BINGUNG MAU JUALAN ...
 

BINGUNG MAU JUALAN APA? COBA BUDIDAYA INI DEH!  

 

Bang Kumis [Admin Komando]
Lurah Supermin
0

Yang namanya mau mulai usaha, setiap orang akan mulai cari tahu dan berpikir keras, kira-kira usaha apa yang cocok untuk dijalani. Nah, melalui artikel ini, Bang Kumis mau kasih beberapa pilihan budidaya yang siapa tahu bisa kamu jadiin inspirasi pilihan usaha. Baca sampai habis yak!

 

1. Budidaya Lele

1 Komando 3 September

Ikan lele kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lele menjadi makanan lauk-pauk yang bisa dinikmati di berbagai industri kuliner, dari warung-warung kecil hingga restoran mewah, semuanya menyediakan menu makanan ikan lele. Peternak lele yang menjalankan usaha dengan metode efektif tentu sangat diuntungkan dengan usaha lele. Murahnya modal untuk beternak lele daripada beternak unggas membuat budidaya lele juga menjadi usaha populer di kalangan masyarakat Indonesia di seluruh pelosok.

Caranya:

Pertama, buat kolam lele dengan suhu air 20-28 derajat celcius dan pastikan tidak terkontaminasi limbah atau polusi. Kedua, pilih indukan yang berkualitas. Ketiga, kawinkan lele-lele yang berkualitas baik. Keempat, pisahkan benih lele dan kembangkan dengan baik. Kelima, jaga kebersihan kolam dan berikan pakan terbaik.

 

2. Budidaya Alpukat Mentega

2 Komando 3 September

Nikmatnya buah alpukat siapa yang tak tertarik? Apalagi alpukat jenis alpukat mentega. Buah alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak nabati yang tinggi. Daging buah alpukat legit dan membuat perut terasa kenyang. Daging alpukat ini sangat nikmat dibuat minuman segar di mana rasanya akan menggoda. Buah alpukat ini juga kaya akan manfaat yang bagus bagi kesehatan. Selain buah rupanya bagian tanaman alpukat juga kaya akan manfaat. Mulai dari biji alpukat yang dapat digunakan dalam industri pakaian untuk pewarna yang tidak mudah luntur. Bagian kulit pohon dapat digunakan pewarna warna cokelat untuk produk dari bahan kulit. Sedangkan batang pohonnya bisa untuk  bahan bakar. Dan juga buah dan daun juga mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan tidak heran banyak yang membudidayakan alpukat.

Caranya:

Dalam bisnis budidaya alpukat membutuhkan beberapa peralatan penting di antaranya pengadaan bibit alpukat, cangkul, gerobak dorong, sewa lahan, pompa air, hand sprayer, timba, selang air dan gunting, golok dan sabit, keranjang panen alpukat, timbangan, dan lainnya. Kamu bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya alpukat bagus ke swalayan atau supermarket.

 

3. Budidaya Bunga Mawar

3 Komando 3 September

Sebagai tanaman hias bunga mawar sering diletakkan di depan rumah agar tampilan rumah terkesan lebih menarik dan segar. Di Indonesia tanaman bunga mawar sangat populer dikalangan masyarakat secara luas. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mengetahui tentang bunga mawar. Bunga mawar saat ini ada banyak varietasnya sehingga bunga yang tumbuh tidak hanya berwarna merah dan putih saja. Ada banyak jenis bunga mawar dengan warna pink, kuning, oranye, dan lain-lain. Kebutuhan bunga mawar saat ini tidak hanya digunakan untuk tanaman hias saja namun juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan. Banyaknya kebutuhan bunga mawar yang semakin meningkat menjadikan peluang usaha budidaya bunga mawar sangat menguntungkan untuk dijalani sebagai sebuah usaha. Budidaya bunga mawar bisa dikatakan mudah hanya saja dalam proses perawatan dan pemeliharaannya harus dilakukan dengan baik agar terhindar dari hama yang menyerang. Setiap jenis bunga mawar biasanya memiliki teknik perawatan yang tidak sama untuk itu kamu harus mengetahui setiap jenis tanaman bunga mawar yang akan dibudidayakan.

Caranya:

- Pertama, persiapkan bibit. Bibit yang digunakan sebaiknya bibit dengan kualitas yang baik. Dengan menggunakan bibit yang baik maka proses pertumbuhan bunga mawar akan lebih cepat.

- Kedua, persiapkan lahan. Penanaman bunga mawar dapat dilakukan dengan menggunakan polibag ataupun ditanam secara langsung di kebun. Sebelum kamu melakukan proses penanaman bibit bunga mawar, maka kamu harus membersihkan lahan atau pekarangan yang akan digunakan sebagai lahan tanam. Lahan tanam harus subur dan gembur sehingga kamu bisa menambahkan pupuk kandang. Apabila persiapan lahan sudah dilakukan, maka kamu hanya tinggal melakukan proses penanaman.

- Ketiga, perawatan. Perhatikan proses perawatan atau pemeliharaan. Penambahan pupuk sangat diperlukan agar tanaman bunga mawar dapat tumbuh dengan subur. Selain itu, kamu, juga harus melakukan penyiraman setiap pagi dan sore. Agar terhindar dari hama penyakit lakukan penyemprotan secara rutin.

 

Kurang lebih, itu 3 hal yang bisa kamu budidayakan dengan mudah dan efisien. Dari ketiganya, mana yang kamu favoritkan? Tulis di kolom komentar yuk!

 

Sumber Gambar:

jogja.tribunnews.com/2018/07/04/cara-mudah-menanam-bunga-mawar-di-rumah

rumahtanaman.com/buah-alpukat-mentega/

jateng.tribunnews.com/2019/05/19/menurut-peternak-lele-di-kudus-budidaya-lele-melalui-bioflok-hasilnya-lebih-higienis

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar