Jangan terlena muda...
 

Jangan terlena mudahnya mengajukan pinjaman modal!  

 

Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin
0

Memulai usaha tentunya membutuhkan niat dan modal yang cukup. Ketika kamu sudah mengumpulkan niat namun belum ada modal yang mencukupi, mencari pinjaman adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan. Namun, bukan berarti kamu jadi asal mengambil pinjaman tanpa adanya pertimbangan sebelumnya lho. Apalagi sekarang ada banyak pinjaman online yang banyak beredar di masyarakat. Pinjaman online hadir dengan banyak kemudahan, seperti proses pencairan yang cepat dan persyaratan yang lebih mudah. Yuk simak beberapa tips berikut yang bisa kamu ketahui agar tidak gampang tergiur dan bisa selektif mengajukan pinjaman online!

 

  1. Cek status perusahaan pinjaman online

Hal yang perlu kamu ketahui untuk bisa memastikan apakah perusahaan pinjaman online tersebut aman atau tidak adalah dari statusnya. Kamu perlu memastikan perusahaan pinjaman online yang kamu minati terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan asosiasi AFPI (Asosiasi Fintech Pembiayaan Bersama Indonesia). Caranya dengan mengakses situs resmi OJK yaitu ojk.go.id atau dengan menghubungi call center OJK di 157. Apabila status perusahaan pinjaman online yang kamu minati tidak terdaftar, kamu disarankan untuk tidak mengambil pinjaman dari perusahaan illegal tersebut.

 

  1. Pastikan jumlah pinjaman sesuai dengan kemampuan

Yang namanya pinjaman tentunya harus tetap dibayar. Nah, walaupun pinjaman online dapat diajukan secara mudah dan cair secara cepat, usahakan untuk meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuanmu membayar. Hal ini dilakukan agar di kemudian hari tidak mengganggu kebutuhan finansialmu dan keluarga ya.

 

  1. Pahami konsekuensi pinjaman dengan baik

Ketika kamu hendak mengajukan pinjaman online, pastikan kamu membaca dengan baik segala konsekuensi yang akan kamu terima, yaitu bunga yang ditetapkan dan denda keterlambatan pembayaran pinjaman. Agar terhindar dari denda keterlambatan, kamu pun harus membayar pinjaman tepat waktu. 

 

  1. Hindari melakukan pinjaman terus-menerus

Pinjaman dan cicilan lancar? Jangan terlena dulu ya. Pastikan pinjaman ini selesai sebelum kamu mengajukan pinjaman selanjutnya supaya keadaan finansialmu tetap stabil. Hindari pula untuk meminjam dana dari pihak lain untuk melunasi pinjaman karena hal tersebut sama saja dengan menambah masalah finansial yang baru.

 

Nah, demikian hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk meminjam dana di pinjaman online. Semoga membantumu dalam mencari pinjaman modal usaha ya!

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar