Kiat khusus menghin...
 

Kiat khusus menghindari modus penipuan. Waspadalah!  

 

Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin
0

 

Di era teknologi saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat rezeki yang halal. Tapi tetap aja ya ada pihak-pihak yang masih mencari celah untuk mencari rezeki tidak halal dengan melakukan penipuan yang memanfaatkan teknologi. Modus penipuan kini memang makin marak dilakukan melalui telepon atau smartphone

 

Nah, supaya enggak mudah kena tipu, pastikan selalu jaga kerahasiaan info login akun GrabKios dan OVO kamu ya! GrabKios tidak pernah meminta informasi yang sifatnya rahasia seperti kata sandi (password), PIN, dan kode OTP melalui aplikasi chat (Whatsapp, Line, dll), telepon, email, SMS, atau media sosial. 

 

Lalu, bagaimana jika ada pihak yang mengatasnamakan GrabKios dan meminta informasi rahasia tersebut? Gampang kok. Ikuti kiat-kiat di bawah ini, dan dijamin kamu bisa lebih berhati-hati. 

 

 

  • Pura-pura merekam pembicaraan

 

Suatu hari, kamu sedang menjaga warung, kemudian HP-mu berdering dan kamu dikabarkan mendapatkan hadiah. Wah, kalau begitu, jangan senang dulu. Kamu harus bersikap cerdas dengan menyatakan pembicaraan ini direkam supaya ada bukti kalau kamu memang benar-benar memenangkan hadiah tersebut. 

 

 

  • Ubah PIN/Password secara berkala

 

Sudah nyaman dengan PIN/Password itu wajar. Namun, ternyata mengubah kata sandi secara berkala itu dianjurkan supaya kamu terhindar dari usaha penipuan. Jangan lupa untuk selalu mencatat PIN/Password kamu dan menyimpannya di tempat lain yang rahasia ya. Jadi, ketika lupa, kamu bisa nyontek deh. Hehehe!

 

 

  • Putuskan sambungan telepon

 

Kalau ada nomer yang nggak dikenal menelepon, kamu jangan parno duluan. Angkat teleponnya dulu dan dengarkan pembicaraan awal tersebut. Jangan mudah percaya walaupun penipu tersebut menyebutkan data-data milikmu secara benar. Jika menurutmu pembicaraan tersebut kemudian mencurigakan, cenderung memaksa dan kamu bingung meresponnya seperti apa, memutus sambungan telepon adalah opsi paling tepat yang bisa dilakukan. 

 

Beberapa kiat lainnya yang bisa dilakukan guna menghindari penipuan adalah dengan tidak memberikan data pribadi kamu kepada pihak dengan nomer yang tidak resmi. Jika panggilan mencurigakan terjadi secara berulang dalam satu hari, hindari untuk mengangkat panggilan dari nomer yang serupa. Selanjutnya, telepon resmi tidak akan dilakukan dari aplikasi messenger, misalnya Whatsapp. Terakhir, kamu dapat memperhatikan apakah ada yang janggal dengan bagaimana cara si penelepon menjelaskan informasi tersebut melalui telepon. Intinya, selalu waspada dan berhati-hati ya, Mitra GrabKios!

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar