26Feb

Kata Siapa Mamah Muda Gak Bisa Jualan? Simak Ide Bisnis Online di sini!

Zaman sekarang, peluang bisnis bisa dari mana aja! Malahan, sekarang lagi menjamur banget berbagai bisnis online. Nah, bisnis online iniĀ cucok meyongĀ banget buat mamah-mamah muda kreatif yang ingin punya bisnis sampingan. Lumayan banget kan, urusan rumah kepegang, uang di kantong juga nambah! Yuk deh langsung cekidot ide bisnis online di bawah ini:

 

1. Membuat konten berbayar

Punya hobi nulis? Kamu bisa loh ā€˜menjualā€™ kemampuanmu dengan membuat konten berbayar. Banyak kok ibu-ibu muda yang terjun jadi penulis lepas yang memberikan jasa mereka untuk menulis konten. Soalnya, bisnis ini memungkinkan banget untuk bekerja di mana aja termasuk di rumah.

Tarif setiap artikel yang ditulis juga bervariasi, tergantung dari jumlah kata ditulis. Untuk artikel dengan 500 kata misalkan, bisa mendapatkan tarif Rp15 ribu. Jika kamu membuat 4 artikel per hari, kamu bisa mendapatkan pemasukkan sebesar Rp1,2juta (dengan asumsi hari Minggu libur). Cukup menguntungkan bukan?

 

2. Bisnis cocok tanam dan tanaman hias

Bisnis cocok tanam dan tanaman hias kembali hits lagi lho! Kalau gak percaya coba aja tengok di Instagram kamu. Banyak buanget ibu-ibu muda yang mulai berbisnis cocok tanam. Mulai dari jual bibit hingga tanaman anakan. Nah, kalau kamu ada hobi bercocok tanam, gak ada salahnya nih kamu juga mulai ikut coba.

Kamu bisa mulai belajar menanam bibit di halaman rumahmu. Jika kamu tidak memiliki halaman rumah yang besar, jangan khawatir! Sekarang banyak banget metode bercocok tanam bagi kamu yang memiliki pekarangan yang sempit. Misalkan dengan metode hidroponik. Kamu juga bisa bercocok tanam secara vertikal di dinding rumahmu. Ide bercocok tanam seperti ini bisa kamu bagikan juga di media sosial sebagai konten untuk menarik followers, agar mereka mengikutimu dan beli bibitnya.

 

3. Desain kartu undangan

Nah, buat para mamah muda yang suka gambar dan desain grafis, ga ada salahnya nih memanfaatkan kemampuan dan hobi untuk bikin bisnis yang lagi hits sekarang ini: desain kartu undangan. Pengerjaan design ini bisa dilakukan di rumah sendiri lho. Apalagi, zaman sekarang banyak banget yang butuh desain kartu undangan mulai dari kartu undangan pernikahan, kartu undanganĀ bridesmaidsĀ atauĀ groomsmen, banyak deh! Kamu bisa bikin dengan beragam desain dan bentuk. Kalau ide mampet, tinggal liat aja inspirasi idenya di media sosial atau Pinterest.

Kalau merujuk dari kawan-kawan yang biasa bikin desain undangan, desain sederhana untuk satu halaman bisa dikenakan tarif minimal Rp150 ribu. Bayangin, kalau kamu bikin undangan untuk 2 halaman (depan belakang), kamu bisa ngantongin Rp300 ribu/undangan. Kalau kamu juga menyediakan jasa cetak, kamu bisa juga meraup keuntungan yang lebih banyak lagi.

 

4. Memanfaatkan fiturĀ dropship marketplace

Kamu bisa memanfaatkanĀ marketplaceĀ yang menggunakan fiturĀ dropship. Jadi, fiturĀ dropshipĀ memungkinkan orang-orang yang tidak memiliki barang tapi bisa ikut menjualkan barang yang ada diĀ marketplaceĀ tersebut. Keterangan lebih lanjut mengenai fitur ini bisa dibaca di website masing-masingĀ marketplace.

Pakai fiturĀ dropshipĀ bisa memudahkan kamu karena kamu gak perlu repot foto barang, menyetok produk, ga pusing juga untuk kirim barang. Keuntungan jadiĀ dropshipperĀ memang lebih sedikit, tapi tanggung jawab rumah tanggamu bisa tetap kepegang karena kamu ga perlu repot mengurus banyak hal jika menjadiĀ dropshipper.

 

5. Jadi YouTuber? Siapa takut!

Zaman kekinian memang membuat kamu bisa memanfaatkan apa aja di dunia digital untuk mendatangkan pemasukkan. Salah satunya dengan menjadi YouTuber! Banyak lho orang yang suka mencari inspirasi dari cara hidup orang lain. Kamu cukup punya ponsel yang memiliki kamera 13 megapiksel dan daya tampung memori yang cukup besar (misal 16 GB) untuk mengabadikan kegiatan keluarga dengan durasi rata-rata lima menit.

Banyak banget aktivitas keluarga yang bisa kamu jadikan inspirasi konten YouTube-mu. Misalkan tips dan trik memasak, mengasuh anak, berkebun, kegiatan tamasya danĀ travellingĀ keluarga, wisata kuliner, dan lainnya. Tingkah laku anak-anak yang menggemaskan juga bisa ditonjolkan dalam video yang kamu buat. Pastinya, nuansa keluarga yang hangat akan menarik untuk disaksikan.

Mungkin dari tadi kamu berpikir, apa sih untungnya mengunggah video ke YouTube? Kamu bisa mendapatkan uang dari iklan yang YouTube munculkan di video yang kamuĀ upload. Asik banget kan bisa seru-seruan bikin video bareng keluarga sambil tambah pemasukkan?

 

6. Punya rumah kosong? Manfaatkan aplikasi sewa-menyewa

Jangan biarin rumah kosongmu jadi sia-sia. Manfaatkan properti yang kamu punya untuk disewakan. Bisnis kos-kosan atau rumah kontrakan memang gak akan pernah mati. Tapi, ada lagi nih bisnis sewa menyewa properti lainnya yang cukup menjanjikan. Bahkan, kamu bisa menyewakan setiap kamar di rumah yang kamu punya dengan aplikasi sewa menyewa.

Kamu tinggal masukkan kriteria atau fasilitas yang dimiliki di rumahmu ke dalam aplikasinya, nanti aplikasi tersebut akan mencarikan tamu untuk rumahmu. Yang paling praktis dari bisnis ini ialah kamu bisa melakukannya secara online. Kamu baru menemui penyewa ketika mereka akan menginap di rumahmu. Jadi kamu juga masih punya banyak waktu untuk mengurus rumah tangga sekaligus berbisnis.

 

7. Bisnis online lewat aplikasi? Kenapa enggak?

Ada lagi nih model bisnis yang gak perlu keluar rumah tapi bisa mendatangkan uang. Selain jadiĀ dropshipper, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang dapat membantumu untuk berjualan, seperti Kudo. Kamu bisa jualan apa aja mulai dari pulsa, tagihan, produk online, tiket kereta, sampai daftarin orang buat jadi Mitra Pengemudi Grab.

Jualan di Kudo beneran praktis karena semuanya bisa dilakukan secara online dan gak perlu bepergian. Jadi cocok banget untuk ibu rumah tangga. Kamu tinggal isi saldo di Kudo untuk memulai berjualan. Kamu bisa isi saldo via transfer bank, atau kalau mau jalan dikit ke Alfamart juga bisa. Udah deh, kamu tinggal sebarkan ke keluarga dan teman kalau kamu udah jualan. Jualan di Kudo juga untung banget karena banyak voucher diskon dan bonusnya. Kamu juga bisa cairkan bonus dan komisi dari transaksimu. Asik kan?Ā šŸ˜€

 

Nah, sekian ide-ide bisnis yang cocok untuk mamah muda. Atau kamu udah menjalani bisnis sendiri sambil jadi ibu rumah tangga?Ā MonggoĀ diĀ shareĀ ceritanya di kolom komentar ini. Siapa tau ceritamu bisa menginspirasi para ibu muda lainnya. Buat para suami, jangan lupa ya untukĀ shareĀ artikel ini ke istri di rumah ya!

Sumber:

www.hipwee.com/list/teruntuk-mamah-muda-berikut-6-bisnis-online-yang-akan-membuat-kamu-bahagia/

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!