Bisnis Makanan Murah secara Waralaba
23Jul

Isi Warung Sembako Lengkap dengan Berbagai Kebutuhan Pokok

Isi warung sembako menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan usahanya. Biasanya pemilik warung merasa galau saat hendak menentukan mana yang lebih penting antara melengkapi varian stok atau memperbanyak stok barang tertentu saja. Nah buat Kamu yang saat ini sedang gelisah karena warungmu tak kunjung berkembang, coba deh baca artikel kali ini. Siapa tahu ada angin segar buat warungmu biar bisa lebih eksist di peta.

Warung Sembako 

Warung sembako atau yang oleh masyarakat Indonesia juga dikenal sebagai toko kelontong memang memiliki jumlah yang sangat banyak dan tersebar mulai dari daerah perkotaan hongga pelosok desa. Jenis toko yang juga bisa disebut sebagai minimarket atau convenience store (bahasa Inggris) ini menjual beraneka barang kebutuhan sehari-hari masyarakat di sekitarnya.

Toko sembako alias toko kelontong ini dapat dijumpai hampir di mana saja mulai dari gang kecil, perumahan, perkantoran, jalanan ramai, bandara, stasiun, SPBU dan lainnya. Toko kelontong di Indonesia terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu toko kelontong konvensional yang cenderung berupa warung di rumah dan toko kelontong modern.

Pentingnya Dagangan yang Lengkap bagi Warung Sembako 

Mungkin diantara Kamu ada yang belum kepikiran apa hubungan antara jumlah barang dan variasinya? Pada dasarnya, pilihan ini akan sangat berhubungan dengan pengelolaan alokasi modal. Mengingat biasanya warung sembako ini memiliki modal terbatas, maka pemilik warung harus selektif dalam memilih barang dagangan. 

Hal ini agar isi warung sembako menjadi semakin lengkap. Isi warung sembako lengkap akan membuat peluang terjadinya penjualan makin tinggi. Konsumen biasanya tertarik untuk membeli barang yang mungkin dibutuhkan nanti, atau berbelanja beberapa barang di satu tempat sekaligus.

Isi warung sembako sederhana yang lengkap cenderung lebih laris daripada yang memiliki barang dagangan tertentu saja dalam jumlah banyak. Dengan begitu, Kamu yang memiliki warung dengan jumlah modal terbatas sebaiknya lebih mengutamakan diversifikasi dagangan daripada menyediakan stok barang tertentu dalam jumlah banyak.

Jenis Barang untuk Dijual di Toko Kelontong

Nah untuk dapat memenangkan persaingan atau sekedar memiliki peluang penjualan lebih tinggi, Kamu pun harus melengkapi barang dagangan di warungmu. Barang-barang yang bisa Kamu pertimbangkan agar isi warung kelontong komplit diantaranya;

Sembako (Sembilan Bahan Pokok)

Ya namanya juga toko sembako, jadi ya wajar jika barang yang harus ada adalah sembilan bahan pokok yang paling dibutuhkan masyarakat sehari-hari. Sembako sendiri sudah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Perdagangan no. 27/2017 yaitu beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, daging sapi, daging ayam dan telur ayam.

Seperti yang sudah dibahas di atas, alangkah baiknya jika tokomu memiliki bahan-bahan tersebut secara lengkap. Tidak masalah jika stok yang Kamu sediakan terbatas. Siapa tahu saat belanja beras, tetanggamu terpikir untuk membeli telur dan minyak sekaligus.

Alat Tulis

Alat tulis juga perlu Kamu masukkan daftar barang dagangan mengingat kebutuhan ini tak hanya dimiliki oleh para pelajar saja. Setiap rumah biasanya akan selalu memiliki alat tulis terlebih mereka yang memiliki anak sekolah dan pekerja kantoran. Bahkan kebutuhan alat seperti ini bisa sangat memusingkan dalam kondisi mendesak.

Pikirkan untuk menyediakan beberapa barang seperti buku tulis, buku gambar, kertas folio, kertas HVS, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, amplop, map, gunting, lakban, kertas kado dan sebagainya. Tempatkan dalam etalase dan susun dengan rapi agar mudah terlihat. 

Perlengkapan Mandi dan Cuci

Kebersihan juga menjadi kebutuhan setiap rumah tangga. Maka dari itu, tak ada salahnya Kamu menyediakan perlengkapan manci dan cuci di warungmu. Sediakan aneka peralatan mandi meliputi sabun mandi, sabun muka, sampo, kondisioner, pasta gigi dan sikat gigi. Sementara peralatan cuci, Kamu bisa menawarkan sabun cuci piring, sabun cuci baju hingga pewangi pakaian.

Makanan Ringan dan Instant

Apabila lokasi warungmu berada di dekat sekolah, pajang pula aneka jajanan dengan rentang harga yang bervariasi. Kamu bisa saja memilih jajanan murah, namun tetap pastikan keamanan jajanan tersebut bagi kesehatan anak yang memakannya. Sediakan jajan seperti permen, biskuit, wafer, coklat atau jajanan yang kamu buat sendiri.

Makanan instant juga layak untuk dipertimbangkan mengingat makanan ini juga sering diandalkan masyarakat dalam situasi tertentu. Pilih mie instant dengan rasa yang cenderung disukai konsumen misalnya mie goreng, mie kuah aneka rasa. Lengkapi rak makanan instant tersebut bersama bumbu masak, tepung bumbu dan sebagainya. Pastikan pula Kamu sudah memeriksa tanggal kadaluarsa pada aneka produk tersebut.

Minuman 

Selain makanan ringan, Kamu juga bisa menyediakan minuman di warungmu. Macam produk yang ada di jenis ini juga cukup banyak, mulai dari teh seduh kemasan sachet, teh dalam kemasan gelas dan aneka varian prouk minuman instan lain. Air mineral dalam kemasan (AMDK) juga sudah menjadi salah satu barang dagangan wajib dimana satuan jualnya bisa berupa gelasan, aneka ukuran botol hingga kemasan galon.  

Perlengkapan Rumah Tangga

Ternyata barang-barang perlengkapan rumah tangga juga cukup menjanjikan jika disediakan di warung. Misalnnya saat seseorang sedang belanja beras, ia teringat bahwa sapu di rumahnya sudah mulai usang. Akhirnya ia pun untuk sekalian membeli sebuah sapu di warung daripada harus jauh-jauh pergi ke pasar. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Kamu menyediakan dan memajang barang seperti sapu ijuk, sapu lidi, ember, pel dan sebagainya entah dengan menaruhnya di lantai atau menggantungnya. 

Obat 

Tidak perlu selengkap di toko obat, Kamu bisa mempertimbangkan obat-obatan ringan yang sering dibutuhkan rumah tangga misalnya minyak angin, minyak kayu putih, obat demam, obat batuk, obat sakit kepala, obat flu, obat merah, koyo, salep atau bedak gatal dan lainnya. Pastikan obat yang Kamu jual adalah obat bebas dan bisa menjadi solusi berbagai masalah kesehatan ringan rumah tangga pada umumnya.

Kebutuhan Bayi

Selain obat ringan. Jika di lingkungan sekitarmu terdapat anak-anak atau bayi dalam jumlah yang cukup banyak, maka sediakan pula aneka barang kebutuhan bayi. Kamu bisa mempertimbangkan popok, perlengkapan mandi bayi seperti sampo dan sabun bayi, bedak bayi dan minyak telon.

Bensin dan Gas LPG

Bahan bakar juga bisa menjadi opsi untuk macam-macam isi warung sembako Kamu. Pastikan warungmu memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk barang-barang semacam ini. Pastikan tempat yang disediakan juga jauh dari jangkauan anak-anak. 

Lain-Lain

Kategori barang yang satu ini bisa berbeda-beda dari satu warung dengan warung lainnya. Ini karena untuk memilih item yang akan dijual akan sangat bergantung pada permintaan konsumen di sekitar. Misalnya saat ada seorang pelanggan yang menanyakan tali rafia yang di warungmu, barang tersebut memang belum tersedia. Kamu pun bisa mempertimbangkan apakah rafia tersebut perlu disediakan ataukah tidak.  

Bagaimana Cara mendapatkan Barang Grosir yang Mudah? 

Salah satu pertanyaan yang muncul setelah membaca daftar isi warung kelontong lengkap di atas adalah dimana kamu bisa mendapatkan berbagai  macam macam isi warung sembako secara praktis? Ini adalah pertanyaan yang bagus, menandakan bahwa pola pikirmu sudah tepat. Nah, salah satu cara yang sedang dijalankan oleh GrabKios untuk lebih memberdayakan warung adalah dengan cara memberikan akses mudah yang lebih luas kepada warung sembako. 

Dengan menjadi mitra GrabKios, pemilik warung bisa memesan aneka barang dagangan cukup dari aplikasi. Jadi tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi toko grosir untuk mendapatkan aneka barang isi warung. Cukup dari rumah, menggunakan HP berinternet, Kamu sudah bisa memilih barang dagangan tanpa harus menutup warung untuk belanja grosir.

Selain lebih praktis, ada beberapa keuntungan lain yang juga bisa Kamu rasakan sebagai pemilik warung. Keuntungan yang dimaksud antara lain harga barang yang tetap kompetitif, barang belanjaan diantarkan langsung ke alamat pemilik warung tanpa biaya kirim. Selain itu, pemilik warung juga bisa menggunakan pilihan pembayaran Cash-on-Delivery (COD) yang tentunya akan lebih memudahkan operasional warung.

Bagaimana, sudah ada gambaran tentang bagaimana mengembangkan warungmu agar lebih laris? Kalau sudah memiliki gambaran, jangan ragu untuk mengambil peluang sebelum warung lain di dekatmu maju lebih dulu. Coba lihat juga, apakah warungmu sudah memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dengan memuaskan atau belum. 

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!