Belanja minim plast...
 

Belanja minim plastik, emang bisa?  

 

Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin
0

Yang namanya transaksi di warung biasanya menggunakan plastik sebagai alat bantu untuk membungkus barang. Tapi, tahu nggak sih kalau plastik itu bisa membahayakan kehidupan manusia, terutama pengaruhnya terhadap efek pemanasan global? Pemanasan global adalah fenomena alam yang kian membuat musim panas semakin panjang dan musim hujan semakin pendek dan ekstrim. 

 

Loh, tapi kan barang-barang yang kita beli juga berbahan dasar plastik? Memang benar, Mitra GrabKios. Plastik memang sulit kita hindari dalam kehidupan kita. Namun, nggak ada salahnya lho untuk mengurangi plastik dalam kehidupan sehari-hari. Yuk intip caranya belanja minim plastik!

 

1. Tawarkan pilihan

Sebagai Mitra GrabKios, kamu bisa menawarkan pilihan kalau ada pelanggan yang berbelanja di warung kamu. Kalau barang yang ia beli tergolong berukuran kecil, kamu bisa memulai menawarkan pilihan, dengan bertanya “Mau dibawa tanpa plastik?”. 

2. Bawa tas kain kemanapun

Hal yang berbeda terjadi kalau Mitra GrabKios yang pergi berbelanja. Dibandingkan menggunakan plastik, kamu bisa membawa alternatif tas kain untuk digunakan menjadi pengganti plastik pembungkus belanjaanmu. Tas kain bisa digunakan berulang kali sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.

3. Gunakan plastik bekas

Bagaimana kalau ternyata di rumahmu ada banyak plastik? Nggak usah bingung, gunakan plastik bekas untuk berbelanja kembali. Kalau kotor, kamu bisa mencucinya terlbih dahulu sebelum digunakan ulang, ya.

4. Gunakan wadah makanan dan minuman

Suka koleksi wadah makanan dan tempat minum di rumah? Kenapa enggak dimanfaatkan aja menjadi solusi penggunaan plastik. Solusi yang ini sangat cocok ketika Mitra GrabKios ingin membeli makanan, lho. Pastikan kamu selalu ingat untuk membawa wadah makanan dan tempat minum kemanapun kamu ingin berbelanja minuman dan makanan ya. Eits, jangan ketinggalan juga untuk bawa sendok dan garpunya!

5. Gunakan kardus bekas

Sebagai Mitra GrabKios yang suka berbelanja grosir (tentunya melalui aplikasi GrabKios, bukan?), kamu bisa menggunakan kardus bekas apabila kamu hendak mengirim barang, lho. Jadi meminimalisir sampah, kan?

6. Jualan tas kain

Kalau memang banyak di antara pelangganmu belum mengetahui bahaya plastik bagi lingkungan, jualan tas kain sebagai alternatif pengganti plastik juga bisa kamu lakukan, lho! 

 

Memang hidup tanpa plastik rasanya kurang praktis, namun kalau bukan kita yang berusaha menyelamatkan lingkungan, mau siapa lagi? Yuk mulai bergerak dari sekarang! Satu langkah kecilmu bisa berdampak baik untuk lingkungan lho, apalagi kalau bisa sampai mengajak orang-orang di sekitarmu! 

 

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar