28Feb

Melirik Potensi Bisnis e-Sport (Simak Yuk!)

Mitra GrabKios suka bermain game? Kini, main game gak cuma sekadar hobi lho. Main game bisa juga dijadikan ajang olahraga zaman now yang sekarang dikenal sebagai e-sport. Di Indonesia udah ada organisasi perkumpulannya lho! Namanya Perkumpulan Olahraga Elektronik Indonesia (IeSPA).

Kenapa sih e-sport dijadikan cabang olahraga? Karena, e-sport menggunakan skill, kemampuan otak, konsentrasi, dan koordinasi antara tangan dengan otak. Menarik ya?

Nah, ternyata e-sport juga bisa dijadikan ladang untuk mencari pundi-pundi tambahan uang lho! Apa aja sih potensi bisnis e-sport ini?

 

1. Kafe Internet

Kafe internet adalah evolusi dari warung internet (warnet). Dulu, orang pergi ke warnet untuk bermain internet, sekarang orang ke warnet atau kafe internet untuk untuk bermain game. Bahkan, kemunculan kafe internet membuat pertumbuhan e-sport di Indonesia semakin melesat. Menurut Yuri, pemilik kafe internet Supernova, ada sekitar 2.500 pemain aktif yang bermain setiap bulannya di kafe internetnya. Rata-rata, mereka bermain antara 2 sampai 8 jam dengan tarif Rp6.000,- selama satu jam. Sehingga, kafe internet Supernova meraup penghasilan bersih sekitar Rp20 juta – Rp90 juta per bulan! Dengan untung yang sangat besar, membuka kafe internet bisa jadi pilihan peluang usaha lho.

 

2. Paket Data

Bermain game online lewat ponsel juga tengah marak dilakukan dan bahkan menjadi salah satu game yang dimainkan oleh para atlet e-sport atau masyarakat banyak. Nah, kamu bisa nih menjajakan paket data untuk mereka, agar mereka bisa berlatih atau bermain game onlinekesayangan di ponsel. Biar makin untung, cari supplier pulsa dan paket data yang paling murah dibanding supplier lainnya. Jadi kamu bisa jauh lebih untung dengan harga modal yang murah.

 

3. Perlengkapan Bermain Game

Menjual perlengkapan bermain game atau gaming saat ini bisa juga mendatangkan pundi-pundi dari industri e-sport. Kamu bisa jual laptop dan perlengkapan gaming lainnya. Apalagi, saat ini e-sport sedang menjamur sehingga akan banyak orang yang mencari perlengkapan gaming. Gak cuma itu, bagi kamu yang memiliki usaha tekstil juga bisa mendapatkan untung lewat industri e-sport. Sebab, banyak lho para komunitas atau club pemain e-sport yang membuat seragam tim mereka. Apalagi kini e-sport mulai dilirik sebagai cabang olahraga yang sudah masuk Asian Games 2018 dan sedang diupayakan untuk masuk ke cabang olahraga di Olimpiade 2024 mendatang.

 

Gimana? Menarik banget ya untuk ikutan meramaikan industri e-sport ini! Kalau kamu bagaimana? Lebih memilih untuk menjadi atlet e-sport atau menjadi pebisnis di bidang e-sportini? Share pendapatmu di kolom komentar ya!

 

Sumber Artikel:

klasika.kompas.id/mendulang-pundi-pundi-dari-industri-e-sport/

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!