Paket Internet 3 untuk BBM Android
22Jul

Pengaduan PLN Online dengan i-SMS

Pengaduan PLN Online saat ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan praktis berkat adanya fitur layanan i-SMS. cara pengaduan pln lewat online inilah yang membuat masyarakat tidak perlu menggunakan cara yang ribet pada saat ingin mengajukan permasalahan listriknya kepada PLN. Cukup dengan mengirimkan pesan melalui nomor PLN, maka segala jenis informasi bisa Anda dapatkan.

Berkat melalui pelayanan i-SMS ini, maka segala informasi bisa Anda dapatkan, misalnya seperti pengaduan, keluhan ataupun yang lainnya. Pihak PLN telah bekerjasama kepada beberapa operator seluler yang ada di indonesia, sehingga bagi Anda yang menggunakan operator seluler tertentu tidak perlu khawatir, karena masih tetap bisa menggunakan layanan i-sms.

Cara Pengaduan PLN Secara Online
Cara pengaduan PLN bisa dilakukan melalui online supaya lebih memudahkan para masyarakat pada saat ingin mengeluarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pada saat ingin mengajukan secara online, sehingga dari sekian banyaknya tersebut Anda bisa melakukan pemilihan sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Cara pengaduan PLN secara online, yaitu:

  1. Melalui i-SMS
    Melalui fasilitas i-SMS ini maka akan jauh lebih memudahkan para masyarakat pengguna PLN dalam menjalin komunikasi kepada pihak PLN. Melalui i-SMS ini sangatlah mudah dan praktis karena bisa menghubungi nomor pengaduan pln online di 8123. Melalui nomor tersebut maka Anda bisa mengabulkan segala keluhan atau bisa juga mendapatkan berbagai informasi penting yang berhubungan dengan kelistrikan.
    i-SMS sudah menawarkan berbagai informasi seperti laporan pemadaman listrik, tagihan listrik, pengajuan tambah daya, jumlah saldo, pengajuan catat meter, pengajuan pasang listrik baru ataupun yang lainnya. Dengan pelayanan inilah yang akan lebih membuat para masyarakat merasa dimudahkan dan merasa puas pada saat mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan PLN.
  2. Melalui situs resmi PLN
    Selain melalui pelayanan online di i-SMS, para masyarakat juga bisa memadukan permasalahannya melalui situs resmi yang dimiliki oleh PLN. Untuk situs resmi tersebut yaitu http://www.pln.co.id. Pada saat Anda masuk ke dalam situs resmi PLN tersebut, maka akan diminta untuk melakukan pengisian data diri secara lengkap dibagian formulir yang sudah disediakan.
    Apabila data diri sudah diisi dengan lengkap dan benar, maka Anda bisa mengajukan permasalahan tentang kelistrikan melalui situs resmi tersebut. Meskipun Anda mengajukan perihal keluhan, namun pastikan bahwa bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baik, sehingga pihak PLN akan segera memproses ajuan keluhan yang Anda dikrimkan pada pihak PLN.
  3. Melalui media sosial
    Hampir semua orang akan memiliki media sosial, karena untuk bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada seperti saat ini. Namun ternyata hal ini pun juga berlaku pada PLN yang menyediakan pelayanan keluhan melalui sosial media yang dimilikinya. Sosial media yang bisa digunakan untuk mengadukan keluhan para pengguna PLN yaitu melalui Facebook, email ataupun Twitter.
    Alamat email yang bisa Anda temukan untuk mengajukan keluhan PLN yaitu di alamat pln123@pln_123. Sementara apabila Anda ingin mengajukan pengaduan melalui Twitter bisa langsung mengirimkannya melalui alamat Twitter @pln_123 dan untuk alamat Facebooknya yaitu PLN 123.
  4. Melalui via telepon
    Untuk cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengajukan keluhan seputar kelistrikan yaitu melalui via telepon. Dengan mengajukan PLN melalui telepon ini Anda bisa mendapatkan pelayanan secara langsung dari pengajuan yang Anda hasilkan tersebut center PLN yang bisa Anda hubungi yaitu 123. Untuk pelayanan pengaduan PLN online 24 jam, sehingga Anda bisa menghubungi PLN kapan pun sesuai kebutuhan.
    Apabila pengajuan keluhan dilakukan secara via telepon, maka Anda tidak akan dikenakan biaya atau tarif. Hal ini dikarenakan PLN menyediakan tarif biaya layanan bebas pulsa. Dengan hal ini maka segala informasi yang berhubungan pada kelistrikan bisa Anda ketahui dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya, termasuk pulsa.

Macam Gangguan Listrik
Pada saat pengguna PLN menghubungi pihak PLN, tentu saja dikarenakan ada beberapa hal yang sedang terjadi, salah satunya yaitu adanya gangguan pada listrik. Untuk setiap orang tentunya akan mengalami gangguan listrik yang tidak sama, karena untuk setiap rumah tentunya juga mempunyai listrik yang berbeda. Permasalahan yang terjadi pada listrik dikarenakan beberapa hal, misalnya seperti berikut:

  1. Power Surge
    Power Surge juga disebut juga sebagai istilah spike yang mana dalam kondisi ini power surge menjadi kondisi voltase listrik yang akan mengalami kenaikan secara tiba-tiba mencapai hingga 100% dan hal ini terjadi pada waktu yang singkat. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi pada saat Anda telah mematikan peralatan elektronik yang mempunyai beban lumayan berat atau bisa juga karena adanya sambaran petir.
  2. Power Failure
    Power Failure ini merupakan suatu kondisi yang mana listrik mengalami pemadaman yang disebabkan akibat sumber listrik utama mengalami pemadaman atau mati. Permasalahan power Failure ini juga seringkali disebut sebagai mati lampu. Pada kondisi seperti inilah yang seringkali menimbulkan adanya kerusakan di beberapa alat elektronik pada saat sedang mati lampu masih terdapat alat-alat elektronik yang beroperasi.
    Ada beberapa penyebab yang menimbulkan power Failure atau mati lampu ini terjadi, misalnya saja adanya pemadaman secara bergilir, beban listrik yang berlebihan, hubungan arus listrik yang pendek dan disebabkan karena beberapa faktor yang lainnya.
  3. Power SAG
    Permasalahan listrik seperti power SAG ini kebalikan dari Power Surge yang mana voltase listrik mengalami penurunan secara tiba-tiba. Misalnya seperti voltage yang sebelumnya adalah 220 volt bisa mengalami penurunan sampai dengan 80%. Dampak buruk yang didapatkan apabila dalam kondisi seperti ini yaitu dapat menyebabkan adanya kerusakan pada peralatan listrik. Salah satu penyebab listrik mengalami power saat ini yaitu karena Anda menggunakan alat elektronik yang mempunyai daya melebihi dari daya listrik.
  4. Over Voltage
    Over voltage ini merupakan kondisi pada tegangan listrik yang telah melewati batas normal dan terjadi pada waktu yang lumayan lama atau seringkali terjadi pada setiap harinya. Apabila di rumah Anda memiliki komputer dan mengalami over voltage ini maka akan menjadikan komputer lebih cepat mengalami kerusakan. Bahkan untuk jenis elektronik yang lainnya pun juga lebih mudah rusak.
  5. Under Voltage
    Under voltage juga disebut sebagai brown out yang mana tegangan listriknya telah berkurang hingga berhari-hari dan hanya terjadi selama beberapa menit saja. Hal ini pun sama seperti adanya gangguan listrik yang lainnya, seringkali menimbulkan kerusakan di beberapa barang-barang elektronik.
  6. Switching Transient
    Kondisi permasalahan pada listrik yang satu ini yaitu keadaan voltase yang mengalami penurunan pada beberapa detik saja, dan hal ini terjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan gangguan Power Surge.

Listrik dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini memiliki peran yang sangat penting, sehingga dengan hal ini mampu memberikan peluang yang cukup besar. Bagi Anda yang ingin berjualan pulsa listrik secara online, salah satu tempat yang bisa menghantarkan Anda bisa menjadi pelaku bisnis yang sukses dengan berjualan pulsa yaitu dengan menjadikan Grabkios sebagai agen pulsa yang menjanjikan.

Grabkios menjadi platform yang memiliki banyak fitur, sehingga tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis jualan pulsa akan tetapi juga mampu mendatangkan banyak keuntungan yang tidak akan didapatkan di tempat lainnya. Sehingga jangan salah memilih tempat pada saat ingin berjualan pulsa listrik, karena Grabkios bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Bikin pendapatan warung
bertambah 30% lebih!

DOWNLOAD SEKARANG!
Bikin pendapatan warung bertambah 30% lebih! DOWNLOAD SEKARANG!