Pasang Baru PLN Online melalui Website PLN
23Jul

Pasang Baru PLN Online melalui Website PLN

Pasang baru PLN online melalui website PLN akan lebih memudahkan masyarakat yang hendak ingin memasang PLN baru secara online. Mengingat bahwa sekarang ini segala sesuatunya bisa dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu secara online, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana tata cara dalam memasang PLN. Cukup dengan melalui website PLN, Anda sudah bisa memasangnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa untuk listrik jenis pascabayar ini menawarkan Anda menggunakan tenaga listrik dengan penggunaannya pada durasi 1 bulan dan di akhir bulan maupun di awal bulan para penggunanya akan diberikan tagihan listrik sesuai yang telah digunakan. Pada setiap bulannya nantinya akan ada pihak petugas PLN yang datang ke rumah untuk mencatat angka meteran listrik. Setelah itu petugas akan melakukan perhitungan jumlah biaya yang wajib untuk dibayar.

Jika pemilik listrik lupa untuk membayar tagihan, maka pihak petugas dari PLN akan datang ke dua kalinya ke rumah untuk melakukan penagihan tersebut. Pihak PLN berhak untuk memutus pelayanan tenaga listrik yang ada di rumah apabila pemilik tetap tidak melakukan pembayaran pada waktu yang telah ditetapkan. Saat ini PLN telah melakukan inovasi dengan menghadirkan listrik pintar yaitu seperti listrik prabayar.

Sistem listrik prabayar ini merupakan kemajuan dari teknologi yaitu sistem listrik yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan pembelian listrik terlebih dahulu dan kemudian digunakan di rumah. untuk listrik inilah nantinya diberi istilah sebagai token listrik. Untuk pembelian token listrik pun bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, yaitu melalui sistem online. 

 

2 Cara Mudah Pasang PLN Baru

Memasang listrik baru atau PLN baru seringkali dilakukan oleh masyarakat pada saat membangun sebuah rumah atau bahkan membeli sebuah rumah. Untuk melakukan pemasangan PLN baru ini tidak perlu cara yang ribet, karena ada dua cara yang akan memudahkan diri Anda supaya bisa melakukan pemasangan listrik di rumah.

 

Berikut ini ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan diri Anda ketika ingin melakukan pemasangan PLN baru, di antaranya:

1. Ajukan permohonan melalui call center PLN

Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan, Anda dapat mengajukan melalui call center PLN pada saat ingin melakukan sambungan listrik. Cukup dengan menghubungi nomor center PLN, maka Anda tidak perlu datang ke PLN secara langsung. Cara ini dilakukan untuk melakukan konfirmasi ketika hendak melakukan pemasangan. Untuk langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu seperti berikut: 

 

  • Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajukan permohonan sambungan melalui telepon call center PLN yaitu pada nomor 123.
  • Nantinya Anda akan diminta untuk melengkapi berkas-berkas untuk administrasi permohonan pada sambungan baru.
  • Dari petugas PLN akan melakukan survei pada lokasi di mana Anda ingin memasang baru. Hal ini bertujuan untuk mengetahui lokasi secara detail dan bagaimana dari segi kondisi listrik yang ada di lapangan. Misalnya saja dari segi jarak tiang listrik, jarak trafo maupun mengenai informasi teknis yang lainnya.
  • Langkah selanjutnya Anda diharuskan untuk melakukan proses administrasi dan menyelesaikannya. Untuk proses ini hanya dapat dilakukan di kantor PLN. Proses yang satu ini sudah termasuk pada pembayaran dari sambungan baru langsung dengan melalui bank yang telah ditunjuk atau bisa juga dengan melalui kantor PLN.
  • Pihak pelanggan diharuskan untuk menandatangani pada surat perjanjian untuk jual beli tenaga listrik. Karena untuk surat perjanjian ini menjadi syarat wajib yang digunakan untuk mengajukan permohonan ketika Anda ingin membuat sambungan listrik baru.
  • Setelah itu PLN melakukan penyambungan listrik rumah Anda jika proses administrasi secara keseluruhan telah dipenuhi dan dilalui.

2. Melalui situs resmi PLN

Selain dapat melakukan permohonan sambungan listrik PLN baru melalui call center, ternyata Anda sebagai konsumen PLN juga lebih dimudahkan untuk pasang baru PLN online melalui website PLN. Cukup dengan melalui situs resmi dari PLN, maka Anda pun bisa mengaksesnya secara online dengan menggunakan Smartphone. Meskipun proses ini bisa dilakukan secara online, akan tetapi terdapat beberapa aturan yang harus diperhatikan dengan baik, diantaranya seperti berikut:

 

  • Anda dapat langsung menghubungi situs resmi dari PLN yang ada di http://www.pln.co.id.
  • Untuk melakukan proses pendaftaran pembuatan sambungan baru, Anda cukup dengan mengklik bagian menu “pasang sambungan”.
  • Tunggulah hingga beberapa detik dan pastikan bahwa koneksi internet yang Anda miliki tersebut dalam kondisi yang baik atau stabil. Tujuannya supaya proses pengajuan lebih cepat dan tidak mengalami putus di tengah jalan.
  • Jangan lupa untuk membaca syarat serta ketentuan yang telah diberlakukan PLN terlebih dahulu. Jika Anda sudah memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan tersebut, maka silahkan scroll ke bagian bawah sampai pada bagian akhir dan di bagian tombol “setuju” silahkan di klik.
  • Apabila sudah Anda klik tombol setuju akan muncul informasi yang sangat penting dan wajib Anda baca. Jika Anda menyetujui maka segera penuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan tersebut. Setelah itu silahkan klik bagian tombol ok.
  • Anda dapat melakukan bagian pengisian formulir pendaftaran sesuai data kartu identitas yang Anda miliki.
  • Nantinya Anda akan di bawa ke bagian pengisian data dari pihak pemohon. Anda dapat langsung menekan pada bagian copy berdasarkan pada data pelanggan. Tujuannya yaitu supaya lebih mempercepat pengisian data.
  • Apabila data diri telah diisi secara menyeluruh, Anda dapat mengontrol ke bagian bawah agar melakukan pengisian pada jumlah token sesuai pada kebutuhan.
  • Jika langkah di atas sudah Anda selesaikan, langkah selanjutnya silahkan mengklik pada bagian menu hitung biaya supaya Anda bisa mengetahui jumlah besaran biaya yang diharuskan dibayarkan melalui rekening PLN.

 

Tarif yang Harus dipersiapkan

Untuk tarif pemasangan listrik PLN ditetapkan peraturan baru sesuai pada nomor 33 tahun 2014 yang mana peraturan tersebut merujuk pada Menteri ESDM. Peraturan terbaru tersebut terdapat 12 jenis tarif dan PLN telah meresmikan tarif tersebut melalui dari situs resmi yang dimilikinya. Selain itu pihak PLN juga telah menetapkan harga dari pemasangan listrik biaya baru. Misalnya saja seperti biaya penyambungan, uang jaminan langganan, maupun biaya yang lainnya.

 

Ada beberapa jenis biaya yang harus Anda siapkan, di antaranya:

  • Biaya untuk guna penyambungan.
  • Biaya untuk uang jaminan langganan.
  • Biaya untuk materai.
  • Biaya untuk membeli token listrik perdana minimal Rp 50.000.

 

Bentuk total dari biaya pemasangan PLN baru dapat diperkirakan mencapai hingga Rp 1.218.000. Untuk biaya ini sudah termasuk pada uang jaminan langganan dan uang materi beserta  jasa sambungan. Sementara untuk harga tersebut belum untuk biaya token listrik perdana.

 

Jika Anda adalah pengguna sistem listrik prabayar tentunya Anda akan membutuhkan token listrik untuk mengisi listrik yang ada di rumah. Untuk melakukan pembeliannya Anda tidak perlu ribet karena bisa mengandalkan Grabkios. 

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!