28Feb

Punya pelanggan yang sering ngutang? Cari tau cara menangani di sini!

Kamu pemilik warung sembako? Sering diutangin sama pelanggan?

Masalah utama yang sering bikin perputaran cash flow berantakan dan tekor atau bahkan bangkrut adalah para pembeli yang sering ngutang. Yang suka berhutang bisa pelanggan jauh atau dekat, seperti para tetangga dan hutangnya pun jangka panjang. Mereka hutang berbulan-bulan, bahkan ada yang menahun. Tentu hal ini bikin gak enak buat para penjual dan pasti bikin pusing. Akibatnya balik modalnya lama, untung gak dapet. Suremmm….

Nah, di bawah ini ada beberapa solusi biar pelanggan gak ngutang melulu. Simak yuk!

 

1. Kenali pelanggan sepenuhnya

Jalin pertemanan yang akrab dengan semua pelanggan. Jika ada pelanggan baru, tanyakan tempat tinggalnya, cari tahu kesukaannya. Kepo dikit aja biar dia gak curiga-curiga amat. Kalau udah kenal, mudah-mudahan pelanggan bisa jadi sungkan kalau mau ngutang atau setidaknya bisa bikin kamu mempertimbangkan kira-kira bisa dipercaya gak nih pelanggan baru kalau dikasih ngutang.

 

2. Arahkan sesuai kemampuan membayar si pelanggan

Kadang, gak ada salahnya lho untuk mengarahkan pelanggan saat belanja. Misalnya pelanggan bawa uang 50 ribu, kamu bisa mengarahkan ke barang yang mau dibeli saja karena takutnya pelanggan suka ‚Äėlapar mata‚Äô saat lihat barang lain yang dipajang di warung dan alhasil akan bilang ‚ÄúDuh, duitnya kurang. Sisanya besok ya..‚ÄĚ. Sesekali gapapa deh, tapi kalau sering? Bisa runyam deh jualan kamu.

 

3. Ngutang boleh tapi ada batasnya

Membatasi besar hutang dan menagih hutang adalah solusi terbaik. Contohnya hutang jangan melebihi 100 ribu. Setidaknya kamu kasih kelonggaran dan tegas sedikit secara bersamaan untuk pelanggan yang doyan ngutang.

 

4. Jangan gak enakan pas nagih utang

Jangan sungkan kalau mau nagih utang ke pelanggan. Kamu bisa kasih alasan-alasan yang logis biar pelanggan bisa mikir-mikir kalau mau nunda bayar utang. Salah satu yang ampuh adalah alasan ingin belanja barang lagi biar bisa lancar jualan lagi. Eh iya, nagihnya baik-baik ya. Jangan ujug-ujug datang ngamuk kaya debt collector. Kalau kamu sopan, pasti dia sungkan.

 

Kurang lebih 4 tips tadi bisa kamu jalanin untuk menghadapi pelanggan yang suka ngutang. Semoga bisa bermanfaat ya!

Buat kamu yang mau share pengalaman diutangin pelanggan, tulis di kolom komentar yuk!