20Mar

Khawatir terinfeksi corona? Lindungi anak dengan cara ini!

Virus corona kini sudah mulai mewabah di Indonesia. Virus ini lebih mudah menyerang dan menyebabkan komplikasi yang fatal pada orang yang daya tahan tubuhnya lemah, seperti lansia atau orang yang kekurangan gizi. Meski begitu, risiko infeksi virus corona pada orang dewasa, ibu hamil, dan anak-anak juga tidak bisa diremehkan, apalagi jika infeksi virus corona terjadi pada bayi.

 

Kenali gejala virus corona pada anak

Gejala infeksi virus corona bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian penderita COVID-19 menunjukkan gejala yang ringan atau mirip gejala flu, tapi ada juga penderita yang mengalami gejala berat akibat pneumonia. Gejala ini dapat muncul dalam waktu 2–14 hari setelah terpapar virus Corona.

Gejala infeksi virus Corona pada bayi sedikit berbeda dengan gejala yang muncul pada orang dewasa. Pada bayi, infeksi virus Corona dapat menyebabkan:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Kurang mau menyusu atau minum
  • Lemas dan kurang aktif
  • Diare

 

Cara mencegah virus corona pada anak

Hingga saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat mengobati atau mencegah infeksi virus corona. Melihat anak terkena penyakit pasti jadi kesedihan sendiri bagi orang tua. Terlebih dengan mewabahnya virus COVID-19 ini. Namun kita sebagai orang tua tidak boleh terlalu khawatir. Ternyata ada cara tepat untuk melindungi si kecil dari wabah virus ini.

  1. Hindari anak dari tempat ramai.
  2. Sementara ini, biasakan anak untuk tidak mencium tangan orang yang lebih tua.
  3. Terapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.
  4. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Habis dari luar rumah, biasakan untuk ganti baju, cuci tangan, mandi, dll.
  6. Gunakan masker apabila sedang sakit.

Nah, bila kamu mencurigai adanya gejala pada buah hati, jangan ragu. Cobalah deteksi apakah si kecil berisiko terinfeksi virus corona dengan mendatangi rumah sakit rujukan ini.

Saat menunjungi rumah sakit, jangan lupa untuk mencantumkan ID Mitra dan nomor yang terdaftar sebagai Mitra GrabKios ya. Hal ini diperlukan agar tim GrabKios bisa memberikan bantuan lebih lanjut.

 

Tingkatkan imunitas, tetap nyaman beraktivitas! Mari bersama kita cegah dan lawan corona!