Kesalahan yang bisa...
 

Kesalahan yang bisa menghambat jualan kamu  

 

Admin Komando [Amir]
Lurah Supermin
1

Yang namanya jualan, pasti maunya sukses dan lancar terus. Namun, para Mitra GrabKios tentunya nggak selalu mulus-mulus aja dalam menjalankan usahanya, bukan? Selalu aja ada tantangan dan masalah yang dihadapi saat berjualan.

Masalah yang dihadapi pun sebenarnya nggak jarang datang bukan dari luar, lho. Sadar nggak sih bahwa sebenarnya hal yang menghambat usaha adalah diri kamu sendiri? Biar nggak salah langkah, yuk cek artikel di bawah ini!

 

Ketinggalan zaman

Saat ini, teknologi nggak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Salah satu contoh yang paling mudah ditemui adalah kehadiran smartphone yang bisa apa aja. Mulai dari chatting, update media sosial, hingga membantu berjualan dengan aplikasi GrabKios. 

Eits, kalau teleponnya udah pintar, penggunanya jangan nggak kalah pintar juga ya. Mitra GrabKios harus terus belajar, berinovasi, dan bisa memanfaatkan teknologi terbaru. Misalnya, dengan memanfaatkan whatsapp dan media sosial buat promosi usaha. Sering-sering juga update aplikasi di HP, terutama aplikasi GrabKios dengan versi terbaru, biar nggak ketinggalan fitur-fitur terkini. Kalau masih merasa gaptek, coba deh rajin bertanya dan belajar dengan orang sekitarmu. Malu bertanya, sesat di jalan. Kebanyakan nanya, malu-maluin. Hehehe 😀

 

Mengesampingkan catatan keuangan

Usaha boleh milik kita sendiri, tapi yang namanya keuntungan tetap harus dicatat, ya! Mitra GrabKios harus bisa memisahkan uang pribadi dan hasil penjualan yang didapatkan. Walaupun usaha yang dijalankan kecil-kecilan, pengelolaan keuangan harus tetap dilakukan supaya untung ruginya bisa ketahuan. Nanti mau untung malah buntung lho!

 

Sekedar ikut-ikutan tren

Namanya usaha, kita perlu mencoba segala jenis resiko. Namun, kamu tetap perlu tahu apa yang dibutuhkan lingkungan sekitarmu. Jangan sampai kamu nggak fokus dan gonta-ganti jenis usaha karena mengikuti tren yang sedang berlangsung. Ikutin tren sih keren, tapi kamu tetap harus punya ciri khas tersendiri ya!

 

Mengabaikan pelanggan

Walaupun usahamu lagi kurang lancar atau suasana hati lagi kurang bagus, kamu tetap harus ramah sama pelanggan, ya. Selain itu, jangan gampang baper apabila dapat saran atau kritik dari pelanggan. Cukup ucapkan kata “maaf” dan “terima kasih” ke mereka. Dengan begitu, pelanggan pun nggak akan kabur. 

 

Nah, perlu kan melakukan introspeksi diri supaya usahamu semakin lancar? Jangan sampai ternyata diri sendirilah yang menghambat usaha berjualan yang kamu jalani. Walaupun ke depannya mungkin akan ada masalah atau tantangan lainnya, kamu perlu tetap semangat dan berpikiran positif, ya.

 

 
ariprasetyo
ariprasetyo
(@ariprasetyo)
Pendatang Baru
0

Benar sekali point pertama saya sangat setuju, di era teknologi yang semakin canggih. Maka kita kalau ingin bisnis jualan harus berpikir out of the box, jangan sampai mengikuti alur yang bisnis jaman belum modern.

 

Your Answer


Maximum allowed file size is 2MB

Bagikan:
  
Working

Please Masuk or Daftar