4 Tips supaya memor...
 

4 Tips supaya memori ponsel enggak cepat penuh  

 
Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin

Zaman sekarang ini rasanya sulit sekali hidup tanpa ponsel. Dikit-dikit ngecek Whatsapp, buka Facebook, atau nonton Youtube. Buat para Mitra GrabKios, ponsel wajib ada di warung, karena semua transaksinya dilakukan dari benda tersebut.

Sayangnya, Mitra GrabKios bisa aja malu di depan pelanggan atau kesal karena ponselnya lemot. Nah, bisa jadi penyebab lemot-nya ponsel kamu adalah karena memorinya penuh. Kalau belum ada rencana buat ganti HP, mending coba ikutin saran di bawah ini deh!

 

1. Coba uninstall beberapa aplikasi bawaan di handphone kamu

Biasanya, smartphone seperti Android dilengkapi dengan banyak aplikasi bawaan. Nah, mungkin aja kamu tidak memerlukan beberapa aplikasi tersebut. Coba deh cek di Google PlayStore dan lakukan uninstall supaya bisa mengembalikan memori smartphone kamu. Jadi, yang tersedia hanya aplikasi yang memang kamu butuhkan saja deh.

 

2. Pilih memori eksternal

Hayo, siapa di sini yang hobi narsis? Video dan foto adalah dua hal yang paling banyak memakan memori di smartphone kamu. Tapi, kalau sudah hobinya narsis, gimana dong? Tenang aja, kamu bisa pilih "memori eksternal" untuk menyimpan foto dan video yang ada di smartphone kamu. Hal ini bisa membantu mengosongkan memori internal smartphone, loh. Selain itu, rajin-rajin cek video dan foto ya, supaya yang serupa dan bersifat kurang penting bisa langsung dihapus.

 

3. Hapus file cache

Pada smartphone, ada istilah "cache" pada sistem. Nah, fitur ini bisa dibersihkan, baik dari browser maupun aplikasi. Untuk membersihkan, kamu bisa cari aplikasi khusus untuk membersihkan cache atau pembersih memori. 

 

4. Bijak menggunakan Whatsapp

Hidup tanpa aplikasi chatting yang satu ini rasanya susah. Nggak cuma untuk kontak secara pribadi, pastinya di Whatsapp ada banyak grup-grup yang jadi ajang komunikasi kan? Namun, semua pesan mau nggak mau pastinya akan tertimbun di dalam smartphone kamu. Apalagi, nggak cuma pesan, teman chatting kamu bisa aja mengirimkan stiker, dokumen, GIF, video, foto yang akhirnya bikin memori cepat penuh. 

Pada smartphone, kamu bisa cek di “setting” aplikasi Whatsapp dan pilih “storage usage” pada opsi “data and storage usage”, setelah itu akan muncul daftar yang isinya besar memori dari masing-masing jendela chatting kamu bersama orang atau grup yang ada. Nah, kalau sudah terlihat, kamu bisa cek deh siapa saja yang paling memakan memori smartphone kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa stop download otomatis untuk foto dan video yang dikirim dari teman atau melalui grup whatsapp loh. Caranya gampang, pilih "setting", lalu kemudian pilih "data and storage usage". Setelah itu kamu akan menemukan media auto-download, dan pilih "no media" untuk tiga pilihan, yaitu "when using mobile data", when connected on wifi", dan "when roaming". Jadi, semua foto dan video yang dikirimkan tidak memenuhi smartphone-mu deh.

 

Selamat mencoba, Mitra GrabKios. Semoga tips-tips tersebut berhasil bikin smartphone kamu nggak lemot lagi ya!

Quote
Posted : November 18, 2019 16:21

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar