05Aug

Standar Uang Makan Karyawan Swasta dan Cara Menghitungnya

Sebetulnya pada undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 sama sekali tidak mengatur secara normatif tentang adanya tunjangan makan karyawan. Akan tetapi dengan airnya dasar hukum yang lain yang juga mengatur mengenai uang makan maupun yang dikenal dengan tunjangan makan yang ada di surat edaran menteri tenaga kerja serta transmigrasi negara Indonesia nomor 07/men/1990 mengenai masalah pengelompokan komponen upah serta pendapatan non upah. 

Sebab di dalam surat edaran tersebut menyatakan apabila ada pemberian tunjangan makan, maka bisa diberikan dalam bentuk uang maupun dalam bentuk fasilitas makan.

Dimana hal itu diwajibkan untuk tetap melakukan pertimbangan keperluan karyawan serta kemampuan dari pihak perusahaan. Terkait dengan adanya gangguan makan pada setiap karyawan pun juga memiliki hak untuk mendapatkan penghasilan agar mampu memenuhi penghidupan yang layak. Dengan kata lain pada setiap perusahaan diharuskan untuk memberikan upah yang layak kepada semua karyawannya, maknanya perusahaan juga harus memberikan upah yang mencukupi kebutuhan dari seluruh karyawan.

Komponen upah bagi karyawan perusahaan

Pemberian tunjangan makan yang ditujukan kepada karyawan memang masuk kedalam komponen upah untuk semua karyawan yang bekerja. Dimana yang telah disebutkan oleh SE-MENAKERTRANS 1990 tentang upah pekerja, yakni:

Mengenai upah pokok

Upah pokok ialah imbalan dasar yang dibayarkan kepada seluruh karyawan yang disesuaikan dengan tingkat ataupun jenis pekerjaan sehingga besar upah akan ditetapkan berdasarkan dari kesepakatan.

Tentang perihal tunjangan tetap karyawan

Tunjangan tetap adalah pembayaran yang akan diberikan kepada para karyawan dan juga keluarganya di mana pemberian tunjangan tetap zat tersebut akan diberikan secara teratur. Tunjangan tetap ini akan diberikan kepada karyawan bisa dalam rentang waktu yang sama ketika melakukan pembayaran upah pokok seperti halnya tunjangan untuk istri, tunjangan untuk anak, tunjangan daerah, tunjangan untuk perumahan, tunjangan kematian dan masih banyak lagi.

Mengenai masalah tunjangan makan beserta dengan tunjangan transportasi akan masuk pada golongan komponen tunjangan tetap yang akan berdasarkan kehadiran karyawan. Sehingga dengan tersebut akan diberikan kepada karyawan menurut jangka waktu, angka harian serta jangka bulanan.

Tunjangan tidak tetap untuk pekerja

Tunjangan tidak tetap akan dibayarkan kepada karyawan dan keluarganya, di mana pembayaran tersebut dapat dilaksanakan secara langsung dan juga tidak langsung. Tunjangan tidak tetap ini nantinya akan dibayarkan namun dalam waktu yang tidak sama dengan pembayaran upah pokok seperti tunjangan transportasi yang diberikan dengan dasar kehadiran seluruh karyawan. Sedangkan untuk tunjangan makannya akan masuk dalam komponen tunjangan tak tetap, jika memang berdasarkan dari kehadiran pekerja.

Kesalahan dalam perhitungan tunjangan makan

Terdapat beberapa kasus yang seringkali terjadi seperti kesalahan dalam perhitungan tunjangan makan untuk karyawan. Salah satu contoh ialah pada saat pembayaran tunjangan makan tidak sesuai dengan adanya jumlah kehadiran. Sedangkan pada umumnya kekeliruan pada kalkulasi dikarenakan adanya kesalahan dalam menyaring serta memasukkan data absensi para karyawan. 

Bahkan juga terdapat faktor lain yang bisa mempengaruhi kesalahan perhitungan pada tunjangan makan karyawan contohnya saja data kehadiran karyawan tertukar dengan karyawan lain. Terlebih lagi jika sebuah perusahaan mempunyai jumlah karyawan yang sangat banyak maka kesalahan yang seperti itu kemungkinan akan sering terjadi bahkan bisa juga salah dalam pengetikan ketika memasukkan data secara manual.

Standar tunjangan makan untuk karyawan swasta

  • Uang makan bisa diberikan maksimal dengan jumlah 25% dari total gaji.
  • Apabila karyawan bekerja selama 6 hari dalam satu minggu maka perhitungan untuk pemberian tunjangan makan ialah 25% dari gaji pokok selama 25 hari bekerja.
  • Apabila terdapat karyawan yang bekerja selama 5 hari dalam satu minggu maka perhitungannya ialah 25% dari gaji pokok dari seluruh total 21 hari kerja.

Jadi ketika gaji karyawan swasta memiliki jumlah Rp 3.000.000 pada setiap bulan maka untuk tunjangan makan yang diterima ialah 20% hingga 25% dari seluruh total gaji tersebut. Pemberian tunjangan makan sebetulnya tidak ada di dalam perincian pada saat interview kerja karena tim HRD biasanya hanya akan mengatakan gaji yang diperoleh karyawan pada setiap bulan.

Sedangkan pada UU tentang ketenagakerjaan memang sama sekali tidak mengatur adanya kewajiban pemberian tunjangan makan dari perusahaan untuk karyawan. Dalam UU tentang ketenagakerjaan menjelaskan jika karyawan akan diberikan sebuah upah pokok minimal 75% dari seluruh upah dan tunjangan tetap yang diberikan.

Kesimpulannya ialah apabila perusahaan yang tidak mempunyai kewajiban memberikan tunjangan makan kepada karyawan. bahkan jika memang terdapat adanya tunjangan tetap untuk karyawan maka tunjangan yang dapat di berikan kepada karyawan tidak boleh lebih dari 25% dari total semua upah. Artinya upah dan juga penghasilan yang diterima oleh seluruh karyawan haruskan memenuhi keperluan makanan yang wajar untuk.

Meskipun para karyawan telah mendapatkan tunjangan makan namun rupanya gaji pokok yang diterima oleh karyawan pun tidak dapat menutupi berbagai macam kebutuhan. Sehingga banyak karyawan yang memiliki bisnis sampingan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak bergantung kepada gaji atau upah yang diterima di perusahaan saja.

Dimulai dengan bisnis online, dikarenakan bisnis online adalah usaha yang sangat mudah untuk dijalankan oleh para karyawan. Terlebih lagi dengan zaman yang kian maju maka tak heran jika banyak masyarakat yang beralih untuk membeli barang secara online. Untuk para karyawan bisa menggunakan aplikasi GrabKios yang sudah terkenal dengan kemudahan dalam bisnis online.

Bisnis aman dan terpercaya dengan GrabKios yuk!

Aplikasi GrabKios sangat mudah didapatkan, yakni dengan mengunduhnya di play store secara gratis. Anda bisa melakukan bisnis dengan aman dan terpercaya tanpa takut terjadi sebuah penipuan dengan berjualan online di aplikasi GrabKios. Karena aplikasi GrabKios ini dapat merekam setiap transaksi yang Anda lakukan dengan pembeli jadi tentu saja sangat minim jika terjadi penipuan pada bisnis online Anda ini. 

Dengan menjadi agen v, Anda menjembatani mereka yang tidak memiliki akses belanja online untuk pembeli karena platform GrabKios berisikan beberapa retailer digital di Indonesia. Selain menjual barang, menjadi agen GrabKios juga bisa menjual tiket pesawat, pulsa, sampai pembayaran tagihan listrik melalui aplikasi GrabKios. 

Menjadi agen GrabKios juga tidak memerlukan modal yang banyak karena Anda hanya mengisi modal awal sebanyak 10.000 rupiah dan Anda pun sudah bisa melakukan transaksi. Kemudian bisnis ini sangat mudah karena dapat Anda lakukan dimana saja dan kapan saja karena menggunakan system online. Selain itu, dengan menjadi agen GrabKios juga akan mendapatkan banyak sekali komisi yang menarik.

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai bisnis online aman dan terpercaya di GrabKios. Semoga artikel ini bisa membantu dan bisa bermanfaat untuk Anda, Terima kasih.