Tanda-tanda HP jadi...
 

Tanda-tanda HP jadi cepat rusak  

 
Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin

Ternyata, HP juga harus dirawat layaknya makhluk hidup agar bisa tetap awet digunakan. Sebagai salah satu alat yang sangat penting di kehidupan banyak orang, tak banyak dari kita belum begitu paham mengenai cara menggunakan HP agar tidak cepat rusak.

Jadi, kira-kira apa saja sih tanda yang bisa bikin HP jadi cepat rusak? Baca artikel ini sampai habis ya!

 

1. Menyimpan Banyak Foto

Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna HP. Apalagi di zaman sekarang siapa saja sangat suka mengambil foto dan memenuhi data penyimpanan, sehingga membuat sistem pasti memerlukan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video. Akibatnya hal ini bisa memaksa RAM (Random-Access Memory) di HP bekerja ekstra. Alhasil, jika ini dibiarkan HP kamu otomatis akan rusak, cepat atau lambat.

 

2. Mengabaikan Kapasitas RAM

Berkaitan dengan RAM, Random-Access Memory atau memori akses acak ini merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama dalam komputer. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

Para pengguna seringkali tidak sadar kalau RAM di HP-nya sudah melebihi kapasitas pemakaian. Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau game yang dimainkan terlalu berat untuk spesifikasi HP kamu.

Karenanya, biasakan untuk menyisakan ruang RAM smartphone untuk kinerja yang optimal.

 

3. Mengecas Saat Tidur Malam

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna HP adalah mengecas perangkat saat tidur. Kebiasaan ini, nyatanya dianggap membahayakan HP kamu. Ketika kamu sudah sering melakukan kebiasaan buruk ini, bisa dibilang usia baterai HP kamu bakal menurun karena durasi pengisian baterai HP tidak normal. Normalnya baterai HP akan penuh dalam dua jam saja. Jika, HP ditinggal tidur dalam keadaan dicas, baterai terisi berlebihan. Karena itu, cobalah jangan mengecas perangkat sambil tidur. Usahakan HP diisi dayanya saat dimatikan sampai penuh.

 

4. Menggunakan Baterai HP KW/Palsu

Ibarat jantung, baterai adalah hal utama dari HP. Gunakan baterai HP yang orisinil karena memang baterai tersebut telah dirancang dengan sistem yang berada di HP kamu. Jika menggunakan baterai KW, usia baterai kamu tidak akan bertahan lama dan bisa merusak HP kamu.

 

5. Mengantongi HP di Saku Belakang Celana

Saat duduk, otomatis HP akan tertindih oleh berat badan kamu dan akan membuatnya cepat rusak. Layar HP bisa retak atau pecah dan bisa merusak seluruh perangkat keras (hardware) di dalam HP itu sendiri. Lagipula, menyimpan HP di saku celana belakang memberi peluang untuk pencuri.

 

Jadi, perhatikan 5 tanda tersebut jika kamu mau HP kamu tetap awet dan tidak cepat rusak ya!

Quote
Posted : November 26, 2019 16:41

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar