24Sep

17 Cara Membuka Minimarket Rumahan Dengan Modal Kecil Terbaru

Membangun usaha minimarket memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Terlebih di daerah sekitar tempat tinggal masih belum memiliki minimarket sehingga tidak ada pesaing usaha dalam menjalankannya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa saat ini sudah hampir di setiap daerah menyediakan minimarket di tepi jalan.

Bisnis ini juga dapat dibangun dengan skala kecil menengah hingga skala besar. Lebih lanjut hal-hal yang perlu diketahui terkait cara membuka minimarket rumahan dapat dilihat pada ulasan berikut.

Peluang Membangun Bisnis Minimarket
Seperti yang diketahui bahwa di setiap daerah saat ini sudah terdapat beberapa minimarket di tepi jalan. Berdasarkan hal tersebut mungkin akan muncul pertanyaan terkait apakah membangun minimarket masih potensial dalam memberikan keuntungan. Nyatanya meskipun demikian masyarakat masih gemar dan tertarik untuk berbelanja di minimarket.

Akan tetapi juga perlu adanya sebuah inovasi dalam membangun minimarket berskala kecil. Hal tersebut dilakukan tentu untuk menjadi sebuah pembeda dengan minimarket lainnya. Sehingga dapat menarik pelanggan lebih tinggi dan keuntungan yang diperoleh jika semakin besar.

Adapun salah satu konsep yang dipilih dalam membangun minimarket skala kecil adalah dengan menggunakan sistem franchise. Selain itu juga dapat menggunakan konsep lain untuk dapat menarik pelanggan lebih banyak.

Tips Dalam Membangun Bisnis Minimarket Rumahan
Meskipun masih banyak di antara masyarakat yang berbelanja di minimarket. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa membangun bisnis minimarket ini tidak dilakukan tanpa adanya pertimbangan tertentu. Oleh karena itu agar dapat memberikan keuntungan optimal berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis minimarket rumahan.

  • Menyiapkan Legalitas Usaha

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membangun bisnis minimarket rumahan adalah terkait legalitas usaha. Seperti yang diketahui bahwa negara kita adalah negara hukum dimana segala sesuatu harus didasarkan pada peraturan. Oleh karena itu jika ingin membangun usaha juga harus disertai dengan izin terlebih dahulu.Akan tetapi biasanya hal ini diterapkan pada bisnis skala besar. Selain itu jika usaha sudah dikantongi dengan izin usaha. Maka hal tersebut juga akan mendapatkan nilai kredibilitas dimata pelanggan.

  • Mempersiapkan Ruangan Yang Nyaman

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan adalah memastikan bahwa pelanggan nantinya akan merasa nyaman jika mengunjungi minimarket. Oleh karena itu harus dipersiapkan tempat yang nyaman untuk membangun minimarket rumahan. Dalam hal ini jika minimarket dibangun berskala kecil maka ruang tamu yang lapang sudah cukup untuk dapat diubah menjadi minimarket.
Akan tetapi jika tidak memilikinya maka dapat menyewa tempat atau membangun rumah tambahan. Dalam hal ini harus dipertimbangkan modal yang akan dikeluarkan untuk menyiapkan ruangan tersebut. Pastikan bahwa modal yang dikeluarkan juga akan setimpal dengan penghasilan dari bisnis minimarket rumahan nantinya.

  • Mengatur Layout Ruangan Dengan Baik

Kenyamanan dari pelanggan artinya juga akan bergantung pada pengaturan layout dari ruangan. Pertimbangan ini penting untuk diperhatikan di awal karena juga berpengaruh terhadap peralatan yang dibutuhkan.
Seperti kulkas khusus minuman, cooling box, rak, dan lain sebagainya. Pastikan untuk dapat menata barang-barang tersebut dengan rapi sehingga dapat memudahkan pelanggan dalam mencari kebutuhannya.

  • Kreatif Dalam Menggunakan Modal

Agar modal yang disiapkan dapat digunakan secara efisien maka tentu harus terdapat kreativitas dalam menekan pengeluaran. Misalkan saja untuk kebutuhan rak dapat di beli yang bekas dengan harga lebih murah namun barang masih berkualitas.
Selain itu jika modal yang ditetapkan sangat minim dan kebutuhan rak besi lebih mahal. Maka juga dapat digantikan dengan palet kayu sebagai penggantinya yang jauh lebih murah. Dengan adanya kreativitas dalam menekan dana tersebut maka bisnis minimarket rumahan akan dapat tetap dijalankan meskipun terkendala dalam modal usaha.

  • Memilih Sistem Perkasiran Yang Baik

Setiap usaha penjualan diperlukan jenis sistem kasir dalam menyimpan pemasukan. Hal tersebut tentu sangat penting sehingga harus dipilih sistem perkasiran yang baik. Dalam hal ini pertimbangkan mana yang lebih baik untuk bisnis minimarket rumahan.
Apakah menggunakan sistem perkasiran konvensional seperti warung kelontong atau menggunakan sistem perkasiran modern yang membutuhkan teknologi pencatatan lebih akurat. Selain itu penggunaan dari sistem perkasiran modern juga jauh lebih efektif dalam pengolahan data yang lebih cepat sehingga evaluasi mingguan terkait pemasukan juga lebih mudah untuk dijalankan.

  • Membuat Spanduk Untuk Menarik Perhatian

Sebagai makhluk visual manusia juga memperhatikan penampilan luar dari minimarket rumahan. Oleh karena itu juga perlu adanya suatu hal yang mampu menarik perhatian orang-orang di sekitar. Salah satunya yaitu dengan membuat spanduk dengan desain warna yang menarik.
Selain itu pastikan juga bahwa spanduk memiliki informasi yang dapat menarik pelanggan. Misalkan saja yaitu promo menarik tahu penawaran harga dari kebutuhan rumah tangga yang lebih murah.

  • Mencari Barang Modal Semurah Mungkin

Seperti yang diketahui bahwa masyarakat lebih tertarik dengan penawaran harga yang lebih murah. Akan tetapi untuk memberikan penawaran harga murah tentu juga harus ditetapkan margin untuk dapat memperoleh keuntungan optimal.
Agar margin antara pembelian dan penjualan tetap besar maka pastikan untuk bisa mencari supplier yang mampu menawarkan harga murah. Dalam hal ini dapat dilakukan survei ke beberapa supplier untuk dapat dibandingkan penawaran harga dari masing-masing. Sehingga dapat diketahui mana supplier yang terbaik untuk dipilih.

  • Menyiapkan Pelayanan Lebih Baik

Pembeli adalah raja merupakan prinsip yang harus diterapkan dalam berdagang. Hal tersebut tentu tidak lepas dari keuntungan yang diperoleh berasal dari pelanggan. Oleh karena itu pelayanan merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan.
Jika dapat memberikan layanan terbaik pelanggan tentu akan betah dan berniat untuk kembali membeli di minimarket yang dijalankan. Selain itu hal ini juga menjadi strategi dalam bersaing dengan bisnis minimarket lainnya.

  • Memperhatikan Kebutuhan Masyarakat Sekitar

Jika menjalankan bisnis minimarket rumahan berskala kecil tentu pelanggan yang datang adalah tidak jauh dari tetangga dan orang-orang di lingkungan sekitar. Dalam hal ini agar orang-orang tersebut merasa membutuhkan mini market yang dijalankan.
Maka harus dilakukan adanya survei terkait kebutuhan yang paling dicari. Dengan demikian masyarakat akan selalu datang ke minimarket untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kebutuhan yang tersedia dalam hal ini tentu tidak jauh dari kebutuhan rumah tangga dan kehidupan sehari-hari.

Selain tips-tips di atas masih terdapat beberapa tips lainnya yang dapat dilakukan dalam menjalankan bisnis minimarket rumahan. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut ini.

  • Memastikan biaya pengeluaran sudah dianalisis dengan baik sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya.
  • Memanfaatkan lokasi strategis untuk dapat menarik pelanggan seperti di tepi jalan atau di depan rumah.
  • Memanfaatkan garasi rumah untuk dijadikan sebagai ruangan minimarket rumahan.
  • Memperhitungkan barang barang yang akan dibeli dan hindari untuk membeli produk dagang di toko non supplier.
  • Memberi nama minimarket rumahan dengan nama yang mudah diingat dan dikenal oleh orang lain.
  • Menawarkan paket sembako hemat dapat berupa berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan membeli eceran.
  • Mengatur barang dagangan sedemikian rupa agar dapat mudah dicari dan diambil oleh pelanggan.
  • Meletakkan sebagian barang dagangan di area depan toko sehingga dapat dilihat dan menarik pembeli.

Membangun Bisnis Bersama GrabKios

Selain membangun bisnis minimarket rumahan, memperoleh keuntungan juga dapat dilakukan dengan bisnis lainnya. Salah satunya yaitu dengan membangun bisnis online melalui GrabKios. Tidak hanya menawarkan produk berupa barang, melalui GrabKios anda juga dapat menawarkan jasa seperti pulsa online dan tagihan pembayaran bulanan.
Kedua hal tersebut tentu juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga memberikan peluang lebih besar dalam memperoleh keuntungan. Jika tertarik untuk mendaftarkan minimarket anda menjadi agen GrabKios. Segera install aplikasinya dan dapatkan keuntungan yang lebih besar mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *