Tipe penjual yang m...
 

Tipe penjual yang manakah kamu?  

 
Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin

Menjadi penjual bukanlah profesi yang gampang. Kadang karakter pribadi juga bisa menunjukkan kamu itu termasuk tipe penjual yang kayak gimana. Jangan cap-cip-cup belalang kuncup, mending baca langsung mana tipe yang cocok sama kamu!

 

Pemburu

Penjual tipe pemburu ini haus akan omset, tidak ada ampun dan tidak boleh ada yang lepas dari buruannya. Brutal dalam mencari konsumen dan siapa aja bisa diserbu. Prinsip tipe itu berburu konsumen sebanyak barang apa aja ditawarkan. Sebanyak mungkin produk sebanyak pula itu usaha jualannya. Jualan terus tanpa ampun dan yang penting omzet melesat.

Tapi jangan salah sangka, tipe jenis ini tidak selalu bagus loh. Biasanya, tipe pemburu ini tidak pernah memelihara hubungan baik dengan pelanggannya. Ibarat anjing, penjual tipe ini seperti pitbull yang terus terusan memburu tapi tidak ada after sales service. Hanya senang mencari pelanggan baru dan terus seperti itu.

 

Pesolek

Penjual tipe ini biasanya berhasil menjual dagangannya dengan rayuan maut yang cerewet bagaikan machine gun. Melakukan follow up dengan kata-katanya dan kecerewetannya. Akhirnya pelanggan beli bukan karena nilai produknya tapi karena cara jualan dan kata-katanya yang indah. Biasanya penjual ini adalah pesolek yang cantik, ganteng dan mengeksploitasi dirinya agar pelanggan jadi melakukan transaksi. Kekurangannya sama dengan pitbull yang tidak pernah pernah memelihara hubungan dengan pelanggan setelah proses jualan selesai.

 

Memelas

Tipe penjual seperti ini menjual dengan cara memelas. Menunjukkan wajah kuyu, mata redup seperti orang yang tidak makan 1 minggu. Rayuannya dengan cara memelas, minta tolong agar jualan dibeli dengan alasan macam-macam seperti minta tolong untuk menutupi target, minta tolong untuk ongkos pulang, minta tolong untuk bayar sekolah anak dan masih banyak alasan lainnya. Penjual satu ini yang ada hanya “menyusahkan” pelanggan. Jualan hanya sekedar jualan, bukan menjual nilai dari produknya. Penjual tipe memelas hanya tinggal tunggu waktu, karena sudah pasti pelanggan pun enggak akan mau balik lagi.

 

Loyal

Nah kalau ini termasuk tipe yang loyal dengan pelanggan. Penjual dengan tipe ini biasanya suka memberi banyak bonus dan siap bantu apa aja yg penting konsumen bahagia. Jadinya,  tipe penjual loyal ini banyak digemari para pembeli. Tanpa perlu usaha lebih, konsumen puas dengan produk dan pelayanannya. Alhasil, konsumen selalu kembali dan melakukan transaksi berkali-kali. Bahkan banyak yang menjadi pelanggan setia.

 

Nah! Jadi kamu termasuk tipe penjual yang mana nih? Penjual juga manusia, dan pastinya semua punya karakter masing-masing. Kamu enggak perlu jadi orang lain supaya disukai pelanggan. Kalau merasa masih kurang baik, terus motivasi diri kamu dan tetap semangat jualan ya!

Quote
Posted : November 27, 2019 17:22
Agus supriyadi
Agus supriyadi
(@agus-supriyadi)
Pendatang Baru
  •  

Agus

ReplyQuote
Posted : Desember 22, 2019 11:34

Leave a reply


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar