5 tips jaga kesehat...
 

5 tips jaga kesehatan di musim hujan  

 

Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin
1

Awal tahun 2020 diwarnai dengan hujan deras di beberapa tempat yang turun dari malam hingga keesokan harinya. Hal ini yang menyebabkan sungai meluap, tanggul jebol, ratusan rumah terendam dan banjir dimana-mana.

 

Memang, negara kita sudah terbiasa mengalami musim hujan di awal tahun. Namun sayangnya banyak dari kita tidak menyadari bahwa seiring dengan datangnya musim hujan, berbagai macam penyakit juga ikut bermunculan dan menyerang semua kalangan terutama anak-anak. Mereka sangat rentan sekali terjangkit penyakit musiman seperti demam, flu, diare, bahkan sampai DBD dengan resiko kematian. Untuk itu kita harus selalu waspada dan menjaga anggota keluarga agar tidak mudah terserang penyakit.

 

Nah, sekarang gimana caranya agar tetap sehat di musim hujan? Gak sulit kok, pastikan kamu lakukan beberapa hal ini ya!

 

Jaga kebersihan lingkungan
Bersihkan saluran air dari sampah yang bisa menyebabkan sumbatan dan genangan yang menjadi sarang kuman. Singkirkan wadah atau sesuatu yang dapat menampung air hujan. Hal ini sangat penting agar jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak.

 

Makan makanan sehat dan vitamin
Serangan virus dan kuman saat musim hujan biasanya lebih besar karena faktor suhu serta keadaan lingkungan yang mendukung. Untuk itu, satu-satunya cara agar tubuh kita dapat mempertahankan diri adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat, dan bergizi. Jika perlu, tambahkan vitamin untuk memperkuat imunitas tubuh.

 

Istirahat yang cukup
Tubuh kita dirancang Tuhan untuk dapat melawan serangan virus atau bakteri jahat dengan memproduksi zat imun dan regenerasi sel. Namun, zat tersebut hanya dapat dihasilkan saat kita sedang tidur atau beristirahat. Makanya, pastikan tidur kita cukup, minimal 6-8 jam sehari.

 

Rajin berolah raga
Banyak sekali orang yang meremehkan, tapi sebenarnya olahraga itu sangat penting. Terutama di musim hujan, dengan berolahraga daya tahan tubuh akan meningkat dan juga membuat suhu tubuh kita lebih stabil. Luangkan waktu minimal 15 menit setiap hari untuk berolahraga, maka tubuh akan lebih terjaga dari penyakit.

 

Gak sulit kan? Coba deh lakukan 5 hal di atas secara rutin, dijamin tubuh kamu akan selalu fit dan segar. Inget loh, sehat itu mahal! Lebih baik mencegah daripada mengobati. Selamat mencoba ya!

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar