. Jadi jangan khawatir akan kualitas barang dan tentunya harganya yang ramah di kantong. Produk-produk sembako bisa Anda jual di GrabKios dan nikmati komisi yang dapat Anda terima apabila Anda sukses menjualnya.

GrabKios sudah berdiri sejak tahun 2014 dan terus mengembangkan inovasi serta kualitas pelayanan antar penjual maupun pembeli. Hingga sampai saat ini, GrabKios telah membimbing ribuan pebisnis yang sukses dalam bidang jual beli. Apakah Anda bakal menjadi salah satunya? Jawaban untuk pertanyaan tersebut sekarang ada di tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *