Paket Internet 3 untuk BBM Android
22Jul

Pengaduan PLN Online dengan i-SMS

Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membawa berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia. Banyak manfaat yang akan didapatkan manusia jika kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan dengan baik. Misalnya saja seperti yang PLN lakukan. PLN memanfaatkan kemajuan  teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggannya.

Terkadang, masyarakat mengalami gangguan seputar listrik baik di rumahnya, di kantor maupun di tempat yang lainnya. Melalui kemajuan teknologi informasi, masyarakat dapat melakukan pengaduan pada pihak PLN dengan mudah tanpa harus mendatangi kantor PLN. Mereka dapat melakukan pengaduan dengan berbagai cara baik secara online maupun telepon.

Cara Pengaduan Listrik PLN

Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan listrik sangat penting untuk menunjang segala kegiatan manusia. Terlebih lagi bagi ibu rumah tangga, yang hampir seluruh kegiatannya bersinggungan dengan listrik misalnya memasak nasi menggunakan rice cooker, menyetrika baju, mencuci baju menggunakan mesin cuci dan lain sebagainya. 

Bagi perusahaan pun keberadaan listrik memegang peranan penting. Jadi, jika terjadi suatu masalah dengan listrik, tentunya kita tidak akan tinggal diam. Cara yang pastinya akan kita lakukan jika listrik tidak kunjung menyala adalah melakukan pengaduan kepada pihak PLN. Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengaduan kepada PLN yaitu secara online dan melalui telepon.

Cara Pengaduan PLN Online dengan i-SMS

Salah satu cara pengaduan PLN yang dapat dilakukan secara online yaitu melalui i-SMS. Fasilitas i-SMS akan memudahkan kita untuk menjalin komunikasi dengan pihak PLN. Caranya mudah yaitu kita cukup menuliskan SMS dan mengirim pesan pengaduan tersebut ke nomor 8123.

Selain berfungsi untuk melakukan pengaduan, Anda juga dapat mendapatkan berbagai informasi penting mengenai kelistrikan melalui i-SMS seperti tagihan listrik, laporan pemadaman listrik, jumlah saldo, pengajuan tambah daya, pengajuan pasang listrik baru, pengaduan catat meter, dan lain sebagainya. Berbagai operator telah menjalin kerjasama dengan i-SMS PLN hingga saat ini.

Cara Pengaduan PLN Online Melalui Situs Resmi PLN

Selain melalui i-SMS, pengaduan PLN secara online dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi PLN di http://www.pln.co.id. Saat Anda mengunjungi situs resmi tersebut, maka Anda akan diminta untuk mengisi data diri Anda secara lengkap pada formulir. Setelah itu, Anda dapat mengadukan masalah tentang listrik Anda melalui situs tersebut.

Anda harus melakukan pengaduan dengan bahasa yang baik. Kemudian, pengaduan yang Anda ajukan tersebut akan diproses oleh pihak PLN secepatnya. Oleh sebab itu, pihak PLN diharapkan dapat mengelola situs resmi tersebut dengan baik sehingga masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pihak PLN.

Cara Pengaduan PLN Online Melalui Media Sosial

Saat ini, hampir setiap orang memanfaatkan media sosial untuk berbagai keperluan misalnya untuk media komunikasi, media pemasaran, maupun media untuk mengajukan pengaduan PLN. Cara untuk mengajukan pengaduan PLN melalui media sosial dapat kita lakukan melalui twitter, facebook maupun email. 

Jika Anda ingin melakukan pengaduan melalui email, Anda dapat menulis pesan yang kemudian mengirimkannya ke alamat email PLN yaitu pln123@pln_123. Namun jika Anda ingin melakukan pengaduan melalui facebook dan twitter, Anda dapat mengirimkannya melalui alamat PLN 123 dan @pln_123.

Cara Pengaduan PLN Lewat Telepon

Selain cara online, pengaduan PLN juga dapat dilakukan dengan menghubungi call center PLN di nomor 123. Untuk melakukan panggilan ke nomor telepon tersebut, Anda tidak akan dikenakan tarif karena merupakan layanan bebas pulsa. Melalui call center PLN, Anda juga dapat mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan listrik. 

Jenis-jenis Gangguan Listrik

Saat kita melakukan pengaduan kepada pihak PLN, tentunya kita sedang mengalami keluhan seputar listrik di rumah kita. Beberapa gangguan listrik yang sering terjadi di rumah, biasanya disebabkan berbagai hal, diantaranya adalah :

  • Power Failure

Yang dimaksud dengan power failure yaitu suatu kondisi listrik mati yang disebabkan karena sumber listrik utama mati. Kita biasa mengenalnya dengan istilah mati lampu. Power Failure akan menyebabkan kerusakan pada beberapa alat elektronik jika saat terjadi mati lampu masih ada alat-alat elektronik yang masih beroperasi.

Mati lampu dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya adalah beban berlebih, pemadaman bergilir, ataupun hubungan arus pendek.

  • Power Surge

Spike adalah nama lain dari power surge. Arti dari power surge sendiri adalah suatu kondisi voltase listrik yang mengalami kenaikan secara tiba-tiba hingga 100 persen yang terjadi dalam waktu singkat. Hal ini dapat terjadi ketika Anda mematikan peralatan elektronik yang memiliki beban lumayan berat atau karena sambaran petir. 

  • Power SAG

Power SAG merupakan kebalikan dari power surge, yang artinya voltase listrik turun secara tiba-tiba. Misalnya saja, voltase yang sebelumnya 220 volt dapat turun hingga 80 persen. Sama seperti halnya power surge, power SAG juga menyebabkan rusaknya peralatan listrik. Hal ini dapat disebabkan karena kita memakai alat elektronik yang memiliki daya melebihi daya listrik rumah kita.

  • Over Voltage

Kondisi tegangan listrik yang melewati batas normal yang terjadi dalam waktu yang lumayan lama dan hampir terjadi seiap hari, inilah yang disebut dengan over voltage. Jika terjadi over voltage maka komputer akan cepat rusak sehingga data yang ada akan hilang serta alat elektronik yang lain menjadi panas.

  • Under Voltage

Brown out merupakan sebutan lain dari under voltage yaitu tegangan listrik yang berkurang yang terjadi hingga berhari-hari namun hanya beberapa menit saja. Sama seperti halnya gangguan listrik yang lainnya, under voltage juga akan menyebabkan berbagai kerusakan pada barang-barang elektronik.

  • Frequency Variation

Definisi dari frequency variation yaitu kondisi naik turunnya frekuensi listrik secara tidak stabil yang dapat menyebabkan alat elektronik menjadi cepat rusak.

  • Electrical Line Noise

Gangguan gelombang listrik yang disebabkan sambaran petir, frekuensi radio atau instalasi listrik yang tidak baik, inilah yang dimaksud dengan electrical line noise.

  • Switching Transient

Switching transient dapat diartikan sebagai suatu keadaan turunnya voltase dalam beberapa nano detik saja yaitu sangat cepat, lebih cepat dibandingkan dengan power surge.

Jual Pulsa Listrik Online 

Mengingat pentingnya listrik bagi kehidupan manusia, usaha jual pulsa listrik online dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha yang dapat menghasilkan banyak keuntungan. Jika kita dapat mengajukan pengaduan listrik via online, maka jual pulsa listrik pun saat ini bisa dilakukan secara online. 

Salah satu cara berjualan pulsa listrik online dengan mudah dapat Anda lakukan melalui aplikasi GrabKios. GrabKios merupakan platform yang bersifat e-commerce, selain memberikan kemudahan juga akan memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. Selain berjualan pulsa listrik, Anda juga dapat menjual berbagai produk melalui aplikasi GrabKios.

Anda akan merasakan berbagai manfaat, kemudahan serta keuntungan melalui aplikasi GrabKios. Jadi tunggu apalagi, langsung download aplikasinya di Google Play Store atau kunjungi websitenya di kios.grab.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *