Dulu meteran, kini ...
 

Dulu meteran, kini token. Mending mana?  

 

Bang Kumis [Admin Komando]
Lurah Supermin
0

Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan utama. Hampir semua peralatan yang di sekitar kita digerakkan pakai listrik. Misalnya komputer, mesin cuci, TV dan alat-alat lain yang berguna untuk memudahkan segala pekerjaan kita.

1 Komando 4 September

Jenis listrik yang dipasang pun berbeda-beda di setiap tempat. Ada sistem listrik pascabayar dan prabayar. 

 

Listrik Prabayar

2 Komando 4 September

Listrik dengan sistem ini mirip dengan pengisian pulsa nomor handphone. Kalau mau listrik menyala, kamu harus beli voucher token listrik dulu. Intinya, bayar sebelum menggunakan layanannya. Pemakaian listrik nantinya harus disesuaikan dengan nilai token tersebut. Jika kamu membeli token senilai Rp 100 ribu, maka penggunaan listrik hanya sebatas itu. Kalau token habis, maka listrik akan mati. Jadi kamu harus isi ulang token tersebut supaya listriknya nyala lagi. Pembelian token listrik bisa dilakukan di aplikasi GrabKios, minimarket, mesin ATM, dan mobile banking.

Kelebihan dari listrik prabayar ini adalah kamu bisa kontrol sendiri pemakaiannya sesuai anggaran bulanan, tidak ada biaya kalau telat bayar, terjamin kerahasiaannya dan terbebas dari penipuan oknum yang pura-pura ingin cek meteran. Cuma kalau token listrik habis di tengah malam, kamu baru bisa isi setelah jam 02.00. 

Untuk mengatasinya, biasakan selalu cek sisa token listrik supaya kamu nggak repot nantinya. 

 

Listrik Pascabayar

3 Komando 4 September

Sedangkan listrik pascabayar adalah kebalikan dari pra bayar. Kamu bisa pakai listrik dulu sepuasnya, baru membayar tagihan setiap bulannya. Sama seperti sistem prabayar, pembayaran listrik pascabayar pun bisa dilakukan di aplikasi GrabKios, minimarket, mesin ATM, dan mobile banking.

Kelebihan dari listrik pascabayar, kamu nggak perlu repot isi token dan listrik mati tiba-tiba karena token habis. Tapi, siap-siap kalau pemakaiannya berlebihan, tagihan kamu bisa membengkak. Nggak cuma itu, ada denda juga kalau kamu telat bayar atau bahkan listrik kamu bisa diputus. 

Kedua jenis listrik ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semuanya tergantung pemakaian kamu. Tapi mau listrik prabayar atau pascabayar, bayarnya tetap di GrabKios ya!

 

Sumber Gambar:

mamikos.com/info/kode-rahasia-meteran-listrik-prabayar-semua-merk-terbaru/

www.merdeka.com/uang/ini-saran-untuk-pln-agar-tidak-selalu-merugi.html

jalantikus.com/tips/perbedaan-listrik-prabayar-pascabayar/

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar