10Mar

Sampah Plastik Bikin Hidup Bumi Jadi Gak Asik

Bisa dibilang, hampir setiap orang di dunia tidak akan terlepas dari penggunaan bahan plastik dalam kegiatannya sehari-hari.

1 Plastik

Ya, memang penggunaan plastik telah menjadi komponen penting dalam kehidupan modern saat ini dan bahkan perannya telah menggantikan kayu dan logam mengingat kelebihan yang dimilikinya antara lain ringan dan kuat, tahan terhadap korosi, transparan, dan mudah diwarnai, serta sifat insulasinya yang cukup baik.

Sifat-sifat bahan plastik inilah yang membuatnya sulit tergantikan dengan bahan lainnya untuk berbagai aplikasi. Khususnya dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kemasan makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif.

2 Plastik

Peningkatan penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran, konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa plastik sangat sulit terurai dalam tanah, membutuhkan waktu bertahun-tahun dan ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya. Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah bukanlah solusi yang cukup bijak dalam pengelolaan sampah plastik ini.

3 Plastik

Peranan para pemulung dalam mengurangi timbunan sampah plastik patut mendapat apresiasi, meskipun ini tidak bisa menghilangkan seratus persen sampah plastik yang ada. Perlu adanya manajemen sampah plastik mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga hingga skala besar meliputi kawasan kota yang dikelola oleh pemerintah kota atau daerah setempat.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut. Mari mulailah untuk melakukan perubahan kecil sebagai bentuk cinta kita pada bumi yang kita naungi.

4 Plastik

Misalnya, mulai mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja di pasar, di warung, atau di mana saja yang menggunakan kantong plastik. Gunakan tas berbahan kain yang telah banyak dibuat oleh para pengrajin lokal atau bisa juga menggunakan kertas sebagai pengganti kantong plastik. Selain bisa mengurangi kadar penggunaan kantong plastik, kamu juga bisa ikut mendukung hasil karya otentik anak bangsa.

Mari bersama jaga bumi kita tercinta ini yuk, Mitra GrabKios!

 

Sumber Gambar:

letaba346.blogspot.com/2019/01/sampah-plastik-ketika-ekonomi-teladani.html

food.detik.com/info-kuliner/d-3621660/kenya-terapkan-hukuman-4-tahun-penjara-untuk-produsen-kantung-plastik

historia.id/urban/articles/pemulung-sampah-dalam-sejarah-vQNqZ

www.greeneration.org/langkah-mudah-mengurangi-sampah-plastik/

Diskon hingga 50%
Spesial untuk Mitra Baru

DAFTAR SEKARANG!
Diskon hingga 50%, Spesial untuk Mitra Baru DAFTAR SEKARANG!