06Mar

Jajanan jadul yang unik dan langka di zaman now 

Masih inget gak? Jajanan kamu dulu waktu masih kecil?
Masa kecil memang banyak memberikan kenangan, salah satunya jajanan yang biasa kita beli setelah pulang sekolah. Jajanan zaman dulu emangunik dan memiliki rasa khas yang selalu akan kita ingat sampai dewasa.
Seiring dengan perkembangan zaman, cemilan-cemilan ini sudah mulai sulit untuk didapatkan. Yang ada sekarang adalah jajanan kekinian seperti sosis bakar dan minuman bobba yang kini banyak dikonsumsi anak-anak zaman now

Nah! Kini saatnya kamu untuk bernostalgia. Apa kamu masih ingat jajanan jadul yang unik dan khas berikut ini? 

  • Es Kue 

Bentuknya pipih, terdiri atas 2 atau 3 lapis warna. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis emang bikin nagih. Rahasia kelembutannya berasal dari adonan tepung hunkwe, santan dan gula. Pastikan kamu beli saat ketemu penjualnya, karena jajanan ini langka banget! 

  •  Es Serut 

Es yang satu ini juga gak kalah enaknya. Cara buatnya sangat sederhana. Cukup dengan menyerut batok es lalu dicetak menggunakan tutup gelas dan dituang sirup manis. Es serut ini enaknya dimakan pas siang bolong. Segerrr….! 

  •  Es Potong / Es Unyil 

Es potong kini udah mulai tren lagi lho! Kita bisa temui penjual es ini di jalan atau mall. Es potong memiliki banyak pilihan rasa seperti: coklat, stroberi, kacang hijau, bahkan sampai durian. Yang menjadi ciri khasnya adalah bungkus es yang digunakan biasanya ada gambar si unyil. Makanya es potong ini juga seringkali disebut es unyil. 

  • Gulali 

Gulali sangat diminati karena bentuknya yang unik. Terbuat dari adonan gula kental yang diberi pewarna membuat gulali sangat disukai anak-anak. Bentuknya pun cukup beragam seperti dot bayi, ayam jago, kupu kupu, bunga, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya kini penjualnya sudah cukup langka. Mungkin karena untuk membentuk gulali dibutuhkan keahlian khusus .  

  • Arum manis / Rambut Nenek 

Jajanan ini memiliki bentuk yang aneh tapi rasanya enak dan khas. Terbuat dari gula yang dipanaskan lalu diputar agar terbentuk serat-serat seperti rambut. Ada kenikmatan tersendiri saat melihat proses pembuatannya. Arum manis juga sering disebut rambut nenek, mungkin karena bentuknya seperti rambut berwarna putih yang kusut. 

Walaupun sebagian jajanan di atas sudah mulai langka, tapi kamu masih bisa menemukannya di daerah pemukiman atau di kampung.
Hmmm… kira-kira jananan mana yang menjadi favoritmu? 

 

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!