02Oct

Panduan unggah foto pendaftaran Mitra Grab

Sebuah pekerjaan biasanya menjadi bahan pembicaraan di kalangan keluarga dan kolega. Tidak jarang, orang-orang tersebut akan menilai kita dengan dasar apa pekerjaan kita. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang dianggap mapan dan keren, sehingga bisa dibanggakan di khalayak orang banyak.

Namun, belum tentu pekerjaan yang memiliki prestise tinggi itu mendapatkan pundi-pundi uang yang juga tinggi. Sebagian besar orang memilih pekerjaan kantoran yang membosankan karena pekerja kantor terlihat ‘keren’. Sedangkan pekerjaan lain seperti pengusaha atau pekerja kreatif lainnya dianggap tidak mapan dan tidak ada masa depan.

Padahal belum tentu pekerja kantoran tersebut meraup uang lebih banyak dari pekerja jenis lainnya. Contoh dari pekerja jenis lain yang sebenarnya menguntungkan adalah dengan menjadi mitra Grab, alias dengan menjadi Mitra Pengemudi Grab.

Mendengar kata Mitra Pengemudi Grab, mungkin pandangan kamu langsung mengarah ke yang negatif. Mitra Pengemudi Grab? Hanya seorang supir? Kenapa dijadikan fokus pekerjaan? banyak pertanyaan yang muncul dan keraguan akan prestise pekerjaan itu.

 

Kelebihan Menjadi Mitra Pengemudi Grab

Hal yang harus kamu tahu adalah tidak ada salahnya untuk menjadi Mitra Pengemudi Grab Grab. Tidak perlu malu dan buang gengsi kamu, apabila kamu ingin mengumpulkan uang yang lebih. Ingin tahu apa saja kelebihan-kelebihan dengan menjadi mitra Grab? Berikut ini kami rangkum beberapa hal:

  • Penghasilan Yang Lumayan

Berbicara soal penghasilan, pihak grab menerapkan sistem komisi untuk para mitranya. Jadi, setiap orderan pengemudi akan mendapatkan komisi yang dipotong sekitar 10% dari hasil orderan. Penghasilan tersebut terbilang banyak, tapi semua tergantung dari usaha kamu.

  • Grab menawarkan penghasilan tambahan

Program ini disebut dengan program referral. Program referral sangat menguntungkan bagi Mitra Pengemudi Grab sendiri karena bakal mendapatkan komisi tambahan sebesar 10% dari total penghasilan Mitra Pengemudi Grab baru yang diajak. Jadi sistem ini mengharuskan kamu untuk bisa mengajak orang lain dan tergabung menjadi mitra Grab.

Para mitra bisa langsung  membagikan kode referral melalui aplikasi ke teman-teman di akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, ataupun lainnya. Jika kamu mitra GrabCar, maka kamu tidak hanya bisa mengajak seseorang menjadi pengemudi GrabCar, tetapi juga menjadi anggota GrabBike dan sebaliknya.

Beberapa syarat terkait perekrutan anggota baru melalui program referral ini:

  • Mitra Pengemudi GrabCar hanya bisa mendaftarkan 8 calon Mitra setiap bulannya.
  • Pengemudi hanya bisa mendaftarkan calon mitra untuk GrabCar, yang berlokasi di kota pengemudi tersebut terdaftar
  • Pastikan calon mitra yang diajak bergabung belum pernah sama sekali tergabung dengan Mitra Pengemudi GrabCar sebelumnya.

 

  • Waktu Kerja yang Bisa Kamu Tentukan Sendiri

Perusahaan Grab tidak menuntut kamu harus bekerja selama 24 jam non stop. Semua tergantung kamu, jika memang ingin mendapatkan hasil atau pendapatan yang besar maka perbanyak orderan.

  • Ada Asuransi

Ada 2 jenis asuransi pada Grab yaitu asuransi all risk dan asuransi kecelakaan. Adapun untuk asuransi kecelakaan GrabCar memberikan maksimal 68 juta rupiah per orangnya. Adanya asuransi jelas memberikan banyak sekali keuntungan salah satunya yakni memberikan rasa aman untuk korban dan keluarga dari sisi finansial.

 

Mendaftar Menjadi Mitra Grab Secara Online

Sudah berminat menjadi Mitra Pengemudi Grab? Kini, saatnya menuju langkah selanjutnya, yaitu pendaftaran. Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi Mitra Pengemudi Grab secara online, alias melalui internet saja. Namun perlu diketahui, berkas-berkas yang kamu unggah haruslah terlihat dengan jelas dan pasti.

 

Berikut ini adalah daftar berkas yang harus kamu foto untuk keperluan pendaftaran. Diharapkan untuk mengunggah foto-foto tersebut secara jelas dan sesuai dengan ketentuan Grab.

  • Foto Setengah Badan

Seluruh calon pengemudi wajib menyertakan foto diri setengah badan yang benar. Foto diri disebut sesuai ketentuan jika wajah kamu terlihat jelas dan tidak buram. Kamu tak boleh menggunakan aksesoris termasuk topi dan kacamata. Foto bukanlah hasil scan atau editan. Syarat lainnya adalah menggunakan latar belakang Grab atau bisa juga polosan. Maksimal ukuran file foto adalah 5 MB.

  • Foto Kartu Tanda Penduduk

Kamu wajib mengunggah foto KTP asli, bukan editan, hasil crop, fotokopi atau scan. KTP yang disetorkan harus merupakan informasi data diri kamu pribadi dan masih berlaku minimal sebulan sebelum habis. Bukti identitas lainnya adalah Kartu Keluarga (KK).

  • Foto Sendiri Memegang KTP

Dokumen tambahan terakhir sebagai syarat daftar Grab yang biasanya diminta adalah foto kamu sendiri sambil memegang KTP serta memegang STNK dan/atau dengan kendaraan. KTP dan STNK yang ikut difoto haruslah sesuai dengan yang kamu setorkan.

  • Foto SIM A

Kamu wajib menyertakan SIM A atau B sebagai syarat daftar GrabCar dan GrabTaxi. SIM yang disetorkan ke Grab harus atas nama kamu sendiri, asli dan masih berlaku minimal sebulan sebelum habis. Lalu kemudian SIM itu difoto langsung, bukan fotokopi atau scan. Seluruh data dan foto pada SIM harus bisa dibaca dengan jelas.

  • Foto SKCK

Wajib juga mengunggah foto SKCK asli yang masih berlaku minimal dua minggu sebelum habis. Karena memang Grab menetapkan kriteria mitra pengemudi mereka adalah sosok yang tidak memiliki catatan kriminal agar bisa bertanggung jawab terhadap profesi dan membuat konsumen nyaman.

  • Foto STNK

Foto STNK sebagai bukti kepemilikan kendaraan juga termasuk dokumen pelengkap syarat daftar GrabCar, GrabTaxi, dan GrabBike. Foto harus jelas dan asli bukannya fotokopi yang pajaknya masih berlaku. Dalam file foto STNK, harus terdiri dari dua lembar yakni dokumen STNK dan pajak STNK.

  • Foto Asuransi Mobil

Khusus pendaftar Grabcar, kamu harus punya asuransi mobil dan mengambil foto untuk digunakan dalam pendaftaran online Grabcar. Foto harus jelas dan tidak buram. Asuransi kendaraan harus masih berlaku.

  • Email Aktif

Sebagai mitra Grab, kamu memiliki wajib punya akun Gmail. Akun Gmail ini akan menjadi akses kamu untuk i ke aplikasi Grab Mitra Pengemudi Grab dan menjalankan order-an. Selain akun Gmail, kamu juga wajib menyertakan nomor HP yang masih aktif.

  • Foto Buku Tabungan

Sistem pembayaran bonus untuk setiap order-an pengemudi Grab langsung terhubung ke rekening bank pengemudi tersebut. Untuk itu kamu akan diminta memberikan foto halaman pertama buku tabungan rekening bank pribadi. Pastikan file foto berukuran maksimal 5 MB dan tulisan di dalamnya terlihat dengan jelas.

 

Daftarkan Diri Kamu Melewati Aplikasi GrabKios

Itulah tadi artikel mengenai pendaftaran Mitra Pengemudi Grab. Kamu telah membaca berbagai kelebihannya, cara mendaftarnya serta tips dan panduan untuk mendaftar secara online. Kamu bisa menerapkan cara-cara tersebut apabila kamu tertarik untuk menjadi Mitra Pengemudi Grab.

Pendaftaran mitra Grab secara online bisa dilakukan di situs resmi Grab. Namun kalau boleh kami sarankan, lebih baik kamu mendaftar mitra Grab melalui aplikasi GrabKios. GrabKios adalah sebuah situs online yang memiliki banyak sekali kelebihan.

Dengan menjadi Mitra GrabKios, kamu tidak akan kesulitan apapun lagi. Melalui aplikasi GrabKios yang bisa diunduh di Google Play Store, semuanya sudah berada di jangkauan tangan kamu. Mulai dari produk digital seperti pulsa, token PLN, PPOB, dan lain, lain, hingga bisa belanja produk grosir, bisa kirim dan setor uang, dan bisa investasi emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *